Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tools Terbaik Yang Digunakan Oleh UI/UX Designer

UI dan UX

5 Tools Terbaik yang Digunakan oleh UI/UX Designer - Ada banyak tools yang tersedia untuk membantu desainer UI/UX dengan pekerjaan mereka. Beberapa tools atau alat ini dirancang untuk memenuhi tugas-tugas tertentu, sementara yang lain untuk tujuan yang lebih umum. 

Memilih tools atau alat yang tepat untuk desainer UI/UX itu bisa menjadi tantangan, tetapi ada beberapa hal yang perlu diingat yang dapat membantu Anda sebelum memilih tools yang akan digunakan untuk desain UI/UX. 

Daftar Isi :

  1. Sketch
  2. Apa itu Sketch?
  3. Adobe XD
  4. Apa itu Adobe XD?
  5. Figma
  6. Apa itu Figma?
  7. Invision
  8. Apa itu Invision?

Pertama, pertimbangkan jenis tugas yang ingin Anda selesaikan. Ada tools atau alat untuk desain, pembuatan prototipe, pengkodean, pengujian, dan banyak lagi. 

Kedua, pikirkan tentang keterampilan dan pengalaman Anda sendiri. Beberapa tools atau alat lebih mudah digunakan daripada yang lain, dan beberapa membutuhkan lebih banyak pengalaman. 

Terakhir, pertimbangkan anggaran Anda. Beberapa tools atau alat gratis, sementara yang lain bisa sangat mahal atau berbayar. Kalau Anda masih baru belajar desain UI/UX bisa menggunakan tools atau aplikasi yang gratis saja dulu sambil membuat portofolio juga.

Berikut 5 Tools Terbaik yang Digunakan oleh UI/UX Designer :

1. Sketch


Ada banyak tools atau alat yang tersedia untuk desainer UI/UX, tetapi sketch adalah salah satu yang paling populer. Ini adalah gambar vektor dan perangkat lunak animasi yang memungkinkan desainer untuk membuat desain antarmuka berkualitas tinggi. Ini memiliki berbagai fitur dan antarmuka yang ramah pengguna. Selain itu, harganya relatif terjangkau dibandingkan dengan tools atau alat lain yang ada di pasaran.

Apa itu Sketch?

Sketch adalah perangkat lunak gambar vektor dan animasi untuk macOS yang dikembangkan oleh Bohemian Coding. Tools Ini terutama digunakan untuk antarmuka pengguna dan desain pengalaman pengguna, tetapi juga dapat digunakan untuk jenis grafik lain seperti desain situs web, desain ikon, dan ilustrasi. Ini memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan berbagai fitur yang menjadikannya pilihan populer bagi desainer UI/UX.

2. Adobe XD


Ada banyak alat di luar sana yang dapat digunakan untuk desain UI/UX, tetapi Adobe XD adalah salah satu yang terbaik. Ini adalah alat berbasis vektor yang dapat digunakan untuk wireframing dan prototyping, dan memiliki berbagai fitur yang membuatnya ideal untuk merancang antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna. Selain itu, Adobe XD mudah digunakan dan memiliki berbagai macam tutorial dan sumber daya yang tersedia.

Apa itu Adobe XD?

Adobe XD adalah alat yang ampuh untuk desainer UI/UX. Ini memiliki semua fitur yang Anda butuhkan untuk membuat desain yang menakjubkan, termasuk antarmuka berbasis vektor, berbagai elemen dan kemampuan untuk membuat elemen kustom. Adobe XD juga mudah digunakan, menjadikannya pilihan yang cocok untuk pemula dan desainer berpengalaman.

3. Figma


Figma adalah platform desain yang kuat yang memungkinkan desainer UI/UX untuk membuat desain berkualitas tinggi untuk situs web, aplikasi, dan produk. Tools Ini menawarkan berbagai fitur yang memudahkan untuk membuat desain yang indah, termasuk alat menggambar vektor, palet warna built-in, dan berbagai macam template. Figma juga bagus untuk kolaborasi, karena memungkinkan desainer untuk bekerja sama dalam proyek secara real-time.

Apa itu Figma?

Figma adalah editor grafis vektor dan alat prototipe berbasis cloud. Ini terutama berbasis web dengan aplikasi desktop asli untuk MacOS dan Windows. Perusahaan ini didirikan pada 2012 oleh Dylan Field dan Evan Sharp. Figma digunakan oleh desainer di perusahaan seperti Google, Facebook, Netflix, dan Uber.

4. InVision


Sebagai desainer UI/UX, InVision adalah salah satu tools atau alat terpenting di kotak tools Anda. Ini memungkinkan Anda untuk membuat prototipe dan menguji desain Anda sebelum ditayangkan, dan juga menyediakan platform untuk berkolaborasi dengan desainer dan kepentingan lainnya. Tools atau Alat penting lainnya untuk desainer UI/UX termasuk Sketch, Adobe XD, Figma, dan alat Prototyping seperti Justinmind dan Marvel.

Apa itu InVision?

InVision adalah platform desain produk digital yang kuat yang menyediakan semua yang dibutuhkan desainer UI/UX untuk membuat antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna yang luar biasa. InVision memungkinkan desainer untuk mengunggah desain mereka, menambahkan interaktivitas, dan berbagi prototipe mereka dengan orang lain. InVision juga menyediakan berbagai sumber daya dan template yang dapat digunakan desainer untuk meningkatkan alur kerja mereka.

5. Marvel


Ketika datang untuk merancang antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna, ada beberapa tools atau alat yang penting untuk desainer UI/UX. Salah satu alat tersebut adalah Marvel. Marvel adalah platform yang memungkinkan desainer untuk membuat dan membuat prototipe desain, serta mengujinya dengan pengguna. 

Ini adalah alat yang hebat untuk menguji ide dengan cepat dan mendapatkan umpan balik dari pengguna. Alat penting lainnya untuk desainer UI/UX termasuk Sketch, Adobe XD, InVision, dan Figma.

Itulah beberapa tools yang digunakan oleh desainer UI/UX, semuanya bagus dan menarik, Anda bisa pilih sesuai kebutuhan masing-masing dan merasa paling nyaman untuk digunakan.

Fikalmyid
Fikalmyid Blogger Wajo yang ngeblog sejak tahun 2014. Saat ini aktif desain grafis sambil share tips dan trik tentang blog dan desain grafis

Post a Comment for "5 Tools Terbaik Yang Digunakan Oleh UI/UX Designer"