Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjadi Desainer UI/UX Untuk Pemula Secara Ototidak

menjadi desainer UI/UX

Jika Anda bersemangat tentang desain UI/UX dan Anda tertarik untuk menjadi salah satunya, tetapi Anda tidak memiliki kualifikasi atau pengalaman yang diperlukan, jangan putus asa! Untuk menjadi desainer UI/UX yang sukses, Anda dapat mengikuti beberapa tips sederhana untuk memulai karir Anda sebagai profesional otodidak di bidang ini.

Pendidikan desain formal yang lebih tinggi pasti akan memberi Anda dasar yang baik, tetapi beberapa dari kita tidak memiliki akses ke sana. 

Untungnya, desain adalah area di mana banyak desainer sangat terbuka untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka, ada banyak sumber dan mentor online hebat yang tersedia secara online. Dan yang terpenting, desainer sukses yang saya kenal di industri ini adalah pembelajar mandiri yang luar biasa.

Menjadi seorang desainer UI/UX tidak semudah yang Anda bayangkan. Sebenarnya ini adalah proses yang cukup panjang, dan terkadang Anda mungkin merasa tidak akan kemana-mana.

Tingkat motivasi dan disiplin yang tinggi sangat penting jika Anda ingin sukses. Desain bukan hanya tentang menyatukan beberapa piksel. Ada banyak teori desain visual yang perlu Anda ketahui, dan banyak perangkat lunak yang harus dikuasai.

Berikut adalah langkah-langkah utama yang perlu Anda ambil untuk memulai perjalanan Anda.

Pelajari Dasar-dasar Desain UI/UX


Jika Anda ingin masuk ke desain UI atau UX, penting untuk mempelajari dasar-dasarnya. Ini berarti memahami perbedaan antara dua disiplin ilmu, dan apa yang dibutuhkan masing-masing. 

Desain UI adalah tentang antarmuka pengguna, dan memastikannya intuitif dan mudah digunakan. Desain UX, di sisi lain, adalah tentang pengalaman pengguna, dan memastikan pengguna memiliki pengalaman positif dengan produk. 

Baik UI dan UX sama-sama penting, dan penting untuk memahami keduanya jika Anda ingin menjadi desainer yang sukses.

Belajar adalah hal yang berkelanjutan; jadi, Anda harus menjadikan kebiasaan Anda untuk secara konsisten meningkatkan keterampilan desain Anda. Anda juga harus terus memperbarui portofolio Anda untuk menyertakan karya terbaru yang menonjolkan keahlian terbaik Anda. 

Anda dapat menemukan kursus UI/UX online yang terjangkau dan gratis, misalnya di skillshare, youtube, udemy dan lain-lain.

Banyak platform menawarkan uji coba gratis sehingga Anda selalu dapat mencoba kursus sebelum memutuskan apakah Anda ingin membelanjakan uang Anda untuk itu.

Kembangkan dan tingkatkan Desain Anda


Penciptaan antarmuka dan visual yang ramah pengguna adalah tugas yang sangat penting bagi desainer. Ini mengharuskan Anda untuk memahami siapa audiens target Anda, bagaimana mereka berinteraksi dengan produk, apa yang mereka ingin produk lakukan untuk mereka, dan banyak lagi.

Mempelajari situs web lain yang terkait dengan industri Anda dapat menawarkan banyak inspirasi tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan desain Anda sendiri. 

Ada banyak situs web di luar sana yang dirancang dengan indah, yang berarti ada sesuatu yang bisa dipelajari dari mereka dan itu bisa mengembanhkan dan meningkatkan desain Anda.

Sebelum memulai perjalanan Anda untuk menjadi desainer UI/UX, Anda juga dapat memulai dengan memikirkan situs web atau aplikasi seluler favorit Anda. Sebagai seseorang dengan selera desain yang bagus, Anda mungkin memiliki apresiasi yang baik untuk desain visual yang bagus.

