Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Tercepat Meningkatkan Pengunjung Blog

tips ngeblog

FIKAL.MY.ID | WAJO - Cara tercepat meningkatkan pengunjung blog. Meningkatkan pengunjung atau bisa dikatakan traffic blog merupakan salah satu unsur penting yang harus dilakukan oleh seorang blogger, baik itu pemula maupun sudah professional. 

Biasanya pengunjung blog itu datangnya dari search engine, maka dari itu kamu harus tau bahwa pengunjung atau traffic datangnya dari mesin pencari atau dikenal search engine, tetapi pengunjung blog juga harus kita upayakan dari jenis sumber, apakah itu dari sumber social media, video sharing yang dikenal dengan yotube, atau sumber dari berbagai komunitas diluar lingkungan kamu.

Kamu bisa memberitahukannya dengan berkomunikasi secara tatap muka tentang blog kamu, atau saling menukarkan informasi, dan masih banyak lagi. 

Jika kamu hanya bergantung pada search engine maka kamu harus menguasai tentang SEO, baik itu SEO onpage maupun offpage.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips tercepat untuk meningkat pengunjung blog dan semoga informasi ini bisa membantu kamu dan bermanfaat. Berikut saya uraikan menjadi 10 tips:

Tips Tercepat Meningkatkan Pengunjung Blog

Mempersiapkan Konten Bermutu

Pertama yang harus dilakukan adalah kamu harus mempersiapkan konten yang bermutu, berkualitas, dan bermakna. Karena ini salah satu bagian penting dalam dunia blogging, disamping itu pengunjung hanya tertarik pada artikel atau konten yang berkualitas, bermakna. Jika konten kita sudah memenuhi hal tersebut maka pengunjung akan berlama-lama atau sering mengunjungi blog kita, tetapi sebaliknya jika di dalam blog kita tidak mempunyai atau bisa dikatakan tidak ada artikel yang bermutu, berkualitas itu sama saja tidak terlalu menguntungkan blog kita.

Ingat blog konten akan berpengaruh juga di mata mesin pencari. Jadi jika ingin meningkatkan pengunjung blog kamu lakukan hal pertama ini, buatlah artikel yang berkualit atau niche blog agar pengunjug setia pada alamat blog kamu. 

Dan jangan lupa juga bahwa ketika sedang membuat konten yang berkualitas sisipkan juga di dalamnya SEO onpage dan SEO offpage. Lebih bagusnya juga jika kamu menulis artikel setiap hari kenapa? karena semakin hari kita update blog maka semakin tinggi juga pengunjung blog.

Melipatgandakan Konten

Hal kedua yang perlu dilakukan setelah mempersiapkan konten yang bermutu, berkualitas, maka selanjutnya adalah kita melipatgandakan konten atau memperbanyak konten. Jadi kamu harus memperbanyak konten lagi pada blog kamu, tentunnya yang berkualitas lagi supaya pengunjung blog betah atau setia. 

Di samping itu tenting akan memberkan efek positif pada blog kita kenapa? karena bisa jadi pada awalnya pengunjung hanya mencari satu artikel, tetap setelah melihat-lihat artikel lainnya, semakin banyak artikel kita sediakan di blog maka semakin baik juga page authority halaman tersebut.

Jadi buatlah selalu artikel yang berkualitas dan selalu konsisten dalam membuatnya karena semakin banyak kita buat artikel maka itu akan berdampak positif bagi blog. Apakah lagi ketika kamu pandai memlih keyword yang bagus maka itu membuat blog kamu mendatangkan pungunjung yang banyak.

Berkomunikasi dengan Situs Tanya Jawab

Selanjutnya kita melangkah bagian ketiga yaitu kita berkomunikasi dengan situs tanya jawab. Mengapa harus berkomunikasi situs tanya jawab? Apakah itu perlu? Dan apakah itu sangat penting? Dan juga bisa meningkatkan pengunjung blog? 

Nah dari pertanyaan diatas jawabanya tentu saja. Karena dengan adanya situs tanya jawab berisi orang -orang yang saling berinteraksi dengan masalah-masalah atau informas-informasi yang saling keterkaitan. Nah disinilah kita bisa memberikan solusi, saran, atau pendapat dengan trik mempromosikan blog kita, dengan cara mengarahkan ke artikel blog kita yang membahas penyelesain masalah-masalah yang ditanyakan, siapa pada artikel blog kita bisa membantu menjawabnya 

Jadi sertakan link blog kamu ketika membantu menyelesaikan masalah tersebut tetapi kamu harus membuat jawabany yang pada akhirnya bisa membuat pembaca mengunjungi blog kamu. 

