Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Dari Desain Grafis

tips desain

Desain Grafis sangat penting untuk pengembangan keseluruhan perusahaan. Ini memberi merek rasa identitas dan organisasi. Bagi perusahaan, desain grafis adalah yang menarik konsumen. Dengan demikian, mereka dapat mengekspresikan kepribadian mereka sendiri melalui konten kreatif. Hal ini juga memperkuat kehadiran perusahaan sekaligus memastikan bahwa merek tersebut up-to-date dengan tren terbaru. 

Ini menerjemahkan selera dan kreativitas pribadi seseorang menjadi sesuatu yang jauh lebih dapat dipasarkan. Dalam pengalaman pribadi saya, saya telah menemukan bahwa pekerjaan di bidang desain grafis lebih menyenangkan dan tidak berulang, karena saya dapat memilih apa yang ingin saya desain dan apa yang ingin saya katakana.

Definisi Dari Desain Grafis

Desain grafis yaitu karir yang melibatkan konsepsi dan tata letak bahan grafis untuk berbagai aplikasi. Ini termasuk logo, tanda, buku, majalah, iklan, dan jenis materi visual lainnya. Tujuan akhir dari desainer grafis adalah untuk membangun komunikasi visual yang konsisten dan efektif dengan target audiens. 

Metode yang paling umum untuk melakukannya adalah solusi tiga dimensi, tipografi, grafik gerak, dan desain antarmuka pengguna. 

Desain grafis juga dapat merujuk pada aspek menggambar seperti desain poster dan ilustrasi. Dengan meningkatnya aksesibilitas ke komputer dan internet, desain grafis telah melihat peningkatan dalam aplikasi digital dan komputer telah menjadi standar untuk mendesain.

Prinsip-prinsip desain grafis

Prinsip desain grafis adalah aturan dan formula yang berbeda untuk membuat desain grafis. Salah satu prinsip paling dasar dari desain grafis adalah aturan sepertiga. Aturan ini sering ditemukan dalam fotografi dan seni dekoratif, dan ini membantu Anda menyusun gambar dengan menyelaraskan titik tujuan pada garis yang memotong dua garis lainnya, yang membagi gambar menjadi tiga bagian secara horizontal dan vertikal.

Rule of thirds seringkali menghasilkan komposisi yang lebih seimbang dalam sebuah gambar. Prinsip lain yang terkenal adalah aturan pengulangan. Aturan ini mengatakan untuk memilih satu unsur desain yang dominan dan menyatukan, dan mengulangi unsur desain itu dalam beberapa bentuk di seluruh komposisi. 

Prinsip-prinsip desain grafis dapat digunakan dalam berbagai cara di lapangan. Mereka tidak hanya digunakan dalam desain cetak, tetapi dalam desain web tertentu, pengemasan, dan banyak area lainnya. Desainer grafis menggunakan prinsip yang berbeda untuk menciptakan keragaman gambar untuk tujuan yang berbeda.

Penggunaan tipografi dan tata letak adalah salah satu contohnya. Tipografi yang seimbang harus digunakan untuk menciptakan gambar yang menyenangkan serta menyenangkan secara visual. Tipografi harus mudah dibaca, terbaca, dan memiliki tampilan profesional. Tata letak harus diperhatikan dan estetis. Tata letak harus seimbang dan proporsional dan kontras dan melengkapi tipografi.

Prinsip-prinsip ilustrasi adalah contoh lain bagaimana prinsip-prinsip desain grafis dapat digunakan.

Keahlian Desain Grafis

Keahlian desain gragis yang baik adalah tentang keseimbangan visual, harmoni, dan kesatuan. Keseimbangan visual ada ketika objek memiliki bobot visual yang hampir sama (ukuran, warna, nilai, tekstur, bentuk, dll.). Harmoni dicapai ketika warna berada dalam proporsi yang menyenangkan dengan kecerahan, rona, atau saturasi. Kesatuan tercapai ketika semua unsur yang terkait dengan jenis komunikasi konsisten dalam gaya dan format.

