January 26, 2017

Stop Jerawat Aku Lelah

kesehatan

Jerawat? Kok ada jerawat sih ? Jerawat yang muncul bukan hanya soal kulit berminyak seperti yang dikeluhkan banyak orang. Makan kacang tanah misalnya, banyak yang bilang akan menimbulkan jerawat. Padahal kacang tanah tidak menjadi penyebab munculnya jerawat. Lalu apa penyebabnya? Richard Gallo dari University of California di San Diego dari hasil penelitiannya mengungkapkan bahwa jerawat ialah soal bakteri, minyak, asam lemak, hormone dan gen. Jadi sejatinya bukan kacang tanah yang menimbulkan jerawat tapi minyak yang digunakan untuk menggorang kacang tanah tersebut.

Selain soal minyak, bakteri dan polusi yang kita temui setiap hari menjadi penyebab utama munculnya jerawat. Karena itu kita membutuhkan perawatan yang baik untuk melindungi wajah dari bakteri dan polusi penyebab jerawat. Rajin mencuci wajah dengan sabun atau sabun acne akan sangat membantu dalam membersihkan bakteri yang menempel diwajah.

Jerawat menjadi hal yang banyak dikeluhkan oleh remaja. Bukan hanya kalangan perempuan, bagi laki-lakipun jerawat sangat menggangu. Untuk sebagian orang yang benar-benar measa terganggu biasanya akan melakukan beberapa cara perawatan untuk menghilangkan acne/jerawat pada wajah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghempas jerawat-jerawat bandel di wajah. Selain menggunakan cream acne, bahan-bahan tradisional seperti jeruk nipis, madu, tomat dan lemon juga sangat berkhasiat untuk menghilangkan jerawat.

Mengobati jerawat dengan bahan tradisional terkesan lebih aman ketimbangan menggunakan produk-poduk dengan merek berbeda yang dijual bebas dipasaran. Penggunaan jeruk nipis dan madupun sangatlah praktis. Cukup dengan mengoleskan perasan ai jeruk tipis-tipis diwajah dan diamkan selama kuang lebih 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Begitupun untuk penggunaan madu dan lemon. Hanya saja penggunaan obat tradisional ini haruslah dengan kesabaran yang ekstra karena akan memakan waktu yang lama.

Tak hanya penggunaan bahan tadisional saja yang akan melatih kesabaranmu dalam menghempas jerawat ternyata penggunaan poduk acne pun juga harus dengan kesabaran. Menggunakan produk yang instan sepertinya tidak akan membantu banyak. Dengan menggunakan cream acne para remaja dengan kulit berjerawat harus selektif dalam memilih produk yang cocok dengan wajahnya. Karena tidak semua jenis kulit manusia sama, sehingga diperlukan untuk memilih produk yang cocok.

Jenis kulit dan jenis jerawat yang muncul diwajah berbeda-beda. Ada yang memiliki wajah kering dan berjerawat ada juga yang berminyak dan berjeawat. Nah untuk itu pemilihan produk acne akan berbeda. Jenis jerawat dan jenis cream acne harus disesuaikan. Jerawat yang biasanya muncul ada yang berjenis Blachead,Whitehead,Popula dan pustule serta nodul dan kista.

Blackhead  (Komedo terbuka), disebabkan oleh pori-pori tersumbat sebagian atau kelenjar keringat yang menghasilkan akumulasi minyak berlebihan.Biasanya bakteri, sel kulit mati dan keratin sering terjebak dalam pori-pori ini. Campuran zat penyumbat atau sebum mengalami oksidasi karena terkena udara dan berubah warna menjadi gelap.

Whitehead (Komedo tertutup), jenis komedo ini terjadi karena adanya penyumbatan pori-pori atau kelenjar keringat dengan akumulasi minyak berlebih, bakter, sel kulit mati dan keratin.
Popula (Benjolan merah), untuk benjolan merah yang muncul pada wajah biasanya terlihat seperti gundukan merah, sedikit meradang dan tidak memiliki puncak karena tidak bernanah.

Pustula (Benjolan merah dengan puncak putih),jenis jerawat yang memiliki noda dibagian tepi,meradang berwarna kemerahan dan bagian tengahnya berwarna kekuningan atau putih.
Nodul dan kista, jenis ini merupakan jenis jerawat yang tergolong parah.Jerawat yang sampai menimbulkan benjolan dan kista yang besar diawah permukaan kulit.Jerawat jenis ini akan sakit jika disentuh.Nodul dan kista terbentuk jika sebuah folikel meradang meletus dibawah kulit.

Bagi kalian yang penderita acne sebaiknya tidak memencet atau terlalu sering menyentuh wajah yang berjerawat,karena hal ini akan menyebabkan peradangan pada jerawat dan akan semakin parah.
Mulailah untuk mengenali kulit dan jenis jerawat yang muncul pada wajah agar tidak salah dalam memilih produk untuk perawatan anda. Perawatan yang baik adalah perawatan yang sehat tanpa bahan yang dapat merusak wajah dan tetap sabar untuk hasil yang maksimal.Lakukan step by step dan jadikan wajahmu lembut dan halus sehalus papan peluncuran. Yukkk STOP JERAWAT GUYS


EmoticonEmoticon