Melihat sekilas situs atau aplikasi favorit Anda mungkin memberi indikasi bahwa ada beberapa prinsip dasar desain visual yang bekerja. Anda dapat mencari elemen seperti spasi, hierarki visual, kisi, dan navigasi, serta gambar, ikon, dan font yang membuatnya menarik secara visual. Semua elemen ini bekerja sama untuk membuat desain UI/UX yang sukses.

Belajar Menggunakan Aplikasi Desain UI/UX


Tentu hal yang penting untuk menjadi desainer UI/UX adalah belajar menggunakan aplikasi yang digunakan untuk membuat desain UI/UX. 

Beberapa aplikasi desain UI/UX yang inovatif dapat membantu Anda menghasilkan ide-ide desain yang hebat, tetapi Anda tentu harus bekerja dengan mereka untuk membuatnya kuat. 

Tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua dalam hal memilih tools atau aplikasi desain yang hebat, jadi Anda harus memilih yang Anda kenal dan nyaman dengannya.

Beberapa perangkat lunak atau aplikasi yang umum digunakan di kalangan desainer UI/UX profesional adalah:

Figma : Jika Anda mencari alat yang memungkinkan kolaborasi desain dan pembuatan prototipe, Figma adalah pilihan terbaik Anda. Meskipun tergolong baru di pasaran, Figma telah menjadi kesayangan para pakar desain UI/UX karena kegunaannya yang komparatif.

Sketch : Sebagai aplikasi desain digital untuk macOS, Sketch menjadi sangat populer di kalangan desainer UI/UX karena antarmuka intuitif dan fungsionalitas pluginnya.

Adobe XD : Sebagian besar desainer UI/UX menganggap Adobe XD sangat berguna karena banyak fungsinya yang membantu. Terlebih lagi, ini gratis dan Anda dapat dengan mudah membuat prototipe Anda menggunakannya.

Ada banyak aplikasi lain untuk membuat prototipe atau membuat diagram alur yang canggih. Namun, bagi siapa saja yang baru memulai lebih baik fokus pada satu aplikasi saja sampai Anda merasa nyaman menggunakannya. 

Buat Portofolio Karya Desain UI/UX Anda


Setelah Anda belajar mengenali aplikasi desain UI/UX, hal selanjutnya dilakukan adalah membuat portofolio desain UI/UX Anda dengan menggunakan aplikasi desain UI/UX yang sudah dipelajari.

Portofolio adalah hasil karya yang dibuat berdasarkan aplikasi yang digunakan, jadi buatlah portofolio semenarik mungkin tentang desain UI/UX agar orang-orang di luar sana mengakui Anda bahwa Anda adalah seorang desainer UI/UX.

Portofolio Anda adalah kesempatan untuk membuat cerita, menunjukkan nilai dan keahlian Anda. Berikan apa yang diperlukan untuk benar-benar diakui sebagai desainer UI/UX yang hebat. 

Cari Mentor Desainer UI/UX

Jika Anda merasa belum puas dengan apa yang Anda lakukan selama ini bahkan karya desain UI/UX masih ada yang kurang, solusinya adalah cari mentor desainer UI/UX.

Mentor dapat bertindak sebagai pemandu di bidang baru ini untuk Anda. Tentu saja, para ahli di bidang tidak punya banyak waktu dan itu bisa sangat sulit. 

Tapi jangan khawatir, untungnya ada beberapa platform yang akan membantu Anda menemukan orang yang tepat :


Mentoring benar-benar membutuhkan banyak waktu dan usaha. Selain komunikasi 1:1, Anda selalu dapat belajar dari desainer favorit Anda di blog dan akun media sosial mereka. Berlangganan yang Anda suka dan pelajari apa yang mereka baca, dan apa yang menginspirasi mereka.

Fikalmyid
Fikalmyid Blogger Wajo yang ngeblog sejak tahun 2014. Saat ini aktif desain grafis sambil share tips dan trik tentang blog dan desain grafis

Post a Comment for "Cara Menjadi Desainer UI/UX Untuk Pemula Secara Ototidak"