Dan saya lupa bahwa situ penyedia tanya jawab yang bisa kita gunakan adalah https://id.answer.yahoo.com mungkin masih banyak lagi situs2 lain yang menyediak situs tanya jawab seperti kaskus tetapi yang sering digunakan adalah situs https://id.answer.yahoo.com . Karena ini salah situs tanya jawab yang terbesar. Jadi silahkan kamu berinteraksi dan gunukan sebaik mungkin supaya bisa meningkatkan pengunjung blog kamu.

Bergabung Dengan Forum Online

Tips selanjutnya adalah kita bergabung dengan forum online, kenapa harus forum online? Karena dengan adanya forum online juga mempengaruhi meningkatnya pengunjung blog dan sangat besar sekali. Apa yang membuat hal itu terjadi? Karena kita biasanya meletakkan link pada komentar yang relevan atau meletakkan backlink pada artikel yang kita buat di forum online. 

Untuk saat ini beberapa forum online ada yang sudah ada menyediakan fasilitas signature, fasilitas yang bisa kita gunakan untuk meletakkan link kehalaman blog yang kita miliki. 

Jadi gak usah khawatir bahwa setiap kita berkomentar atau membuat postingan yang kita buat secara otomatis dibawah komentar yang kita terbitkan pada forum online tersebut, sehingga dengan adanya signature kita tidak perlu menuliskan link secara manual karena sudah otomatis. 

Terus timbul pertanyaan lagi, apa saja forum yang biasa digunakan dan banyak followersnya? Jawabannya adalah forum online yang biasa banyak digunakan orang lain adalah www.kaskus.co.id. Dengan adanya forum kaskus ini kita bisa juga memposting artikel disni serta memberikan link secara otomatis berpindah ke alamat blog kita. Oleh karena itu forum online ini akan membawa dampak besar kepada blog yaitu meningkat pengunjung blog.

Use video sharing

Selanjutnya kita menggunakan tahap selanjutnya, bisa dikatakan cukup efektif yaitu use vide sharing artinya kita menggunakan video untuk mengshare blog kita. Cara yang cukup efektif ini untuk menjaring pengunjung, karena dengan adanya video sharing kita bisa mempromosikan artikel atau blog yang kita posting agar lebih banyak dikenal oleh orang lain. 

Dan saat ini video sharing gratis yang bisa kita gunakan adalah www.youtube.com , layanan ini sangat terpopuler di dunia maya saat ini, jadi kita bisa memanfaatkan video sharing ini agar meningkatkan pengunjung blog kita dengan cara publish video dan promosikan mengenai salah satu artikel yang sangat berkualitas atau mengenai suatu topik yang sama dengan artikel yang kita buat. Agar pengunjung bisa lebih tertarik pada blog kita dan jangan sertakan link blog pada saar mempublish video, oke.

Berkomentar Melalui Blog Walking

Selanjutnya untuk meningkatkan pengunjung blog kita berkomentar melalui blog walking. Mungkin istilah ini tidak asing lagi dikalangan para blogger, kenapa bisa begitu? Karena blog walking biasanya kita gunakan sebagai salah satu cara membuat backlink, tetap jangan salah paham dulu karena meskipun niat kita adalah meletakkan link, kadangkalah link yang kita lettakkan bisa menjadi pintu masuk para pengunjung blog kita.

Jadi kita kita berkomentar di blog orang lain dengan meletakkan link agar mendatang pengunjung juga tetapi kita harus berkomentar yang relevan karen biasanya ada blog di kolom komentarnya harus disetujui oleh pimiliknya baru komentar kita di publish, oleh karena kita buat komentar yang benar2 relevan. 

Disampin itu kita bisa gunakan cara blog walking untuk meningkatkan traffic blog kita tanpa memikirkan dofollow dan nofollow yang jelas untuk urusan traffic kedua link tersebut dua-duanya bisa kita andalkan.

