Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Belajar Photoshop Untuk Pemula

tips photoshop

FIKAL.MY.ID | WAJO - Cara belajar photoshop untuk pemula. Ketika kamu baru mengenal sebuah aplikasi design baik itu photoshop atau illustrator ada urutan-urutan yang tepat yang harus kamu ketahui sebelum menggunakan apalikasi tersebut.

Di postingan ini, saya akan membahas cara belajar photoshop yang tepat untuk pemula, karena ada urutan yang tepat dalam belajar photoshop.

Sebelumnya saya sudah membahas bagian-bagian ruang kerja pada photoshop, selanjutnya kita melangkah ke pembahasan bagaimana cara belajar photoshop dengan urutan yang tepat. Agar ketika kamu menggunakan aplikasi tersebut tidak membuat kamu bingung dan akan mempermudah kamu membuat sebuh karya seni di photoshop.

Sebenarnya inilah dasar-dasarnya dan apa saja yang harus kamu pahami saat baru ingin belajar photoshop. Tidak asal menggunakan begitu aja tanpa harus memahami seluk beluk apalikasi tersebut.

Saya juga menggunakan cara ini. Sebelum saya melangkah lebih jauh seperti mempelari tutorial photoshop kaya menghapus background, jadi ada pondasi harus dikuatkan dulu. 

Baiklah langsung saja ke tipsnya, yaitu urutan tepat dalam belajar photoshop bagi pemul.

Ada 4 Langkah Urutan Yang Harus Dipelajari di Photoshop.

Pelajari Bagian Ruang Kerja


Postingan sebelumnya sudah saya jelaskan bagian-bagian ruang kerja photoshop. Jadi hal pertama yang kamu harus pelajari adalah halaman kerjanya mulai dari menu bar, option bar smpai panel baru. Karena itu adalah interface dan bagian paling dasar dari photoshop. Oleh karena itu saya sarankan untuk pemu yang baru mengenal photoshop coba pahami dulu ruang kerja photoshop.

Pelajari Kegunaan Layer


Kedua adalah pelajari kegunaan layer. Dalam mempelajari layer ini kamu harus mempelajari setiap fungsi-fungsi yang ada di panel layer maupun menu layer seperti membuat layer baru, jenis layer, dan lain sebagainya. Dibagian inilah sangat penting ketika menggunakan photoshop apa lagi dibagian blending mode, opacity dan fill dan lain-lain.

Pelajari Fungsi Tool


Ketiga adalah pelajari fungsi tools. Hal ini juga sangat penting untuk di pelajari bagi pemula. Karena semua proses editing yang kita lakukan di photoshop pasti menggunakan tools yang terdapat di tools box bagian kiri photosop. Salah satu tools yang sering digunakan adalah selection tools yang berfungsi untuk melakukan seleksi pada objek di sebuah gambar (lasso tool, magic tool. Dan lain sebagainya), masih banyak tools yang harus dipelajari bukan hanya satu kalau perlu semua harus dipelajari.

Lakukan Editing Sederhana

Terakhir, lakukan editing sederhana. Jadi setelah kamu mempelari dari tahap satu sampai tahap tiga, maka selanjutnya coba lakukan editing sederhana, missal membuat pas foto, membuat efek teks atau menghapus background foto dan sebagainya. Dari situlah kamu tinggal kembangkan lagi skill mu atau pelajari hal menarik seputar photoshop.

Itulah tadi, cara mempelajari photoshop untuk pemula kamu harus benar-benar mengerti dan paham setiap langkah nya karena saling berkaitan satu sama lain. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kamu yang baru belajar photoshop. Terima kasih.

Post a comment for "Cara Belajar Photoshop Untuk Pemula"