Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mendesain dengan Figma : Yang Perlu Anda Ketahui

UI/UX

Mendesain dengan Figma : Yang Perlu Anda Ketahui - Figma adalah editor grafis vektor online gratis yang memungkinkan Anda membuat desain untuk web, seluler, dan desain antarmuka. Mudah digunakan dan memiliki antarmuka sederhana yang membuatnya bagus untuk pemula. Anda juga dapat menggunakan Figma untuk berkolaborasi dengan desainer lain dalam proyek. 

Daftar Isi :

  1. Apa itu Figma?
  2. Bagaimana cara kerja Figma?
  3. Apa keuntungan Figma?
  4. Mengapa menggunakan Figma?
  5. Bagaimana cara menggunakan Figma?

1. Apa itu Figma?

Figma adalah alat desain berbasis cloud yang memungkinkan desainer untuk membuat dan berkolaborasi pada grafik vektor. Ini digunakan oleh ribuan tim di seluruh dunia, termasuk di Google, Facebook, Netflix, dan Uber. 

2. Bagaimana cara kerja Figma?

Figma bekerja dengan memungkinkan desainer untuk membuat grafik vektor dalam antarmuka berbasis web. Mereka kemudian dapat membagikan desain mereka dengan kolaborator, yang dapat mengomentari dan mengedit desain secara real time.

3. Apa keuntungan menggunakan Figma?

Figma memiliki banyak manfaat, termasuk kemudahan penggunaan, fitur kolaboratif, dan kemampuan untuk mengekspor desain dalam berbagai format. Ini juga memiliki paket gratis yang membuatnya dapat diakses oleh semua orang.

4. Mengapa menggunakan Figma?

Figma dengan cepat menjadi salah satu alat desain paling populer di pasar. Dan untuk alasan yang bagus! Figma adalah alat desain berbasis cloud yang tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga menawarkan berbagai fitur yang membuatnya ideal untuk desainer modern. 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan Figma untuk proyek Anda berikutnya:

Figma sangat user-friendly, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman desain. Antarmukanya bersih dan sederhana, dan ada banyak tutorial bermanfaat yang tersedia untuk Anda mulai.

Figma adalah pilihan yang bagus untuk kolaborasi, karena memungkinkan banyak orang untuk mengerjakan sebuah proyek secara bersamaan. Anda juga dapat meninggalkan komentar dan umpan balik langsung di dalam file desain tersebut.

5. Bagaimana cara menggunakan Figma?

Figma adalah alat desain yang hebat untuk membuat grafik dan desain berkualitas tinggi. Ini mudah digunakan dan memiliki berbagai fitur yang menjadikannya pilihan tepat untuk pemula dan profesional. 


Figma tersedia secara online gratis, dan Anda dapat membuat akun dengan mendaftar menggunakan alamat email Anda. Setelah Anda memiliki akun, Anda dapat membuat proyek baru dengan mengklik tombol "+" di sudut kiri atas layar. 

Anda kemudian dapat menambahkan file ke proyek Anda dengan mengklik tombol "Tambah file" di sudut kanan atas layar. 

Figma memiliki berbagai fitur yang dapat Anda gunakan untuk membuat desain Anda, termasuk: lapisan, bingkai, kisi, panduan, perataan, dan banyak lagi.


5.1 Antarmuka

Jika Anda baru mengenal Figma, Anda mungkin bertanya-tanya tentang apa antarmuka itu dan bagaimana itu dapat membantu Anda dengan proyek desain Anda. Figma adalah alat desain berbasis vektor yang memungkinkan Anda membuat desain untuk aplikasi web, seluler, dan antarmuka. Antarmuka dibagi menjadi empat area utama: kanvas, bilah alat, panel lapisan, dan panel properti.

Kanvas adalah tempat Anda akan melakukan sebagian besar pekerjaan Anda. Ini adalah tempat Anda akan membuat bentuk, menambahkan teks, dan menyusun desain Anda. 

