Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Jenis Tipografi Populer dan Kegunaannya

tipografi

5 Jenis Tipografi Populer dan Kegunaannya - Baik Anda seorang desainer, pemasar, atau hanya pengguna biasa Microsoft Word, memahami tipografi sangat penting untuk menciptakan komunikasi yang efektif, menarik, dan sesuai merek. 

Tipografi adalah seni dan teknik mengatur jenis huruf untuk membuat bahasa tulisan terbaca, mudah dibaca, dan menarik saat ditampilkan. Penataan tipe meliputi pemilihan tipografi, ukuran titik, panjang garis, spasi baris (leading), spasi huruf (tracking), dan penyesuaian spasi dalam pasangan huruf (kerning).

Tapi tahukah Anda bahwa ada banyak jenis tipografi yang sering digunakan untuk keperluan desain atau projek lainnya. Diantara banyaknya jenis tipografi ada beberapa yang tipografi populer yang sering digunakan oleh seorang desainer. 

Daftar Isi :

  1. Serif
  2. Sans Serif
  3. Dekoratif
  4. Script
  5. Display

Berikut 5 Jenis Tipografi Populer dan Kegunaannya :

Ada lima kategori utama tipografi: serif, sans serif, dekoratif, script, dan display. 

1. Serif

Ada banyak jenis tipografi, dan masing-masing memiliki kegunaan yang sesuai. Salah satu jenis tipografi yang paling populer adalah serif. Serif adalah garis dekoratif kecil yang ditambahkan ke ujung huruf dan angka.
 
Mereka sering terlihat dalam desain tradisional, formal, atau klasik. Font serif mudah dibaca dan memiliki tampilan klasik, menjadikannya pilihan yang baik untuk blok teks yang besar. 

Serif merupakan salah satu typography yang paling direkomendasikan karena jenis huruf paling klasik. Ada kesan tersendiri jika membaca rangkaian huruf ini seperti ada kesan klasik dan luwes. 

Gaya huruf roman dan bodoni termasuk ke dalam jenis Serif dimana perbedaan yang ada sangat tipis. Huruf romah lebih memiliki keterbacaan tinggi sedangkan huruf bodoni ketebalannya tidak terlalu tegas.

2. Sans-Serif

Jenis tipografi populer kedua adalah Sans-Serif. Tipe ini dicirikan oleh kurangnya fitur proyeksi kecil yang disebut "serif" di akhir goresan. 

Font sans-serif yang paling umum adalah Arial, Helvetica, dan Verdana. Font Sans-serif sering digunakan untuk body text karena dianggap lebih mudah dibaca daripada font Serif. 

Mereka juga digunakan untuk headline dan judul karena dianggap lebih modern dan ramping.

Sering direkomendasikan dalam typography ada kesan simpel, bersih, modern, efisien dan familiar pada berbagai visual. Sering digunakan sehari-hari pada berbagai tampilan di layar termasuk dalam paragraf panjang.

3. Dekoratif

Tipografi dekoratif adalah tentang membuat pernyataan. Itu berani, itu indah, dan itu menuntut perhatian. 

Baik Anda menggunakannya untuk headline, logotype, atau hanya sebagai aksen, tipografi dekoratif harus digunakan dengan hemat dan dengan tujuan. 

Jika digunakan dengan benar, ia dapat menambahkan elemen kemewahan, glamor, atau keceriaan pada desain Anda.

4. Script

Script adalah font yang bentuknya menyerupai tulisan tegak bersambung. Jenis font yang satu ini menggambarkan sesuatu yang elegan, natural, dan personal.

Namun karena mengandung banyak lekukan, penggunaan Script cukup terbatas jika dibandingkan dengan jenis font lainnya.

Umumnya Script digunakan pada tulisan yang singkat, bukan tulisan panjang seperti dalam paragraf. Selain itu, kamu juga tidak bisa menggunakan Serif dalam huruf kapital semua.

Kamu harus mengombinasikannya dengan huruf kecil agar tulisan yang kamu buat tetap tersambung.

Contoh: Bromello, Brush Script MT, Palace Script MT

5. Display

Jenis font selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan desain grafis adalah Display.

Tipe font satu ini sejatinya sudah cukup berumur. Ia pertama kali digunakan pada tahun 1800-an untuk membuat tampilan iklan lebih menarik.

Display sendiri merupakan font berukuran besar yang diberi banyak ornamen hiasan agar terlihat lebih indah.

Pertimbangan utama jika ingin menggunakan font ini adalah keindahan, bukan kemudahan membaca.

Ia sering digunakan pada berbagai desain piagam, sertifikat, dan ijazah.

Contoh: Rosewood, Bermuda, Umbra

Itulah 5 jenis tipografi populer dan kegunaannya, diantara lima jenis tipografi diatas, manakah yang sering Anda gunakan untuk keperluan desain Anda atau projek Anda? Coba tulis di kolom komentar.

Terima kasih dan semoga bermanfaat serta jangan lupa bagikan artikel ini ke orang lain juga. 

Post a Comment for "5 Jenis Tipografi Populer dan Kegunaannya"