Promosi Blog Melalui Media Social

Media soial merupakan tempat yang sangat populer saat ini untuk melakukan promosi blog kita agar bisa meningkatkan pengunjung. Karena media sosial sangat efektif dan bisa dijadikan sebagai ladang untuk meningkat traffic blog, disamping itu media sosial sudah banyak penggunanya antara lain, facebook, twitter, google+ dan masih banyak lagi media sosial lainnya yang bisa dijadikan tempat untuk promosi blog kita. Sekarang google+ sekarang sudah gak ada, kamu bisa gantikan dengan instagram dan linkedin.

Dan juga kita bisa menggunakan halaman fanspage, kemudian kita gunakan untuk memposting dan mempromosikan artikel yang kita buat pada blog yang kita miliki. Jadi promosi blog melalui medial social memang populer untuk meningkatkan pengunjung blog apa lagi kita bergabung di group komunitas blogger di facebook, karena tempat tersebut bisa juga membuat blog kita menambah pengunjung dengan cara memposting artikel yang kita buat. 

Dan memang banyak cara yang bisa kita gunakan untuk menjaring pengunjung ke blog yang kita miliki media social ini. Jadi semangatlah untuk melakukan hal tersebut.


Promosi Melalui Social Bookmarking

Selain promosi melalui media social kita juga bisa melakukan promosi melalui social borkmaring. Dengan adanya social bookmarking memberikan peluang kepada kita untuk berbagi alamat situs yang kita miliki, yang memungkinkan siapapun bisa melihat alamat situs atau blog yang sudah disimpan pada social bokmark tersebut berdasarkan kategori yang kita inginkan.

Jika kita banyak berinteraksi dengan situs social bokmarking, bukan hanya trafik pengunjung yang kita dapat tetapi juga sekaligus dapat menambah backlink yang menuju ke halaman blog yang kita miliki
Social bokmark yang bisa kita gunakan misalnya: Lintas.me, infogue.com, melintas.net dan masih banyak lagi yang lainnya.

Perluas Backlink Dofollow

Selanjutnya untuk meningkatkan pengunjung blog kita. Kita bisa juga menggunakan cara ini yaitu memperluas backlink dofollow. Dengan adanya backlink dofollow ini blog kita yang paling berperan kenapa? Agar artikel kamu mudah ditemukan oleh mesin pencari, salah satu teknik membangun backlink yang umum digunakan adalah dengan berkomentar pada blog dofollow, baik itu dalam negeri maupun luar negeri.

Jika yang kamu lakukan seperti itu, setidaknya kamu harus berhati-hati, disarankan jangan terlalu membabibuta membangun backlink dofollow seperti itu, cukup satu minggu sekali 10 buah backlink sedikit-demi sedikit, agar kamu tidak dianggap sebagai spammer.

Terakhir Lakukan Blog Walking

Blog walking adalah salah satu aktivitas mengunjungi blog orang lain guna mempererat tali silaturahmi dan juga meningkatkan eksistensi kamu di alam blogsphere, untuk meningkatkan trafik perbanyaklah mengunjungi blog orang lain yang relevan dengan artikel-artikel pada blog kamu, baca dan berkomentarlah dengan komentar yang relevan dan jangan menjadi spammer, sesekali kamu bisa menggunakan Name/URL, open ID atau menggunakan userId blog kamu, jangan pikirkan apakah dofollow atau nofolow, karena aktivitas blog walking terbukti dapat meningkatkan visitor, dan menyeimbangkan backlink dofollow yang kamu bangun sebelumnya, juga dapat mempercepat diindexnya backlink.

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan trafik blog yang bisa kita gunakan, yang jelas yang harus kita perhatikan adalah konten blog adalah raja. Terimah kasih semoga berhasil dan sukses.

7 comments for "10 Cara Tercepat Meningkatkan Pengunjung Blog "

  1. Mantap, makasih tipsnya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  2. yang saya kurang mengerti ,apakah perlu kita memasang video sharing itu di dalam blog kita,, dan bagaimanakah caranya? maaf masih pemula mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika mmng perlu untuk blog Anda silahkan tp jika tidak ya gak papa sih, dan caranya anda hanya buat video terus di upload di youtube terus di share di dunia internet gampang kok :) semoga berhasil

      Delete
  3. Keren mas fikal. Tetap istiqomah. Agar tidak terputus nasehat/tips nya yang bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas, Aamiin. dan semoga bermanfaat

      Delete
  4. Min, Apa perbedaannya blacklink do follow dengan blog walking?

    ReplyDelete