Toolbar adalah tempat Anda akan menemukan semua alat yang Anda butuhkan untuk membuat desain Anda. Panel lapisan adalah tempat Anda dapat mengatur dan mengelola elemen desain Anda.

5.2 Bekerja dengan Lapisan

Figma adalah alat desain berbasis vektor yang digunakan oleh desainer untuk membuat antarmuka pengguna, ilustrasi, dan ikon. Sistem lapisan Figma mirip dengan Adobe Photoshop dan Sketch. Di Figma, lapisan digunakan untuk mengelompokkan objek. Objek pada lapisan yang sama akan dikelompokkan bersama saat diekspor sebagai gambar atau PDF.

Sistem lapisan Figma mudah digunakan dan dipahami. Panel lapisan terletak di sisi kiri jendela Figma. Untuk membuat layer baru, cukup klik ikon "+" di bagian bawah panel layer. Untuk mengganti nama layer, klik dua kali pada nama layer. Untuk menghapus lapisan, klik ikon tempat sampah di sebelah nama lapisan.

5.3Menambahkan Teks

Jika Anda baru mengenal Figma, atau bahkan mendesain secara umum, menambahkan teks mungkin tampak seperti tugas yang menakutkan. Tapi jangan khawatir! Pada artikel ini, kami akan memandu Anda melalui semua yang perlu Anda ketahui tentang menambahkan teks di Figma.

Ada dua cara untuk menambahkan teks di Figma: alat Teks dan alat Bingkai. Alat Teks paling baik untuk potongan teks pendek, seperti judul atau salinan isi. Alat Bingkai paling cocok untuk potongan teks yang lebih panjang, seperti paragraf atau artikel.

Untuk menambahkan teks dengan alat Teks, cukup klik dan seret mouse Anda untuk membuat kotak teks. Kemudian, mulailah mengetik! Untuk menambahkan teks dengan alat Bingkai, klik dan seret mouse Anda untuk membuat bingkai.

5.4 Menambahkan Gambar

Mendesain dengan Figma adalah cara yang bagus untuk memulai dengan desain grafis. Ini adalah program yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda membuat desain untuk situs web, logo, dan aset lainnya. 

Saat menambahkan gambar ke desain Figma Anda, ada beberapa hal yang perlu diingat. Pertama, Anda harus menemukan gambar berkualitas tinggi yang gratis untuk penggunaan komersial. Kedua, Anda perlu memastikan gambar adalah ukuran yang tepat untuk desain Anda. 

Dan akhirnya, Anda ingin memilih gambar yang melengkapi elemen lain dalam desain Anda. Dengan mengingat tips ini, Anda akan dapat membuat desain yang indah dan profesional dengan Figma.

5.5 Mengekspor dari Figma

Figma adalah alat desain hebat yang menawarkan banyak fitur untuk desainer. Salah satu fitur tersebut adalah kemampuan untuk mengekspor desain dari Figma. Saat mengekspor dari Figma, Anda memiliki beberapa opsi berbeda. 

Anda dapat mengekspor sebagai gambar, PDF, atau SVG. Anda juga dapat mengekspor desain Anda sebagai prototipe, yang merupakan cara yang bagus untuk berbagi pekerjaan Anda dengan orang lain. Saat memilih cara mengekspor desain Anda, ingatlah format apa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Figma adalah alat desain hebat yang mudah digunakan dan dipahami. Sangat cocok untuk pemula

Mendesain dengan Figma adalah cara yang bagus untuk memulai di dunia desain. Mudah digunakan dan dipahami, sehingga sangat cocok untuk pemula. Dengan Figma, Anda dapat dengan cepat membuat desain untuk situs web, aplikasi, dan lainnya. Plus, Figma gratis untuk digunakan, jadi Anda bisa langsung memulainya.

Post a Comment for "Mendesain dengan Figma : Yang Perlu Anda Ketahui"