Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tips yang Dibutuhkan Untuk Pemula WordPress

tips dan trik

Bagi siapa pun yang menginginkan situs web e-commerce, WordPress adalah alat yang sangat baik untuk meluncurkan bisnis baru Anda. WordPress adalah program pembangunan situs web open source menggunakan PHP. Ini adalah salah satu cara termudah untuk menghasilkan situs web atau blog penghasil pendapatan profesional.

WordPress mungkin telah memulai sebagai platform blogging sederhana tetapi telah berkembang menjadi lebih banyak lagi. Dengan plugin dan widget fitur yang dapat Anda tambahkan ke situs Anda tidak terbatas. Tidak ada biaya untuk menggunakan WordPress. Anda dapat menginstalnya dan memodifikasinya sesering yang Anda pilih dan cukup mudah dipelajari.

Ratusan tema berbeda menyediakan berbagai desain yang dapat Anda pilih untuk situs web Anda. Beberapa tema gratis dan beberapa membutuhkan biaya. Meskipun WP tidak terlalu sulit digunakan ada beberapa hal yang harus diketahui pemula untuk membuat pengalaman mengalir lebih lancar.

Daftar Isi

1. Folder WordPress

Ketika Anda membuat situs WP Anda, Anda tidak menggunakan folder WordPress sehingga muncul di url Anda. Saya telah melihat situs yang melakukan ini dan berakhir dengan url seperti mysite.com/Wordpress. Instal WP di direktori utama Anda atau gunakan subdomain.

2. Plugin Overload 

Plugin adalah hal yang luar biasa. Mereka memiliki satu untuk segala sesuatu mulai dari mengubah ukuran dan warna font Anda hingga membagikan posting Anda ke akun media sosial Anda. Meskipun mereka adalah alat yang hebat untuk digunakan, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan terlalu banyak. 

Jika Anda melihat masalah di situs Anda setelah menginstal plugin baru, cukup nonaktifkan plugin dan lihat apakah itu memperbaiki masalah.

3. Posting dan Halaman 

Halaman dan posting berbeda dan harus diperlakukan seperti itu. Halaman statis yang berarti diperbaiki. Halaman menampilkan hal yang sama kepada setiap pengunjung karena informasi disematkan dalam kode HTML. 

Postingan bersifat dinamis yang berarti pengunjung dapat berinteraksi dengan konten dan dapat secara konsisten berubah. Halaman statis Anda harus seperti halaman web permanen - Tentang Kami, Kebijakan Privasi, yaitu, konten apa pun yang Ingin Anda tetap konstan.

4. Cadangkan Situs Anda

Jika Anda pernah mengalami hilangnya situs web, Anda tahu itu bukan pengalaman yang menyenangkan. Untuk mencegah hal ini terjadi pastikan untuk mencadangkan situs WP Anda secara teratur. 

Beberapa host akan menyediakan cadangan 24 jam situs Anda jika terjadi apa pun tetapi tidak semuanya menawarkan fitur tambahan itu. Jadi, jangan lupa untuk mencadangkan situs web Anda secara teratur. Ada layanan untuk ini atau plugin yang melakukan ini untuk Anda juga. Anda dapat mencari direktori plugin di wordpress.org dan menemukan ratusan opsi.

5. Gunakan Gambar

Menggunakan gambar berkualitas di posting Anda dan di halaman Anda dapat meningkatkan tingkat konversi Anda secara dramatis. Otak memproses gambar jauh lebih baik daripada teks sehingga mereka melakukan lebih banyak untuk produk / layanan Anda. Pastikan Anda menggunakan gambar secara legal dan selalu menambahkan teks alt. Ini akan membantu laba-laba mesin pencari melihat gambar.

6. Ingat Footer

Sayangnya banyak orang menghadap ke footer di bagian bawah halaman. Di sinilah Anda ingin menambahkan hak cipta dan/atau informasi bisnis Anda atau informasi atau tautan terkait lainnya.

 Pastikan untuk tetap up to date juga. Banyak orang akan menjadikannya titik untuk memeriksa footer untuk informasi dan untuk melihat apakah situs tersebut sudah diperbarui.

7. Cara Memilih Tema 

Memilih tema adalah bagian penting dari membangun situs web Anda jadi jangan menganggap enteng. Tema ini menyediakan desain dan tata letak situs Anda. Tentukan tujuan bisnis Anda dan apa yang Anda butuhkan untuk dilakukan situs web Anda untuk bisnis Anda. 

Teliti setiap tema secara menyeluruh untuk melihat apakah itu akan memberikan apa yang Anda butuhkan. Pastikan untuk melihat apakah tema menyediakan dukungan. Cobalah tema dan lihat apakah itu "cocok" dengan situs dan konten Anda. Luangkan waktu yang diperlukan untuk memilih tema yang tepat. Jika Anda mengetahui nanti tema yang Anda pilih tidak berfungsi, jangan khawatir, mereka dapat dengan mudah diubah.

8. Permalink yang disesuaikan 

Permalinks adalah url yang diberikan ke posting Anda oleh WordPress. Permalink default bisa jelek atau sangat panjang tergantung pada judul posting Anda. Anda dapat mengubah struktur permalink dengan masuk ke Pengaturan>Permalinks. Anda dapat memilih salah satu opsi yang mereka miliki atau Anda bisa mengkustomisasi tautan Anda.

9. Optimasi Berbagi Sosial 

Media sosial harus memainkan bagian integral dari situs web Anda. Ada banyak opsi untuk plugin berbagi sosial sehingga setiap kali Anda memposting, itu akan dibagikan dengan pengikut media sosial Anda. Ada juga plugin yang akan memungkinkan pengunjung Anda untuk dengan mudah membagikan konten Anda di halaman sosial mereka. Pastikan untuk menggunakan plugin ini untuk keuntungan Anda.

10. Perbarui WordPress dan Plugin 

WordPress dan plugin yang terkait dengannya terus diubah dan direvisi. Anda perlu mengikuti pembaruan ini dan selalu periksa untuk melihat apakah pembaruan tersedia. 

Jika Anda tidak up to date kemungkinan situs Anda diretas bisa meningkat. Ini juga dapat menyebabkan masalah dengan interaksi antara plugin dan fitur lama dan baru. Pembaruan sesederhana klik mouse. Periksa tombol Perbarui Tersedia di samping plugin Anda atau di bagian atas dasbor admin Anda.

Jadi itulah 10 tips yang diperlukan untuk pemula yang inging menggunakan wordpress sabagai platform blogging atau bisnis Anda nantinya, jika ada belum dimengerti silahkan ditanyakan aja dengan cara menulis dikolom komentar. 

Dan jika ada saran atau masukan untuk tips wordpress silahkan ditulis juga, mari saling berbagi ilmu biar bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Post a comment for " 10 Tips yang Dibutuhkan Untuk Pemula WordPress"