Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Figma dan Mengapa Semakin Populer?

apa itu figma

Apa itu Figma dan Mengapa Semakin Populer? - Figma adalah alat desain yang mudah digunakan yang semakin populer di kalangan pengembang dan desainer. Ini digunakan untuk membuat ilustrasi berbasis vektor, gambar rangka, dan prototipe. Figma berbasis web, sehingga dapat digunakan pada sistem operasi apa pun.

Figma dibuat untuk dapat membantu para penggunanya agar bisa berkolaborasi dalam proyek dan bekerja dalam bentuk tim sekaligus di mana saja. Meskipun alat ini sangat mirip dengan opsi prototyping lainnya seperti Sketch, Adobe XD dan lainnya, yang menjadi pembeda utamanya adalah kemampuan untuk bekerja dalam bentuk tim proyek.

Sampai saat ini meski mempunyai pesaing yang juga tidak kalah terkenalnya, Figma masih merupakan opsi paling cocok yang tersedia jika Anda bekerja dalam tim. Jadi tidak mengherankan jika Figma menjadi pilihan banyak orang. Mari mengenal apa itu Figma dan bagaimana alat ini mungkin bermanfaat untuk proyek dan alur kerja Anda berikut ini.

Mengenal Figma

Figma adalah sebuah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mendesain grafis interaktif. Figma juga menyediakan fitur-fitur seperti pembuatan prototype, sehingga memudahkan para desainer untuk bereksperimen dan mengembangkan ide-ide mereka.

Mengapa Figma semakin populer?

Figma semakin populer karena memungkinkan para desainer untuk bekerja secara colaborative dan membuat prototype yang realistic.

Sederhananya, Figma adalah desain digital dan alat prototyping. Ini adalah aplikasi desain UI dan UX yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs web, aplikasi, atau komponen antarmuka pengguna yang lebih kecil yang dapat diintegrasikan ke dalam proyek lain. 

Dengan alat berbasis vektor yang hidup di cloud, Figma memungkinkan para penggunanya untuk bekerja di mana saja dari browser. Cara ini termasuk alat zippy yang dibuat untuk desain, pembuatan prototipe, kolaborasi, dan sistem desain organisasi.

Apa Itu Figma?

Figma adalah editor grafis vektor dan alat prototyping yang mendapatkan popularitas di kalangan desainer dan pengembang. Alasan popularitasnya adalah kemudahan penggunaan dan kemampuannya untuk membuat desain yang responsif dan tampak hebat di semua perangkat. Figma juga bagus untuk kolaborasi, karena memungkinkan banyak orang mengerjakan desain pada saat yang bersamaan.

Mengapa Figma Semakin Populer?

Ada banyak alasan mengapa Figma menjadi lebih populer. Salah satu alasannya adalah bahwa ini adalah platform yang sangat ramah pengguna yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan berkolaborasi dalam proyek desain dengan mudah. Alasan lainnya adalah Figma memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki platform desain lain, seperti kemampuan untuk membuat desain yang responsif dan menganimasikan objek. Terakhir, Figma terus menambahkan fitur baru dan menyempurnakan fitur yang sudah ada, yang menjadikannya pilihan menarik bagi desainer yang ingin tetap terdepan.

Cara Menggunakan Figma

Figma adalah editor grafis vektor dan alat prototyping yang mendapatkan popularitas di kalangan desainer dan tim karena kemudahan penggunaan dan fitur kolaborasinya. Berikut panduan singkat tentang cara memulai dengan Figma.

Pertama, buat akun di Figma.com. Anda kemudian dapat membuat file baru atau membuka yang sudah ada. Untuk membuat file baru, klik ikon "+" di sudut kiri atas.

Setelah file terbuka, Anda dapat mulai menambahkan grafik vektor. Untuk melakukan ini, klik alat "Vector" di bilah alat kiri. Kemudian, klik dan seret untuk menggambar grafik Anda.

Anda juga dapat menambahkan kotak teks dengan mengklik alat "Teks". Untuk menambahkan gambar

Mendesain dengan Figma

Figma adalah platform desain berbasis cloud yang memungkinkan desainer untuk membuat, berkolaborasi, dan berbagi desain mereka. Figma menjadi semakin populer karena kemudahan penggunaan dan kemampuannya untuk berintegrasi dengan alat lain. 

