Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghasilkan Uang dengan Blog: 5 Langkah Untuk Memulai

tips dan trik

Mencoba mencari tahu cara menghasilkan uang dengan blog tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Memulai itu mudah setelah Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Apakah mungkin untuk menghasilkan uang dengan blog? Ya! Ribuan blogger di seluruh dunia mengoceh uang tunai dari situs web mereka. Komunitas online yang menghasilkan uang terus bertambah setiap harinya.

Panduan ini tidak menjamin bahwa Anda akan menjadi kaya, tetapi itu akan membantu menempatkan Anda ke arah yang benar. Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah dan mempraktekkannya lansung dibawa ini.

Sebelum kita mulai, Anda akan membutuhkan situs web. Anda dapat menggunakan pembuat situs apa pun yang Anda suka seperti blogger atau wordpress.

Selesai membangun situs web Anda? Ayo kita mulai!

Membangun dan Menulis Konten Anda

Menulis dan membuat konten akan sangat penting ke depannya. Konten akan membantu Anda memberi peringkat di mesin pencari dan mendapatkan pembaca. Tanpa konten, situs Anda tidak akan menerima pengunjung. Tidak ada jalan melewati ini. Tidak ada konten = tidak ada tampilan!

Idealnya, Anda akan ingin memulai situs web Anda dengan beberapa halaman sederhana termasuk halaman tentang saya. Lebih baik menulis sekitar 500 kata di halaman ini. Ini akan menjadi garis besar umum situs Anda. Jangan lupa untuk menambahkan halaman ini ke menu utama Anda setelah selesai.

Saat menulis konten, pastikan untuk menggunakan pemformatan dan tata bahasa yang tepat. Anda harus memecah posting panjang menjadi beberapa paragraf pendek. Sebagian besar pembaca di internet menelusuri posting blog saat ini, jadi menambahkan konten dan gambar pendukung ke dalam posting Anda akan membantu menjaga pembaca di situs Anda.

Bagaimana Cara Meningkatkan Konten Anda?

Anda dapat meningkatkan konten Anda dengan berlatih dan menulis lebih banyak posting! Untuk praktik tambahan, Anda juga dapat memposting di forum dan media sosial, terlibat dalam blogging tamu, mengomentari blog lain, dan menulis cerpen. Terus bekerja pada tulisan Anda setiap hari. Konten Anda pada akhirnya akan menjadi lebih alami dari waktu ke waktu saat Anda berlatih.

Frekuensi Postingan

Tergantung pada niche Anda, itu sekitar 1-3 posting per minggu. Ada sedikit bukti yang menunjukkan sering memposting akan secara signifikan meningkatkan peringkat mesin pencari Anda. Namun, tetap berpegang pada jadwal posting yang konsisten akan memastikan Anda memproduksi banyak konten yang akan meningkatkan otoritas Anda di mesin pencari.

Panjang Postingan

Anda harus membidik sekitar 500-2000+ kata sebagai aturan umum praktis. Tidak masalah berapa lama posting Anda jika konten Anda menarik dan menarik. Ini juga akan tergantung pada jenis situs web yang Anda miliki. 

Beberapa bisa lolos dengan panjang pos minimal sementara yang lain mungkin perlu lebih lama untuk menyampaikan semua ide mereka. Anda juga dapat melihat situs pesaing yang peringkatnya tinggi di Google dan mempelajari panjang kontennya untuk ide.

Ini membungkus langkah pertama. Tidak banyak yang lain tetapi terus mengisi situs Anda dengan lebih banyak konten. Banyak orang dan perusahaan akan menawarkan pintasan "rahasia" untuk lalu lintas yang cepat dan mudah, tetapi tidak ada jalan pintas di sekitar pembuatan konten.

Menemukan Lalu Lintas

Setelah Anda selesai membuat konten, mendapatkan lalu lintas akan menjadi langkah Anda berikutnya. Lalu lintas bisa berasal dari mesin pencari, media sosial, iklan berbayar, dan forum.

Bagaimana Peringkat di Mesin Pencari?

Mesin pencari bekerja dengan memberi peringkat situs web Anda berdasarkan "kata kunci" tertentu dalam konten Anda. Katakanlah Anda mencoba menjual sepasang sepatu Nike dan menulis ulasan terperinci tentang rilis terbaru. Jika seseorang melakukan pencarian Google untuk "sepatu Nike" dan Google mengambil blog dengan kata kunci tertentu, maka situs web itu bisa berakhir menerima lalu lintas.

