Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Interface Dan Fungsinya Pada Photoshop

tips photoshop

FIKAL.MY.ID | WAJO -  Mengenal Interface Pada Photoshop. Adobe photoshop merupakan salah aplikasi design dari keluarga adobe yang bisa manipulasi foto atau gambar, untuk pemula yang baru mengenal photoshop alangka baiknya kamu mengenal interface atau bagian-bagian ruang kerja photoshop sebelum kamu mempelajari materi tutorialnya.

Bagian-bagian ruang kerja photoshop haru dipahami dan dimengerti bagi yang baru mau belajar photoshop. Interface adobe photoshop hampir dengan adobe lainnya seperti illustrator, indesign dan adobe XD.

Interface itu bisa juga dikatakan tampilan dari sebuah aplikasi, jadi di photoshop memiliki beberapa bagian yang harus kamu ketahui agar ketika kamu membuat sebuah karya di photoshop tidak pusing lagi dan kamu akan paham tata letak interface photoshop tersebut.

Jadi, pada postingan kali ini saya akan membagikan dan menjelaskan bagian-bagian kerja atau interface adobe photoshop cc versi 2019, karena saat saya sedang menggunakan versi tersebut.

Apa-apa saja yang terdapat di ruang kerja photoshop? Kamu panasaran kan? Baiklah lansung saja gak usah basa-basi lagi.

Diharapkan setelah membaca postingan ini, kamu benar-benar mehami ruang kerja photoshop sebelum melangkah ke tutorialnya. Tentu aka tutorial-tutorial khusus photoshop yang akan saya bagikan nantinya.

Inilah Interface atau Bagian Ruang Kerja Adobe Photoshop.

Menu Bar


Menur bar adalah salah satu bagian ruang kerja yang pertama, menu bar memiliki berbagai menu dan berguna untuk melakukan perintah seperti membuat halaman kerja baru, membuka file gambar, menyimpan file, mengekspor file dan masih banyak lagi perintah-perintah di dalamnya, jika kamu panasaran ada apa aja di dalam kamu bisa cek sendiri nanti.

Option Bar


Bagian ruang kerja kedua adalah option bar. Option bar ini mengatur tools yang berisi menu-menu lain dari tools yang kita gunakan, misalkan di bagian tools kita memilih pen tool, nanti ketika kamu memilih pentool makan akan muncup option bar pentool tersebut di bawah menu bar. Jika kurang mengerti silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

Tab Bar


Yang ketiga adalah tab bar. Tab bar ini berfungsi memperlihatkan serta memilih berbagai halaman kerja yang sedang kita kerjakan, jadi jika memulai atau membuat sebuah karya baru di photoshop akan muncul nama halaman kerja kamu di tab bar tersebut.

Tools Box


Tools box bagian keempat di ruang kerja photoshop. Tool box salah satu fitur utama yang terdapat di adobe photosho. Kenapa bisa dikatakan begitu? Karena toolbox inilah yang sering digunakan saat kita membuat karya seperti pentool, magic tool, brush dan lain-lain. Tools ini merupakan elemen penting pada photoshop, karena semua proses editing pada photoshop selalu menggunakan yang namanya tools.

Panel Bar


Panel bar adalah bagian ruang kerja yang kelima. Panel bar ini terdiri dari navigation panel, color panel, history panel serta yang terpenting adalah layer panel. Disamping itu panel ini juga saling terhubung dengan menur bar.

Halaman Kerja


Yang terakhir adalah halaman kerja. Ini adalah tempat untuk melakukan proses editing seperti memasukkan gambar, teks, dan lain sebagainya. Halaman ini juga dikenal sebagai artboard dan kamu juga bisa mengatur ukuran artboard tersebut sesuai keiinginan kamu atau menyesuaikan dengan karya design yang kamu buat.

Nah, itu lah bagian-bagian ruang kerja atau interface adobe photoshop cc versi 2019 yang kamu harus ketahui dan mengerti setiap fungsinya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu belajar photoshop nantinya serta bermanfaat. Terima kasih.

Post a comment for "Mengenal Interface Dan Fungsinya Pada Photoshop"