Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Desainer UX dan Apa yang Mereka Lakukan?

apa itu desainer UX

Desain pengalaman pengguna (UX) adalah proses menciptakan produk yang memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna. Ini melibatkan desain seluruh perjalanan pengguna, mulai dari penemuan hingga pembelian dan seterusnya. 

Desainer UX bekerja dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk manajer produk, pengembang, dan pemasar, untuk memastikan bahwa produk yang mereka buat tidak hanya berguna, tetapi juga mudah digunakan dan menyenangkan.

Sementara peran yang tepat dari seorang desainer UX dapat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lain, ada beberapa tugas umum yang menjadi tanggung jawab semua desainer UX. Ini termasuk melakukan penelitian pengguna, membuat persona dan perjalanan pengguna, merancang gambar rangka dan prototipe, dan melakukan pengujian pengguna.

Sementara pendekatan desain tradisional mungkin berfokus pada tampilan dan nuansa produk , desain UX lebih luas. Desain UX tidak hanya berfokus pada penciptaan produk, tapi juga interaksi dan kesempatan yang diberikan pengguna setelah mereka membuka website atau aplikasi. 

Selain itu, desainer UX juga melakukan analisis tujuan, analisis permulaan, dan analisis keamanan serta kenyamanan yugtu (user-guided usability testing).
 
Mereka juga mengidentifikasi kebutuhan rancangan produk secara langsung dari para pemangku kepentingan. Dengan menggabungkan pengetahuan mendasar desain grafis, ilmiah, sistem, dan program java, desainer UX memiliki keterampilan beragam  untuk membantu perusahaan menciptakan produk yang lebih baik.

Table of Contents:


Peran dan Tugas Desainer UX

Selain menjalankan tugas umum yang sederhana dan segera berlaku, desainer UX memiliki beberapa tugas khusus yang lebih landai yang bisa Anda temukan di banyak perusahaan. Perusahaan berubah cepat, jadi desainer UX harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan ini. 

Dengan melakukan penelitian pasar, waktu pengguna, pembelahan produk, dan pengujian pengguna, mereka dapat membantu memberi tahu apa yang benar-benar  berharga bagi perusahaan dan konsumen.

Selain tugas umum yang sederhana, desainer UX juga memiliki beberapa peran spesifik. 

Berikut adalah daftar peran desainer UX yang sesuai dengan Standar Perancangan Produk (UX Design Process) yang disetujui oleh IxDA (Industry of Experience Design).

Perancangan UX pada tahap ini memulai penelitian penggunaan dan ikutan. Pemegang saham, pemilik, dan keanggotaan merupakan audience spesifik yang membuat perusahaan beridentitas tersendiri. Tujuan adalah mengembangkan ide tentang apa yang dapat mengubah perilaku  pemakai aplikasi.

Dengan menggunakan data penelitian, desainer UX akan mengembangkan visi dan misi yang dicetak dan dituliskan. Mereka juga akan menampilkan pemikiran ini secara luar kepada stakeholder luar, baik manufaktur, pemilik perusahaan, dan partisipasi publik.

Dengan menggunakan data penelitian dan tanya-jawab, desainer UX memahami tujuan atau keinginan user. Dengan memahami ini, desainer mendapatkan gambaran tentang apa yang harus dibuat dan bagaimana cara membuatnya.

Deskripsi Pekerjaan Desainer UX

Desainer UX adalah desainer pengalaman pengguna. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pengalaman pengguna suatu produk adalah positif. Ini mencakup semuanya, mulai dari desain awal hingga produk akhir. Mereka bekerja dengan tim desainer dan pengembang untuk menciptakan produk yang mudah digunakan dan menyenangkan bagi pengguna.

Apa yang Dilakukan Desainer UX?

Desainer UX bertanggung jawab untuk membuat dan meningkatkan pengalaman pengguna untuk situs web dan aplikasi. Mereka bekerja dengan tim pengembangan untuk memastikan bahwa produk mudah digunakan dan memenuhi kebutuhan audiens target. 

Mereka melakukan riset pengguna, membuat prototipe dan menguji produk untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah. Desainer UX harus memiliki pemahaman yang kuat tentang psikologi dan bagaimana orang berinteraksi dengan teknologi. Mereka harus mampu berpikir kreatif dan memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sangat baik.