Satu kelemahan dengan mesin pencari adalah kenyataan bahwa mereka membuatnya sulit bagi pemula untuk mendapatkan lalu lintas. Mungkin ada ribuan halaman peringkat di atas Anda untuk istilah yang sama. 

Untuk alasan ini, itu bisa memakan waktu berbulan-bulan sebelum situs web Anda mulai melihat lalu lintas mesin pencari. Jangan biarkan ini menyurutkan semangatmu. Terus posting konten yang sangat baik, dan mesin pencari akhirnya akan datang dengan cara Anda. "Jika Anda membangunnya, mereka akan datang."

Bagaimana Cara Mendapatkan Traffic dari Media Sosial?

Media sosial telah menjadi semakin populer selama bertahun-tahun. Bahkan merek terbesar sekarang menggunakannya untuk upaya pemasaran mereka. Ketika memulai dengan mempromosikan merek Anda di media sosial, lebih baik menggunakan hanya satu jaringan dan mempelajari sejumlah dan keluarnya sebelum pindah ke jaringan berikutnya. 

Ini akan mencegah anda dari kewalahan. Anda juga harus berusaha untuk memposting lebih dari sekadar tautan ke blog Anda di posting media sosial. Ini akan membantu membangun kehadiran sosial Anda dan mendapatkan pengikut.

Apakah Iklan Berbayar Sepadan?

Iklan berbayar adalah cara yang sangat baik untuk membuat situs web Anda diperhatikan dalam waktu singkat, tetapi itu datang dengan kelemahan tertentu. Sebagian besar jaringan iklan akan beroperasi berdasarkan BPK (biaya per klik). Biayanya bisa hingga $ 5 atau lebih per klik tergantung pada jenis blog yang Anda jalankan. 

Jika Anda baru di dunia blogging, maka Anda mungkin tidak akan dapat membuat pengembalian investasi Anda. Ini terutama karena kurangnya konten dan kurangnya apa pun untuk dijual atau dimonetisasi.

Pertama, lebih baik tetap dengan lalu lintas organik untuk saat ini dan perlahan-lahan naik ke dunia periklanan berbayar begitu situs Anda mulai menghasilkan pendapatan. Jika Anda memiliki uang, maka mungkin ada baiknya mempromosikan situs baru Anda dengan iklan. Pastikan orang akan tertarik dengan konten Anda sebelum menghabiskan uang untuk itu.

Beberapa metode lama untuk mendapatkan lalu lintas termasuk memposting di forum dengan tautan blog Anda di tanda tangan Anda dan mengirimkan blog Anda ke direktori. Metode-metode ini telah menurun popularitasnya selama bertahun-tahun dan untuk alasan yang baik. 

Mesin pencari lebih menekankan pada backlink atau tautan ke situs Anda dari situs web lain, karena orang-orang yang mencoba untuk bermain sistem. Tidak semua backlink buruk, tetapi mereka tidak lagi menjadi cara yang dijamin untuk mendapatkan lalu lintas dengan cepat. Mungkin ada baiknya mengirimkan blog Anda ke beberapa direktori yang lebih tua dan terorganisir dengan baik.

Blogging tamu masih merupakan cara yang bagus untuk membawa pembaca ke situs Anda. Blogging tamu terdiri dari menjangkau sesama blogger dan menawarkan untuk menulis konten untuk situs web mereka. 

Mereka biasanya akan memungkinkan Anda untuk menambahkan tautan ke situs Anda yang akan membawa lalu lintas. Ini adalah sesuatu yang harus Anda pertimbangkan, terutama jika Anda baru dan baru memulai.

Memonetisasi Situs Web Anda

Sebagian besar pemula memilih untuk menggunakan Adsense saat memulai situs web mereka. Adsense bekerja dengan menempatkan gambar dan tautan di situs Anda atau melalui kode yang dihasilkan dan membayar Anda setiap kali seseorang mengklik salah satu iklan. Pembayaran rata-rata per klik biasanya sekitar satu hingga lima sen.

