Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Peran Desain User Experience (UX)

tips desain

Desain pengalaman pengguna, atau desain UX, dapat didefinisikan sebagai "proses meningkatkan kepuasan pengguna dengan meningkatkan kegunaan, aksesibilitas, dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk." Hubungan antara UX dan desain telah diperdebatkan.

Satu aliran pemikiran adalah bahwa desain yang baik dapat berdiri sendiri, dan desain pengalaman yang baik tidak bisa. Namun, desainer telah memasukkan UX ke dalam proses mereka sejak awal dengan salah satu aspek terpenting dari proses desain, menurut Nielsen Norman Group, "seperti apa desain dan rasanya, sementara yang lain berfokus pada yang lebih luas. serangkaian pengalaman yang dimiliki seseorang dengan desain."

Desain UX pernah terbatas pada antarmuka digital dan sejak itu berkembang ke area lain. Misalnya, merancang pengalaman membeli mobil termasuk elemen UX tetapi tentu berbeda dengan merancang pengalaman digital seperti ruang ganti virtual di situs web pakaian.

Sejarah Singkat Desain UX

1942- Perancang UX, Oscar Stoke, menciptakan teknologi yang memungkinkan orang buta membaca buku.

“Pada tahun 1942, saat Stoke berusia 22 tahun,” kata Desainer UX, Michael Hembree. "Dia menciptakan perangkat Braille pertama dengan strip logam yang membentang di tengah setiap halaman yang akan dirasakan oleh jari."

1985- GUI pertama dirilis untuk Apple Macintosh

"Antarmuka pengguna grafis desktop dan mouse-driven Apple adalah hasil dari kunjungan terkenal ke Xerox PARC pada bulan Desember 1980."

1986- Istilah "Desain Pengalaman Pengguna" diciptakan

"Pengalaman pengguna didefinisikan sebagai jumlah total interaksi seseorang dengan produk, sistem, atau layanan tertentu."

Mengapa Desain UX Penting?

UX adalah aspek penting dari layanan online. Ini bergantung pada gagasan bahwa ketika sistem yang harus digunakan pengguna adalah intuitif dan mudah digunakan, itu adalah pengalaman yang lebih menyenangkan dan lebih memuaskan.

Langkah pertama untuk menyadari pentingnya desain UX adalah memahami apa itu UX. Pengalaman pengguna adalah keseluruhan perasaan atau persepsi produk yang Anda miliki selama interaksi Anda, yang didasarkan pada tiga komponen: desain, konten, dan fungsionalitas.

Desain adalah cara produk terlihat, terasa, dan terdengar. Konten adalah informasi atau dialog yang Anda temukan di sebuah situs. Fungsionalitas adalah fungsionalitas inti atau fitur bawaan yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna.

Pentingnya UX dalam Komunikasi

UX penting untuk web dan komunikasi. Untuk memahami bagaimana UX dapat ditingkatkan untuk komunikasi, berbagai bentuk komunikasi – apakah itu tertulis, verbal, atau visual – perlu diperiksa.

Ketika dunia menjadi lebih terhubung melalui internet, permintaan untuk penggunaan waktu yang efisien tumbuh. Banyak orang menginginkan informasi di ponsel atau komputer mereka sehingga mereka tidak perlu pergi ke perpustakaan atau ke rumah mereka untuk mengumpulkan informasi yang mereka butuhkan. Ini terutama berlaku bagi mereka yang memiliki rentang perhatian yang pendek.

UX untuk web telah ditingkatkan dalam berbagai cara, yang paling menonjol adalah antarmuka yang lebih bersih dan lebih mudah digunakan.

Bagaiaman cara menjadi Desainer UX?

Jika Anda tertarik untuk menjadi desainer UX, Anda harus memahami bahwa ini adalah seni dan sains. Gaya pribadi Anda akan menentukan karya desain UX apa yang paling Anda minati, jenis karya desain apa yang menurut Anda paling memuaskan, dan jenis karya desain apa yang paling sesuai dengan kepribadian, minat, dan keterampilan Anda .

Desainer UX memiliki berbagai latar belakang dan keterampilan yang berbeda, jadi penting untuk mengeksplorasi jenis pekerjaan yang ingin Anda lakukan sebelum lulus.

Desainer UX paling sering digunakan dalam desain dan pengembangan situs web, aplikasi, dan antarmuka digital lainnya untuk Internet dan sistem berbasis komputer.

Langkah-Langkah Kunci dalam Desain UX

Desain UX sering digabungkan dengan Desain secara keseluruhan, dan sayangnya didorong ke belakang karena sifatnya yang khusus.

Desainer UX memiliki banyak tanggung jawab, tetapi penting untuk mengetahui langkah-langkah kunci dalam desain UX agar dapat menguasainya.

1) Tentukan pengguna yang tepat.

2) Buat persona.

3) Melakukan uji kegunaan.

4) Desain untuk pengguna.

5) Buat kerangka gambar.

6) Membuat prototipe.

7) Ikuti proses.

8) Melakukan tes kegunaan.

9) Pastikan pengalaman desain mengarah ke tujuan bisnis.

10) Buat persona.

Ini adalah langkah-langkah kunci yang harus Anda lakukan

Bagikan postingan ini agar kamu gak pinter sendiri dan jika ini sangat bermanfaat beri tanggapan Anda di kolom komentar.

Post a Comment for "Mengenal Peran Desain User Experience (UX)"