Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Blogging For Newbie Oleh Suryani Palamui

blogger

FIKAL.MY.ID | WAJO - Jumat 22 Februari 2019, Dilo Makassar melakukan kegiatan workshop dengan tema Blogging For Newbie Oleh Suryani Palamui.

Kegiatan dihadiri beberapa peserta khususnya ingin baru mau membuat dan mengenal blog, isitilahnya kalau di dunia maya itu adalah Newbie. Saya menghadiri kegiatan ini hanya untuk menambah teman dan sharing ilmu yang saya tau, meskpiun judulnya kegiatan ini hanya difokuskan untuk newbie saja.

Kegiatan ini dilaksanakan di Makassar Digital Valley Jl. AP Pettarani No.13. dari Pukul 15.00 - 17.00 WITA.

Saya telat beberapa menit, dikarenakan macet dijalan, kita ketahui bahwa di Makassar memang sering macet, jadi saya maklumi saja, Sampainya disana kegiatan sudah mulai dan perkenalan pun sudah dilakukan setiap orang.

Saya pun gak sempat memperkenalkan diri, materinya pun dimulai langsung oleh Kak Suryani.

Sepertinya saya katakan bahwa  materi ini dikhususkan memang untuk orang yang baru mengenal blog, disini mengshare apa yang saya dapat dari Worskhop " Blogging For Newbie" secara rinci.

 jadi materi yang dibahas pertama yaitu,

Apa itu Blog?




Blog merupakan singkatan dari web log, adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.

Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.

Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari sipengguna blog.

pembahasan ini saya ambil langsung dari kak Suryani. jadi teman - teman yang belum tau apa itu blog silahkan dibaca diatas.


Selanjutnya adalah

Apa Motivasi Memiliki Blog?


“Blogging helps me to be a better writer, spread a good
value, and inspire people to do good things.”

Arry Rahmawan, Penulis buku Studentpreneur

“Blog is my portfolio. Saya hanya menjual cerita dari berbagai
‘cerita’ dari berbagai project yang kami tangani di blog saya.
Dari ‘cerita’ ini banyak klien yang saya dapat.”

Yoris Sebastian, Penulis buku Creative Junkies

“Secara bisnis saya mendapatkan leads atau prospek dari
pembaca blog. Personal branding pun naik; Kita jadi dipercaya
dan dianggap kredibel. Bahkan berawal dari blog ini lahir
komunitas TDA.”

Roni Yuzirman, Founder Komunitas TDA



seperti kata-kata diatas merupakan kata-kata motivasi untuk blog, jadi teman-teman harus memilik motivasi untu ngeblog jadi bukan sekedar membuat blog saja Anda harus punya motivasi biar ngeblog lebih semangat lagi heheh.

kemudian yang dibahas Adalah

Amati Blog yang Terbaik

Nah disini juga diasarankan juga untuk mengamati blog yang terbaik menurut teman-teman, agar teman- teman lebih paham kenapa blognya seperti ini, dan siapa tau juga blog yang Anda amati bisa jadi inspirasi teman-teman, salah satu blog terbaik adalah blog Raditya Adika.


 Memilih Platfrom Blog


Ini sangat penting sebagai pondasi awal untuk membangun sebuah blog, jadi platform blog yang disediakan adalah antara lain,

Blogspot
Wordpress
Tumblr

teman-teman bisa pilih salah satunya diatas sesuai kesukaan Anda, tapi saya sarankan untuk masih awal pake blogspot aja, saya aja masih pake blogspot sampai sekatang, kenapa? karena saya rasa blogspot lebih mudah, kalau wordpress sendiri mudah juga sih tapi dia memakai hosting lagi, jadi butuh biaya, untuk lebih jelasnya teman-teman bisa search di google aja heheh.