Dengan Figma, desainer dapat membuat desain untuk aplikasi web, seluler, dan desktop, serta untuk dicetak. Figma juga menawarkan berbagai fitur, menjadikannya alat serbaguna untuk desainer individu dan tim desain.

Fitur Fitur Utama Figma

Figma adalah alat desain berbasis vektor yang sangat skalabel. Cara kerjanya termasuk untuk proyek-proyek individual maupun upaya tim besar-besaran. Desain berbasis browser cukup pintar untuk menyelamatkan pekerjaan Anda saat Anda sedang berpergian dan bahkan mengikuti jika Anda kehilangan koneksi internet untuk sementara waktu.

Fitur- fitur utama Figma yang paling unggul meliputi :

  1. Alat pena modern yang memungkinkan Anda menggambar ke segala arah dan desain busur instan
  2. Fitur font Open Type
  3. Tugas otomatis melalui plugin untuk elemen berulang untuk mempercepat proyek
  4. Alat seleksi cerdas dengan penyesuaian otomatis untuk pengaturan jarak, pengaturan, dan pengorganisasian
  5. Metode dan cara fleksibel yang menghemat hak untuk proyek Anda
  6. Kemampuan membuat sistem dan komponen desain
  7. Perpustakaan dan cara drag and drop yang dapat diakses
  8. Kemampuan untuk memawadagi banyak audien tanpa batas pada suatu proyek sehingga seluruh pembagian progress kerja tim
  9. Kemampuan memeriksa file desain dan grab code sinppets
  10. Fitur ekspor mudah yang memiliki tautan langsung (bukan hanya format PDF datar)
  11. Desain interaksi dan prototipe yang dioptimalkan untuk seluler
  12. Animasi cerdas untuk menghubungkan objek dan transisi
  13. Komentar tersemat (embedded comment)
  14. Kemampuan untuk mengedit bersama dengan tim secara waktu nyata (real- time) di ruang desain bersama
  15. Riwayat versi yang memungkinkan Anda mengetahui segala sesuatu atau progress yang telah berubah dan siapa saja yang melakukannya
  16. Buat sistem desain dengan aset yang dapat dicari, gaya dan desain yang dapat dibagikan dan semuanya dalam satu lokasi
  17. Kemampuan membuat komponen yang dapat digunakan kembali dengan kemampuan untuk menimpanya jika diperlukan
  18. Satu platform untuk segalanya, mulai dari desain hingga prototipe

Menggunakan Figma dengan Tim

Figma adalah alat desain berbasis cloud yang semakin populer di kalangan desainer dan tim. Figma mirip dengan alat desain lain seperti Sketch dan Adobe XD, tetapi memiliki keunggulan berbasis cloud, yang memudahkan untuk berkolaborasi dengan orang lain. Figma juga memiliki paket gratis, yang menjadikannya pilihan yang bagus untuk tim kecil atau desainer individu.

Figma adalah alat yang hebat untuk merancang antarmuka pengguna, situs web, dan aplikasi seluler. Alat ini mudah digunakan dan memiliki berbagai fitur yang menjadikannya pilihan tepat bagi desainer berpengalaman dan mereka yang baru memulai. Figma juga menjadi semakin populer di kalangan tim, karena kolaborasi berbasis cloud memudahkan untuk bekerja sama dalam proyek.

Figma adalah sebuah perangkat

Figma adalah alat desain yang menjadi semakin populer karena kemudahan penggunaan dan kemampuannya untuk berkolaborasi dengan orang lain. Figma digunakan oleh desainer untuk membuat antarmuka pengguna, ilustrasi, dan ikon. 

Figma berbasis web dan memiliki paket gratis yang memungkinkan pengguna membuat proyek dalam jumlah tak terbatas. Figma juga tersedia sebagai langganan berbayar yang menawarkan lebih banyak fitur, seperti kemampuan untuk menggunakan font khusus dan mengekspor desain sebagai file PNG, PDF, atau SVG.
Fikalmyid
Fikalmyid Blogger Wajo yang ngeblog sejak tahun 2014. Saat ini aktif desain grafis sambil share tips dan trik tentang blog dan desain grafis

Post a Comment for "Apa itu Figma dan Mengapa Semakin Populer?"