Apa yang Dibutuhkan Desainer UX?

Desainer UX harus memiliki pemahaman yang kuat tentang perilaku manusia dan bagaimana orang berinteraksi dengan teknologi. Mereka juga harus menjadi pemecah masalah yang sangat baik dan memiliki mata yang tajam untuk detail.

Sebagian besar desainer UX memiliki gelar sarjana di bidang seperti desain grafis, interaksi manusia-komputer, atau psikologi. Banyak juga yang memiliki pengalaman bekerja di industri pengembangan web atau perangkat lunak. Desainer UX harus mahir dalam menggunakan berbagai alat desain dan prototipe, seperti Adobe Photoshop, Sketch, dan Invision.

Tugas seorang desainer UX adalah terus-menerus memikirkan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan desain yang diberikan. Mereka perlu mempertimbangkan hal-hal seperti visualisasi,citra,layout,kemudahan penggunaan,struktur teks,serta kontrol (interaksi) secara langsung. Desainer UX harus membuat desain yang menarik dan mengajak berinteraksi serta menyampaikan makna yang diinginkan.

ada beberapa kemampuan utama yang diperlukan seorang desainer UX diantaranya adalah 

  • Memahami perilaku manusia dan bagaimana orang berinteraksi dengan teknologi
  • Memiliki kemampuan bermotivasi tinggi dan 
  • Memotivasikan para team memenuhi harapan para klien dan merayakan sukses bersama dan masih banyak lagi.

Bagaimana Menjadi Desainer UX

Desainer UX adalah seseorang yang membuat dan mendesain pengalaman pengguna untuk produk digital seperti situs web dan aplikasi. Mereka bertujuan untuk menciptakan produk yang berguna dan mudah digunakan.

Untuk menjadi desainer UX, Anda harus memiliki keterampilan yang kuat dalam desain dan riset pengguna. Anda juga harus dapat bekerja dengan baik dalam tim dan dapat mengomunikasikan ide-ide Anda dengan jelas.

Apa Langkah-Langkah Menjadi Desainer UX?

Tidak ada satu jawaban yang cocok untuk semua pertanyaan tentang apa yang dilakukan desainer UX, karena perannya dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan spesifik organisasi tertentu. 

Namun, secara umum, desainer UX bertanggung jawab untuk menciptakan dan meningkatkan pengalaman pengguna untuk situs web, aplikasi, dan produk digital lainnya. Ini dapat melibatkan semuanya, mulai dari melakukan riset pengguna dan membuat persona pengguna hingga merancang alur dan gambar rangka pengguna.

Menjadi seorang desainer UX biasanya membutuhkan kombinasi pendidikan formal dan pengalaman kerja yang relevan. Banyak desainer UX memiliki setidaknya gelar sarjana di bidang seperti desain grafis, interaksi manusia-komputer, atau psikologi. 

Selain itu, akan sangat membantu jika Anda memiliki pengalaman bekerja dengan desain web atau aplikasi, riset pengguna, atau manajemen produk

Karier dalam desain UX bisa sangat bermanfaat, tetapi penting untuk memahami apa yang dilakukan desainer UX dan apa yang mereka butuhkan sebelum Anda memulai.

Karier dalam desain UX bisa sangat bermanfaat, tetapi penting untuk memahami apa yang dilakukan desainer UX dan apa yang mereka butuhkan sebelum Anda memulai. Desainer UX bertanggung jawab untuk menciptakan dan meningkatkan pengalaman pengguna untuk situs web, aplikasi, dan produk digital lainnya. 

Untuk melakukan ini, mereka harus memiliki pemahaman yang kuat tentang perilaku pengguna dan bagaimana merancang untuk kegunaan maksimum. Mereka juga harus mampu mengkomunikasikan ide-ide mereka secara efektif kepada pengembang dan pemangku kepentingan lainnya.

Fikalmyid
Fikalmyid Blogger Wajo yang ngeblog sejak tahun 2014. Saat ini aktif desain grafis sambil share tips dan trik tentang blog dan desain grafis

Post a Comment for "Apa Itu Desainer UX dan Apa yang Mereka Lakukan?"