Memilih Template Blog


www.protemplateslab.com
www.gooyaabitemplates.com
www.templateism.com
www.soratemplates.com
www.seobloggertemplate.com
www.mastemplate.com
www.themexpose.com

kemudian ketika Anda sudah memilih platform blog, selanjutnya teman-teman meilih template sesuai keinginan teman-teman, dan penyedia template sudah disediakan diatas berserta linknya, jadi teman-teman tinggal cari saja.

Menulis Kreatif  di Blog

Selanjutnya adalah menulis kreatif blog, maksudnya adalah kita harus memulai membuat sebuah artikel untuk diposting di blog kita, Apa yang harus ditulis? terserah teman-teman mau menulis apa, asalkan ada elemen-elemen dibawah ini :

Judul Postingan
Paragraf Pertama
Isi Blog
Penutup Blog

Jadi jika ingin menulis disarankan memenuhi elemen diatas.

Terakhir adalah Blogwalking

blogwalking itu apa? blogwaling adalah jalan-jalan ke blog orang lain atau mengunjungi blog milik orang dan mengomentari setiap kali kita berkunjung agar blog kita dikunjung balik apa ada komentar dan komentar itu harus yang positif.

Jadi, itulah pembahasan mengenail "Blogging For Newbie" yang saya dapat, semoga artikel ini bermanfaat khususnya untuk pemula, jika ada saran dan masukan silahkan dikomen aja dibawah, Terimah kasih

Jika ingin berkunjung ke blog Kak Suryani, alamat blog adalah https://suryanipalamui.com/

10 comments for "Blogging For Newbie Oleh Suryani Palamui"

  1. happy blogging kakak.. sudilah berkunjung ke blog newbie saya juga. saling kunjungi mengunjungi dalam kebaikan.. *tsah

    ReplyDelete
  2. Wih yani ada pemateri mi. Keren tawwa. Sudah lama tidak ketemu dia, malah sudah semakin berkembang. Betul itu bro, blogging itu menyenangkan selain asah kemampuan nulis juga bisa menumbuhkan relasi yang lebih luas lagi, begitu juga punya peluang untuk membuka usaha bisnis. Pokoknya banyak sekali mi. Kalau ketemu Yani lagi,s ampaikan pesan ku ke dia nah.

    ReplyDelete
  3. Kegiatn Dilo mmg keren2. Jadi ingat wktu ke Dilo smpat ikut kegiatanx satu hari tentang coding untuk web, asli bingung krn ga punya basic, untung teman baru yg duduk di sebelah, humble bgt menjelaskan.
    Klo main di blog, aku masih newbie bgt, makasih ya atas sharing kegiatannya ttg blog newbie.

    ReplyDelete
  4. Tulisannya rapi. Welcome to the interesting world - BLOGGING. In syaa Allah akan betah di dunia ini :)

    ReplyDelete
  5. Mantap. Pling tidak blogger2 yang ada di Makassar tak kalah dengan yang ada diluar soal konten dan konsistensi isi blog nya. Hehe. Majuki blogger Makassar.

    ReplyDelete
  6. Aku juga newbie kak. Salam kenal yah! Semoga bisa sama2 produktif dalam ngeblog.

    ReplyDelete
  7. Totally , Agree with this..Blogging helps me to be a better writer, spread a good
    value, and inspire people to do good things.” saya juga dapat infonya ini, mau skli datang tapi bertepatan dengan kegiatan ,,baca blog inj, Insya Allah sudah dapat point2 Intinya. .Keep blogging. .Guys..

    ReplyDelete
  8. Bagus ya kak ada kegiatan seperti ini, terutama buat blogger yang masih newbie. Saya juga masih newbie nih *eh

    ReplyDelete
  9. Yani pemateri ya, keren! Selamat datang di dunia perbloggian semua 😊. Ngeblog itu asik hehehehe

    ReplyDelete
  10. Gotcha! Ndak sengaja nemu artikel ini. Makasih sudah mereview kegiatan kemarin. Semangat terus ya ngeblognya. :)

    ReplyDelete