Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Efek Coretan Pensil Di IIlustrator

tips illusrtrator

FIKAL.MY.ID | WAJO - Cara membuat efek coretan pensil di Illustrator. Tutorial kali ini bagaimana cara membuat efek coretan pensil di adobe illustrator, efek coretan pensil ini disebut effect scribble jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, scribble ini artinya tulisan cakar ayam ini pake google transale loh.

Jadi jika kamu jago dalam Bahasa inggris mungkin ada arti lainnya. Oke lanjut

Tulisan cakar ayam, yah itu arti sebenarnya bisa juga dikatan coretan pensil karena kalau dilihat segi efek bisa dikatan cakar ayam dan bisa juga coretan pensil.

Nah, apapun itu namanya yang penting kita tau cara membuat efeknya. Didalam efek ini terdapat lagi berbagai macam tipe, atau modelnya yang nantinya kamu bisa pilih seusai keiingina kamu. Ada 10 macam tipe didalam efek scribble tersebut jadi kamu bisa pilih sesuai seleramu.

Dan juga setiap tipe atau model tersebut bisa diatur lagi efek coretannya seperti lebih besar atau lebih kecil bentuk coretan tersebut. Efek ini juga sering dipake dalam membuat karya desain karena efek yang begitu unik diliat dan sangat natural bentuknya.

Effect scribble ini terdapat di menu bar dan tentunya dibagian effect, semua yang ada effectnya pasti di menu bar tapi ada juga membuat effet dari brush dan pentool. Efek ini bisa digunakan pada objek dan tulisan, tapi disini saya akan memperlihatkan pada objek saja yang berbentuk shape saja.

Jadi, langsung saja ke tutorialnya. Saya berharap setelah membaca postingan ini, kamu bisa langsung mempraktekkannya nanti biar kamu gak lupa.

Oia sebelum masuk ke tutorialnya, saya cuman mengingatkan bahwa illustrator yang saya gunakan ini adalah illustrator cc versi 2019. Karena ada juga illustrator yang CS. 

Bedanya CC sama CS apa? Nanti di postingan selanjutnya yah!. Oke lanjut!

Cara Membuat Efek Coretan Pensil di Adobe Illustrator

Pertama, buka aplikasi adobe illustrator kamu

Kedua, buat objek shape disini saya menggunakan elipse tool untuk membuat objek lingkaran


Ketika, setelah membuat objek tersebut klik objeknya lalu pilih menu effect, pilih stylize, lalu pilih “scribble”


Keempat, nanti muncul tampilan option scribble, nah dibagian setting banyak pilihan modelnya kamu tinggal pilih saja. Jangan lupa ceklis previewnya!


Kelima, kalau sudah tinggal klik OK. Selesai!


Nah, itulah tadi cara membuat efek coretan pensil atau tulisan cakar ayam. Kamu juga bisa gunakan pade teks, bukan hanya pada objek saja kalau kamu gak percaya langsung dipraktekkan saja di illustrator.

Jika kamu belum mengerti atau kesulitan saat mencobanya, silahkan tulis saja pertanyaan atau bagian mana yang gak mengerti, pasti saya akan balas. Oke semoga tutorial ini bermanfaat dan membantu kamu membuat efek dalam desain kedepannya. Terima kasih.

Fikalmyid
Fikalmyid Blogger Wajo yang ngeblog sejak tahun 2014. Saat ini aktif desain grafis sambil share tips dan trik tentang blog dan desain grafis

Post a Comment for "Cara Membuat Efek Coretan Pensil Di IIlustrator"