Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Elemen Penting Untuk Membuat Logo Anda Menonjol di Era Digital

logo design

Logo bukan hanya gambar yang duduk di sudut situs web Anda. Ini adalah duta merek Anda. Sebagai hal pertama yang dilihat konsumen, logo Anda perlu membuat kesan besar tentang siapa Anda. 

Bahkan, logo yang baik memiliki kekuatan untuk menyampaikan nilai-nilai perusahaan Anda, menciptakan identitas merek yang ikonik, dan membangun kepercayaan pada merek Anda.

Bisakah logo Anda melakukan semua itu?

Jika logo Anda tidak menyampaikan pesan yang tepat, maka saatnya untuk menekan papan gambar. Anda perlu membuat logo sukses yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda. 

Blog ini akan memberi tahu Anda semua praktik terbaik yang perlu Anda ketahui tentang desain logo. Apakah Anda memulai petualangan ini sendiri atau memutuskan untuk menyewa perusahaan desain logo untuk menyelesaikan pekerjaan, Anda harus memiliki informasi yang memadai tentang semua aspek penting yang harus dimiliki logo Anda.

Berikut adalah beberapa elemen penting dari desain yang dapat berdampak signifikan pada logo Anda di era digital

1. Buatlah berkesan

Bahkan tanpa nama perusahaan, mengapa semua logo ini begitu berkesan? Nah, itu karena apa yang diwakili logo lebih penting daripada seperti apa bentuknya. 

Menurut Paul Rand, logo memegang nilai hanya berdasarkan asosiasi dengan produk, layanan, atau bisnis.

Jadi, sebelum Anda bahkan mulai menyempurnakan logo Anda, pastikan merek Anda menawarkan produk atau layanan spektakuler yang akan selalu dikaitkan dengannya. Setelah itu, logo Anda akan memperoleh makna dan kegunaannya.

2. Kesederhanaan adalah kuncinya

Kesederhanaan cukup terkait erat dengan seberapa mudah logo dikenali dan mudah diingat. Bahkan, logo sederhana seringkali lebih efektif dalam menyampaikan pesan merek. Ini termasuk beberapa aspek, dari huruf hingga jaraknya. Jadi, bahkan jika Anda melaju melewati papan nama di jalan raya, Anda akan dapat melihat dan memahami ikon sederhana. 

Dari contoh di atas, mudah untuk melihat bagaimana setiap logo menawarkan sesuatu yang unik tanpa overdrawn.

3. Jadilah kreatif

Nike tidak menjadi terkenal dengan mencetak gambar sepatu di sepatu mereka, juga tidak membuat logo mobil. Jadi, meskipun logo Anda tidak harus menggambarkan bisnis Anda, Anda dapat menggunakan berbagai aspek desain untuk memengaruhinya. 

Dan karena banyaknya bisnis yang tersedia di ruang digital, desain Anda harus unik dalam segala hal. Jadi tidak apa-apa untuk terinspirasi oleh logo lain. Tetapi tantangannya adalah menemukan cara untuk mencapai sasaran serta menonjol dari yang lain. 

Lebih penting lagi, itu harus khas, berkesan, dan jelas. Bermain-main dengan bentuk, tipografi, warna, dll. Sebelum menetap di logo yang secara akurat mewakili merek Anda dan berhubungan dengan audiens Anda.

4. Menemukan kembali ruang negatif

Menggunakan ruang negatif adalah cara yang bagus untuk menambahkan keunikan pada logo Anda dan mengesankan konsumen. Bahkan, kebanyakan orang menganggapnya sebagai menghirup udara segar. Tapi ingatlah untuk menjadi halus. 

Perhatikan bagaimana merek di atas menjadi kreatif dengan ruang negatif dalam gambar atau huruf untuk membuat gambar yang sama sekali baru. Lebih penting lagi, mereka telah dengan bijaksana menggunakan ruang negatif untuk menggambarkan apa merek mereka.

5. Tambahkan arti pada logo Anda

Logo umumnya memiliki cerita atau pesan tersembunyi di belakangnya. Panah dalam logo FedEx menandakan pengiriman sementara Baskin Robbins mengiklankan 31 rasanya. Demikian pula, logo Anda harus memiliki arti atau tujuan.

Lebih penting lagi, setiap aspek desain logo, dari warna hingga teks, harus memiliki penampilan yang kuat dan seimbang. 

6. Manfaatkan skema warna yang sesuai

Warna memiliki dampak signifikan pada desain branding dan logo. Ini adalah elemen penting yang tidak boleh diremehkan atau diabaikan. Warna sangat subjektif dan emosional, tetapi mereka memiliki potensi untuk mengembangkan dan memperkuat pesan inti atau suasana hati yang dimaksudkan bahwa merek mencoba untuk berkomunikasi. 

Jika Anda berencana memasukkan warna ke dalam logo Anda, jangan gunakan lebih dari tiga warna. Pastikan untuk mengoordinasikan kombinasi warna agar logo Anda terlihat tajam. Namun, warna harus saling melengkapi serta menarik perhatian orang tersebut. 

Sebelum memilih skema warna, pahami psikologi yang mendasari setiap warna. Misalnya, biru melambangkan kepercayaan dan keunggulan dalam logo IKEA, sedangkan kuning singkatan dari kebahagiaan, imajinasi, dan energi.

7. Jaga agar logo tetap selaras dengan misi inti bisnis

Logo yang Anda desain harus sesuai untuk audiens yang dituju dan kepribadian merek Anda. Misalnya, WWF (The World Wide Fund) menggunakan gambar panda raksasa sebagai simbol komitmen mereka untuk melindungi satwa liar dan ruang liar, logo Amazon mewakili pesan bahwa ia menjual semuanya dari A hingga Z (panah menghubungkan dua huruf, dan font Seperti anak-anak Toys R Us sesuai untuk toko mainan.

8. Terapkan fleksibilitas

Fokus awal adalah pada konsep dan bentuk daripada warna. Itulah salah satu alasan mengapa proses desain dimulai dengan warna hitam dan putih. Ini memastikan bahwa logo akan efektif dalam bentuk paling sederhana. Pastikan logo Anda berfungsi dengan baik di latar belakang apa pun.

Logo yang efektif akan berfungsi di segala jenis media dan aplikasi. Selain itu, harus cukup fleksibel untuk dicetak di berbagai media lain, seperti kartu nama, alat tulis, topi, barang promosi, spanduk, papan iklan, dll. Menggunakan desain vektor akan membantu memberikan fleksibilitas tertinggi.

9. Era logo berukuran saku

Sebelumnya, logo awalnya dirancang untuk dicetak. Tapi sekarang, mereka mulai jauh lebih kecil - yaitu, untuk layar. Logo harus dirancang agar dapat diskalakan dengan mudah. Logo yang berhasil adalah logo yang cukup fleksibel agar pas di mana saja. 

10. Abadi adalah tren

Coca Cola dan McDonald's adalah beberapa lambang paling populer dalam sejarah modern. Mereka telah berubah sangat sedikit, namun tetap saja, merasa segar dan bersemangat. Selain itu, mereka tetap dikenali bahkan beberapa dekade setelah mereka dirancang. Bertujuan untuk membuat logo abadi yang akan bertahan dalam ujian waktu.

Post a Comment for " 10 Elemen Penting Untuk Membuat Logo Anda Menonjol di Era Digital"