Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Save As dan Export File di Adobe Illustrator

tips illustrator

FIKAL.MY.ID | WAJO - Cara save as dan export file di adobe illustrator. Save as merupakan program atau tools yang sangat penting dan dimiliki hampir semua aplikasi, denga adanya program save as kita tidak perlu lagi membuat ulang sebuah karya di aplikasi apapun itu.

Tentunya save as memiliki fungsi untuk menyimpan dokumen atau file yang kita buat dari sebuah aplikasi, jika program save as tidak ada, apakah yang terjadi? Nah dari sini kamu sudah mengertikan definisi dari save as, jadi saya rasa gak perlu dijelaskan lagi.

Karena save as sendiri sudah tidak asing lagi untuk disebutkan, apa lagi save as memiliki shortcu yang sangat mudah untuk di hafal yaitu Ctrl + S (save).

Kamu harus tau bahwa hampir semua aplikasi memiliki program save as dengan shortcut yang sama, tetapi kamu harus disamping ada program “save as” tentu ada juga “save” saja. Apa perbedaan kedua program tersebut?

Untuk kebanyakan pengguna PC, menu “Save” dan “Save As” merupakan 2 perintah yang pasti kerap ditemui. Kedua menu tersebut merupakan perintah untuk bisa menyimpan berkas  atau dokumen hasil pekerjaan pada media penyimpanan PC. 

Akan tetapi kedua menu perintah tersebut mempunyai beberapa perbedaan yang perlu kalian ketahui. Untuk inti dari perbedaan tersebut ialah jika menu”save” berguna untuk menyimpan secara langsung data atau dokumen yang sebelumnya pernah disimpan sesuai nama, format, serta lokasi penyimpanannya. 

Sedangkan untuk menu “Save As”, dipakai untuk menyimpan dokumen lama ataupun baru yang pastinya dengan nama, format, ataupun lokasi penyimpanan yang dapat ditentukan.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai Save As,

Selanjutnya kita bahas mengenai “Export File”

Export file yang saya bahasi disini khusus pada adobe illustrator saja, okey, 

Jadi export file adalah mengubha file atau karya desain yang dikerjakan di aplikasi illustrator menjadi format PNG, JPG, PDf dan lain-lain. Karya yang dibuat lalu di export akan menjadi gambar atau menyatukan semua file yang ada di illustrator menjadi satu format gambar.

Dan siap untuk dicetak maupun disebar ke social media kamu. Jadi itu penjelasan singkat mengenai export file, jika kamu punya tambahan mengenai definisi export file coba tulis di kolom komentar.

Baiklah gak perlu basa basi lagi. Jadi saya akan membagikan tips cara menyimpan file atau save as dan export file di adobe illustrator.

Cara Save As File di Adobe Illustrator

Pertama, buka adobe illustartor dan kamu buat karya dulu apa pun

Kedua, pilih menu file > Save as atau tekan "Shift + Ctrl + S"




Ketiga, silahkan tentukan lokasi penyimpan filenya lalu klik OK.




Cara Export File di Adobe Illustrator

Pertama, tentunya buat karya dulu

Kedua, pilih menu file > Export > Export As




Ketiga. tentukan lokasi export nya lalu file name silahkan isi seuai keiinginan kamu sedangkan "sace as type" terserah kalian mau pilih mana, saya selalu memilih PNG. lalu klik Export




Keempat, muncul PNG options pada resolution pilih paling high (300 ppi), Anti-Aliasing gak usah diubah, bacground terserah kalian. Lalu klik OK.




Nah, itu lah tadi cara save as dan export file di adobe illustrator. Bagaimana menurut kamu? sangat mudah kan? jika ada belum dimengerti dan ada pertanyaan silahkan tulis saja di kolom komentar di bawah.

2 comments for "Cara Save As dan Export File di Adobe Illustrator"

  1. Wah selama ini aku nyimpennya pakai format Ai. Nice info gan 😄

    ReplyDelete