Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Desain User Interface (UI)

tips desain

Pada artikel kali ini akan membahas tentang desain user interface atau biasa disebut Desain UI. Di dalam artikel akan ada pembahasan apa itu desain UI, sejarah singkat, tren UI dan lain-lain. Jadi langsung aja di baca artikel tentang desain UI dibawah ini.

Apa itu Desain UI?

Desain UI adalah salah satu aspek terpenting dari perangkat lunak berbasis web. Ini adalah tanggung jawab desainer UI web untuk membuat antarmuka yang ramah pengguna yang mudah dinavigasi dan menarik secara visual. Tujuan utama seorang desainer UI adalah untuk membuat tugas lebih cepat dan lebih mudah untuk diselesaikan. Ketika datang ke perangkat lunak berbasis web, penting bahwa semua jenis orang yang berbeda dapat melihat dan berinteraksi dengan situs web Anda tanpa kesulitan.

Sejarah Desain UI

Sejarah singkat desain UI:

Pesanan masuk pada tahun 1800-an membutuhkan rim kertas khusus dengan salinan karbon, tumpukan label tempel, dan banyak pekerjaan manual untuk memverifikasi informasi dan dokumen antar-jemput ke departemen lain.

Di masa lalu (1960-an), seorang penumpang mungkin telah menulis nama dan alamatnya hingga lima bagian formulir.

Bahkan menempatkan prangko pada amplop adalah urusan yang rumit, melibatkan tali, tiang, dan otot yang cukup untuk menariknya dari atas.

Sejak 1984, editor online telah menjadi alat penting untuk membuat konten web.

Tren UI dalam Desain

Ada banyak tren dalam desain UI yang diperhatikan oleh para desainer. Salah satunya adalah tren flat design. Gaya sederhana dengan hanya warna datar, tanpa gradien, dan satu-satunya bayangan berasal dari pencahayaan dalam desain. Desain datar bersih dan mudah dimengerti. Salah satu kelemahan desain datar adalah kurangnya kontras.

Desain skeuomorfik adalah tren di mana desainer membuat objek tampak serealistis mungkin. Desain Apple untuk kalkulator mereka adalah contoh yang bagus untuk ini. Saat mendesain dengan gaya ini, desainer suka menambahkan tekstur palsu, pencahayaan realistis, dan bayangan yang meniru kedalaman. Kelemahan dari gaya ini adalah mungkin sulit digunakan pada layar sentuh karena meniru tekstur.

Apa yang membuat UI Bagus?

Antarmuka pengguna adalah cara pengguna berinteraksi dengan perangkat. UI yang baik adalah yang memenuhi kebutuhan pengguna secara efisien. UI yang baik bisa minimalis yang memungkinkan pengguna menavigasi perangkat dengan cepat dan mudah. 

UI yang bagus juga bisa menyenangkan seperti ketika ada korsel atau tayangan slide gambar untuk digulir. Penguraian informasi dengan cara yang menyenangkan ini menarik bagi pengguna dan menyajikannya dengan informasi baru.

Kesalahan Umum dalam Desain UI

Desain UI selalu menjadi bidang yang penting, tetapi semakin penting dalam beberapa tahun terakhir dengan munculnya desain perangkat keras dan perangkat lunak.

Cara sebuah produk dirancang akan membentuk bagaimana orang bereaksi terhadapnya. Antarmuka harus intuitif dan melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Itu harus mudah dinavigasi dan tidak berantakan dengan item yang tidak relevan.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan umum dalam desain UI:

Teks terlalu kecil atau terlalu berdekatan, sehingga sulit dibaca

Antarmuka tidak bereaksi secara intuitif

Antarmuka tidak memberikan panduan yang cukup

Tata letaknya terlalu berantakan.

Pengguliran Jauh: Ini adalah saat situs web atau aplikasi secara otomatis menggulir ke bawah, membuat pengguna merasa seolah-olah membuang-buang waktu, dan bahwa konten terlalu penting untuk ditemukan sebelum pengguliran dimulai.

Contoh utamanya adalah di Google Maps - saat Anda menggulir ke bawah, bagian atas peta semakin jauh.

Cara Meningkatkan Desain UI Anda

Ada banyak cara untuk meningkatkan desain antarmuka. Anda dapat bekerja dengan beberapa tips, seperti membuat desain responsif, membangun informasi yang jelas dan ringkas, dan mendesain untuk pengguna.

Cara pertama untuk meningkatkan desain antarmuka pengguna adalah membuatnya responsif. Ini berarti bahwa tata letak situs harus menyesuaikan ketika pengguna mengubah ukuran jendela. Ini bisa berupa perubahan sederhana, seperti menyesuaikan lebar kolom atau membuat tombol yang lebih besar. 

Ini juga bisa menjadi perubahan yang lebih substansial, seperti memperluas bilah sisi untuk memudahkan menggulir teks. Idealnya desain harus membentang untuk mengisi semua 1920x1080 piksel, juga dikenal sebagai Full HD.

Cara kedua untuk meningkatkan desain antarmuka pengguna adalah dengan memasukkan informasi yang jelas dan ringkas

Cara ketiga yang harus dilakukan untuk meningkatkan desain UI Anda adalah memiliki tata letak yang bagus yang tidak terlalu berantakan. Ini karena semakin banyak kekacauan yang Anda miliki di layar, semakin sulit untuk membedakan setiap bagian dari UI.

Cara keempat yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa warna yang Anda gunakan tidak terlalu mirip satu sama lain. Ini berlaku terutama untuk ponsel di mana layarnya lebih kecil dan warna menggunakan lebih banyak rentang saat digunakan. Misalnya, dengan desain Windows 8 yang baru, Microsoft membuat ubin mereka lebih kecil untuk memungkinkan lebih banyak ruang untuk melihat dan mengetik.

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah apa yang penting harus ditampilkan. 

Sekian.

Kesimpulan

Desain UI yang sukses membutuhkan latihan dan kerja keras. Dengan belajar dari tips dalam artikel ini, Anda dapat meningkatkan keterampilan desain UI Anda. Terima kasih dan semoga bermanfaat

Post a Comment for "Mengenal Desain User Interface (UI)"