Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Tips SEO Blogspot Untuk Blogger

SEO

Blogspot adalah sub domain yang digunakan oleh Blogger.com. Ini tidak lain adalah platform yang memungkinkan Anda membuat blog Anda sendiri secara gratis. Ya, itu benar. Anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk menjadi blogger di Blogspot. 

Meskipun sangat cocok untuk pemula dan pelajar baru, Blogspot memang datang dengan seperangkat keterbatasannya sendiri. Ini adalah alasan mengapa WordPress telah mendapatkan popularitas di antara massa. 

Tips Meningkatkan SEO Blogspot

Namun, sebagian besar blogger pemula masih menggunakan BlogSpot untuk membuat konten. Blog ini memberikan wawasan berharga tentang bagaimana SEO dapat digunakan untuk lebih baik peringkat blog Anda di platform ini. 

1. Domain Kustom

Singkirkan domain BlogSpot dan dapatkan nama domain anda sendiri yang disesuaikan untuk peningkatan peringkat SEO. Ini harus menjadi langkah pertama ketika Anda membuat blog Anda sendiri. Ini akan membantu Anda membuat situs web yang akan membantu blog Anda menetapkan identitas uniknya sendiri. Anda harus membeli nama domain untuk dapat menyiapkannya di BlogSpot. 

2. URL Link posting

Permalink, yang berarti tautan permanen yang akan ditunjuk untuk mendaratkan pembaca di posting Anda, memainkan peran penting dalam seberapa baik peringkat posting Anda. Beberapa aturan sederhana yang perlu diingat saat menyelesaikan permalink BlogSpot Anda adalah:

Jangan melebihi 50 karakter dalam judul Anda

Jangan sertakan kata-kata berhenti seperti a, an atau di permalink Anda

Penghapusan kata berhenti dapat dengan mudah dilakukan saat mengedit permalink. Yang terbaik adalah menggunakan kata kunci dalam permalink Anda tanpa membuatnya terlihat terlalu membutuhkan. 

3. Optimasi Kata Kunci

Mempertahankan kepadatan kata kunci di blog Anda sangat penting untuk mencapai peringkat blog yang baik. Penggunaan kata kunci yang lebih sedikit akan menghasilkan peringkat yang lebih rendah untuk blog Anda. 

Di sisi lain, jika Anda memasukkan blog Anda dengan terlalu banyak kata kunci, itu bisa terlihat seperti posting spam. Pertahankan rasio sehat sekitar 2% kata kunci per posting. Pastikan Anda hanya menyertakan kata kunci yang diperlukan yang sesuai dengan judul postingan blog Anda. 

Setelah Anda selesai menulis posting Anda, pergi melaluinya sekali untuk melihat di mana Anda dapat memasukkan kata kunci yang relevan. Anda bahkan dapat menggunakan alat pengoptimalan konten seperti copywritely. 

4. Label BlogSpot

Label berkontribusi luar biasa terhadap kepadatan kata kunci posting blog Anda. Misalnya, jika Anda menulis tentang android dan Anda menggunakan "perangkat lunak" atau "teknologi" sebagai label Anda, Anda ketinggalan menggunakan kata kunci seperti "teknologi android" atau "teknologi seluler android". Posting terkait juga terpengaruh oleh label di BloggerSpot. Oleh karena itu, jangan memiliki label yang sama untuk beberapa posting serupa. 

5. Pemformatan Judul Posting Blogger

Sejauh menyangkut BlogSpot, judul blog Anda akan memainkan peran utama dalam mengumpulkan perhatian yang sangat dibutuhkan dari pembaca. Untuk memastikan bahwa blog Anda berada di peringkat yang baik dalam hasil pencarian, Anda harus memastikan bahwa itu ramah SEO. 

Lakukan penelitian kata kunci, persempit kata kunci utama dan sertakan dalam judul posting Anda. Cobalah mempertahankan kata kunci utama sebagai kata pertama dalam posting judul Anda karena di situlah mesin pencari terlihat. 

6. Format Gambar

Setelah judul posting blog diurus, langkah selanjutnya adalah memastikan Optimasi Gambar. Ini dapat dilakukan dengan memastikan bahwa semua gambar yang Anda posting di blog Anda memiliki tag alt dan tag judul. Platform blogging lain seperti WordPress menggunakan plugin untuk mencapai ini. Namun, saat menggunakan BlogSpot, Anda harus melakukan ini secara manual. Setelah Anda mengunggah gambar Anda, unggah tag secara manual untuk masing-masing gambar untuk tujuan SEO. 

7. Tambahkan Meta Tags

Meta tags, dengan kata-kata sederhana, adalah cuplikan yang digunakan untuk menggambarkan konten postingan. Mereka adalah tag HTML yang meminta mesin pencari untuk mengidentifikasi berbagai detail, seperti judul dan deskripsi, untuk URL. Tag meta muncul di kode sumber halaman dan terutama deskripsi kecil yang memberi tahu mesin pencari tentang halaman web. 

Kata kunci utama harus disisipkan tidak hanya judul posting, tetapi juga deskripsi dan teks footernya. Ini membantu dalam meningkatkan peringkat mesin pencari untuk posting blog. 

8. Tautan Nofollow

Tautan yang memiliki tag HTML mereka sebagai rel ="nofollow" disebut sebagai tautan Nofollow. Menambahkan tag ini cukup memberi tahu mesin pencari bahwa mereka harus mengabaikan tautan tertentu. Tautan ini paling tidak mungkin memengaruhi peringkat pada mesin pencari karena dihilangkan dari melewati PageRank. Nofollow mencegah tautan eksternal berdampak pada kualitas pos serta peringkat mesin pencarinya. 

9. Komentar di Post

Blog Anda kemungkinan akan menerima komentar dari pembaca. Untuk mencegah komentar spam, penting bagi Anda untuk menandai bagian komentar Anda sebagai "nofollow". Saat membalas komentar di posting Anda, cobalah dan gunakan kata kunci yang telah Anda gunakan di blog Anda. Kata kunci yang disertakan dalam tanggapan Anda akan dihitung dalam kepadatan kata kunci total posting blog Anda. 

Kesimpulan

BlogSpot, meskipun keterbatasannya terus menjadi pilihan pilihan banyak pengguna yang ingin memulai blog mereka sendiri. Sangat mudah digunakan dan benar-benar gratis. 

Menjadi platform blogging Google, ia menawarkan penggunanya kepercayaan dan kemudahan untuk membuat konten tanpa harus khawatir menjadi pemula di dunia blogging. Jika Anda mendapatkan dasar-dasar Anda dengan BlogSpot dengan benar, Anda harus dapat menghasilkan sejumlah lalu lintas yang baik untuk blog Anda. 

Setelah Anda memiliki cukup pengalaman dengan blogging, Anda dapat beralih ke platform yang lebih kompleks seperti WordPress.

Itulah 9 tips seo blogspot untuk platform blogger, jadi bagi Anda yang baru memulai blogging harus memperhatikan tips ini biar kedepannya lebih bagus dan tinggal dikembangkan lagi dengan memasang backlink yang berkualitas.

Jika ada saran dan pertanyaan silahkan tulis saja dikolom komentar, mimin siap membantu sebisanya aja. Terima kasih.

Post a comment for "9 Tips SEO Blogspot Untuk Blogger"