Unsur-unsur desain grafis

Proses desain grafis adalah salah satu yang membutuhkan banyak waktu dan kesabaran. Desainer grafis sering dihadapkan dengan sejumlah pilihan saat memilih objek atau gambar untuk ditempatkan dalam desain, dan, karena itu, penting untuk memilih objek yang bekerja sama dengan baik dan mencerminkan nada yang diinginkan dari produk akhir. Ketika digabungkan, unsur individu menciptakan desain kohesif yang, dengan mata telanjang, mungkin tampak seperti satu objek.

Ketika seorang desainer grafis memilih untuk menggunakan satu warna, misalnya, mereka harus terlebih dahulu memutuskan apakah mereka ingin menciptakan rasa tenang atau aktivitas. Setelah mereka memutuskan, mereka dapat memilih untuk menggunakan warna-warna cerah seperti merah atau hitam.

Unsur Desain Grafis Lainnya

Salah satu hal terpenting yang harus diingat saat mendesain grafis adalah menggunakan jenis huruf dan warna yang sesuai; kedua unsur ini adalah inti dari setiap grafik. Jenis huruf adalah apa yang terbaca, jadi sebagai seorang desainer, seseorang harus berhati-hati untuk menggunakan salah satu yang dapat dibaca dan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan oleh grafik. 

Misalnya, Helvetica adalah jenis huruf yang "tepat" karena elegan dan bersih, dan jenis huruf serif seperti Times New Roman lebih tradisional. Hal yang sama berlaku untuk warna; desainer harus memastikan untuk menggunakan warna yang saling melengkapi dan tidak terlalu mencolok atau gelap.

Penemu Desain Grafis

Saat ini, desain grafis menjadi jauh lebih umum. Hampir di setiap industri, Anda akan menemukan artikel yang dirancang secara grafis. Terutama, desain grafis dapat dilihat di area mana pun di dunia bisnis. Misalnya, Anda dapat menemukan grafik dan bagan dalam akuntansi, surat penjualan, presentasi PowerPoint, dan siaran pers. Desain grafis merupakan bagian integral dari banyak industri.

Jadi, siapa penemu desain grafis? Sejujurnya, sulit untuk mengatakannya. Beberapa orang mengatakan bahwa penemu desain grafis adalah Henry Cole, yang merancang The Crystal Palace untuk The Great Exhibition tahun 1851 di London. Yang lain mengatakan bahwa desainer grafis William Morris adalah penemu desain grafis. Yang pasti desain grafis adalah salah satu penemu desain grafis tersebut.

Tiga Penemu Terbaik dalam Desain Grafis

Tetapi penemuan desain grafis sering dikaitkan dengan Perang Dunia II. Perang ini menyebabkan pergeseran seismik di bidang desain grafis. Kebutuhan akan berbagai poster, iklan, dan bentuk grafik lainnya untuk mengumpulkan uang untuk upaya perang memicu kebutuhan akan desainer grafis.

Tiga penemu desain grafis terbaik adalah Paul Rand, Alberto Savinio, dan Adrian Frutiger.

Paul Rand adalah seorang desainer grafis Amerika yang menciptakan logo untuk IBM, UPS, ABC, dan perusahaan lainnya. Alberto Savinio adalah seorang pencetak dan tipografer Italia yang sering dikreditkan dengan menyusun jenis huruf pertama, Fototipia. 

Pentingnya Desain Grafis

Desain adalah gagasan bahwa suatu produk memiliki tujuan dan desain mengkomunikasikan apa tujuan itu. Ini penting karena memungkinkan pengguna mengetahui untuk apa mereka harus menggunakannya. Itu adalah simbol perusahaan. 

Misalnya, jika seseorang mencari mobil baru, mereka berharap menemukan mobil yang terlihat sangat bagus, tetapi ada lebih dari sekadar tampilan mobil. Mereka perlu melihat bahwa mobil itu memiliki banyak ruang di dalam, bagasi yang besar, dan harga yang tidak terlalu mahal. Desain mobil akan memberi tahu pengguna apa yang dapat dilakukannya dan, secara keseluruhan, merupakan representasi perusahaan.

Jadi, itulah mengapa pentingnya desain grafis.

Post a Comment for "Definisi Dari Desain Grafis"