Saat memulai, jangan terburu-buru menempatkan iklan dan tautan afiliasi di seluruh situs Anda. Ini tidak akan masalah sejak dini karena Anda tidak akan memiliki banyak pembaca pula. Cobalah untuk menulis sejumlah konten yang layak dan dapatkan pengunjung terlebih dahulu. Anda dapat melanjutkan untuk memonetisasi situs Anda setelah Anda memiliki audiens yang layak.

Menuliskan Tujuan Anda dan Menemukan Alasan untuk Menyelesaikannya

Membangun blog dan menemukan pembaca tidaklah mudah. Ini bisa memakan waktu berbulan-bulan, dan kadang-kadang bahkan bertahun-tahun, sebelum situs web mulai mendapatkan lalu lintas yang cukup untuk monetisasi. Lalu lintas tidak datang dalam semalam atau kecuali Anda berhasil mencapai jackpot, jadi Anda harus tetap konsisten dalam upaya blog Anda.

Blogging tidak semudah yang mungkin muncul. Akan datang saat-saat ketika Anda tidak akan merasa termotivasi dan bahkan mungkin ingin berhenti. Ini dapat diselesaikan dengan menetapkan tujuan yang realistis dan membantu.

Ketika menetapkan tujuan, jangan pergi untuk khas "Saya ingin menjadi jutawan dalam 3 bulan." Tuliskan tujuan yang realistis dan tetap sederhana. Anda juga akan menginginkan lebih dari satu atau dua tujuan utama. Anda harus memiliki banyak tujuan yang lebih kecil untuk membantu mencapai tujuan besar.

Misalnya, apa yang terdengar lebih baik?

1. Tujuan saya adalah membangun blog besar

2. Tujuan saya adalah untuk membangun pengikut yang setia, mendapatkan pendapatan, berhenti dari pekerjaan saya, menjalani kehidupan yang lebih baik, dan meningkatkan kesehatan saya

Kebanyakan orang mungkin akan memilih nomor dua. Memiliki alasan untuk menyelesaikan tujuan utama Anda adalah akan membantu Membuat Anda termotivasi dalam jangka panjang. Setelah tujuan Anda ditulis, yang perlu Anda lakukan adalah menyelesaikannya.

Lihatlah setiap gol kecil yang Anda selesaikan sebagai kemenangan besar karena semua gol ini akan menambah satu tujuan / impian besar Anda.

Berikut adalah contoh template yang dapat Anda ikuti dan ubah sesuai keinginan Anda.

Tujuan minggu 1: Buat blog, buat halaman pertama saya, buat tentang saya, temukan tema hebat, dan cari tahu metode monetisasi utama saya

Tujuan minggu 2: Tulis dua posting blog dan terapkan metode monetisasi saya

Tujuan minggu 3: Tulis dua posting blog lagi, terus belajar tentang menghasilkan uang secara online, dan meningkatkan tata letak situs saya

Tujuan minggu ke-4: Buka halaman media sosial untuk blog saya, tulis dua posting blog lagi, dan posting di media sosial

Dan sebagainya...

Saya juga akan merekomendasikan menetapkan beberapa tujuan jangka panjang. Buat mereka tetap realistis, tetapi Anda bisa sedikit berlebihan untuk motivasi ekstra. Tujuan ini dapat mencakup hal-hal seperti jumlah uang yang ingin Anda peroleh, hal-hal besar yang ingin Anda capai, tonggak lalu lintas, dan meningkatkan gaya hidup Anda.

Menemukan Pelatihan

Penting untuk terus mendidik diri Anda di niche dan metode pemasaran online Anda saat Anda terus maju. Bayangkan berapa banyak Anda dapat belajar jika Anda menyisihkan satu atau dua jam setiap hari untuk mempelajari niche Anda.

Anda dapat menemukan banyak artikel di internet. Dalam hal ini, Anda tidak perlu membayar materi pendidikan. Selain itu, kadang-kadang mereka lebih berguna daripada kursus berbayar.

Kesimpulan

Ada banyak pekerjaan dan pengetahuan yang harus dimasukkan ke dalam membangun situs web, apalagi menghasilkan uang dari itu. Jangan berkecil hati jika Anda merasa bingung atau tersesat. Anda akan dapat mendorong melewati tujuan Anda selama Anda terus bergerak maju dan jangan menyerah.

Post a Comment for " Cara Menghasilkan Uang dengan Blog: 5 Langkah Untuk Memulai"