Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kesalahan Umum Desain Logo dan Cara Menghindarinya

tips desain

5 Kesalahan umum desain logo dan cara menghindarinya - Logo merupakan wajah dan identitas dari sebuah perusahaan atau bisnis. Jadi, jika Anda ingin membuat logo yang mudah diingat oleh banyak orang, sebaiknya hindari kesalahan saat membuatnya.

Kesalahan dalam membuat sebuah logo brand tentunya adalah hal yang wajar. Apalagi buat para pemula yang baru mencoba belajar. Meski begitu, kesalahan tersebut harus dihindari karena fungsi logo sangatlah penting bagi perusahaan atau bisnis.

Daftar Isi :

  1. Tidak Mempertimbangkan Audiens Anda
  2. Tidak Membuatnya Simple
  3. Berlebihan Warna
  4. Tidak Membuatnya Terukur
  5. TIdak Menggunakan Desainer Profesional

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika merancang logo untuk bisnis Anda. Tetapi ada beberapa kesalahan umum yang dapat dengan mudah dihindari. 

Berikut adalah 5 Kesalahan Desain Logo yang Umum dan Cara Menghindarinya:

1. Tidak mempertimbangkan audiens Anda 

Siapa yang akan melihat logo Anda? Ya, tentu audiens Anda jadi jika Anda mau membuat logo untuk bisnis atau perusahaan, pastikan desain Anda menarik bagi audiens target Anda. Jika tidak mungkin logo yang Anda buat tidak membuat audiens mengenal brand dari bisnis atau perusahaan Anda. Inilah kesalahan pertama yang sering dilakukan saat membuat logo apa lagi yang baru belajar membuat logo.

2. Tidak membuatnya sederhana 

Kesalahan yang kedua yang perlu diperhatikan adalah  tidak membuatnya sederhana. Sebuah logo harus mudah dimengerti dan diingat. Jaga agar desain tetap bersih dan tidak rumit. Jadi saat Anda membuat logo pastikan logo yang Anda buat terlihat sederhana atau simple, karena dengan begitu logo mudah diingat, dikenal, dan dimengeti oleh audiens.

3. Berlebihan dengan warna 

Kesalahan ketiga yang sering dilakukan adalah berlebihan dengan warna. Tentu warna merupakan salah satu cerminan atau melambangkan logo tersebut, tetapi perlu Anda ketahui bahwa terlalu banyak warna bisa berlebihan dan membuat logo Anda sulit dibaca. 

Jadi cara menghindarinya atau mengatasinya, tetap berpegang pada 1-2 warna yang saling melengkapi. Cukup dua warna aja agar logo yang dibuat benar-benar bisa mencerminkan atau bisa dikenal oleh audiens dan mudah diingat tentunya.

4. Tidak membuatnya terukur 

Maksud dari kesalahan keempat ini adalah membuat logo tanpa adanya size atau ukuran yang gak sesuai dengan penempatan yang telah ditentukan kaya kartu nama, kop surat, dll. Jadi Logo Anda akan terlihat sama bagusnya dengan kartu nama seperti halnya pada papan reklame. Pastikan desain dapat ditingkatkan atau diturunkan tanpa kehilangan kualitas.

Oleh karena itu, saat membuat logo pastikan kualitasnya pertama diperhatikan ketika dipasang di kartu nama atau kop surat, usahakan tetap kelihatan lebih jelas dan tetap terbaca. Saran lebih baik lagi, ketika membuat logo usahakan gunakan Golden Ratio, biar ukuran logo tetap seimbang atau simetris dan kelihatan indah.

5. Tidak menggunakan desainer profesional 

Kesalahan yang paling sering disepelekan yaitu tidak menggunakan desainer profesional. Diluar sana sudah banyak orang yang bisa desain logo tetapi belum tentu terlihat seperti profesional, oleh karena itu saya sarankan untuk Anda yang mau buat logo, pilihlah jasa desain logo yang sudah profesional dibidangnya, meski harga terjangkau tetapi tidak akan mengecewakan tentunya. 

Logo adalah investasi penting untuk bisnis Anda. Pastikan Anda bekerja dengan profesional

Bagaimana Memilih Logo yang Tepat untuk Bisnis Anda?

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih logo untuk bisnis Anda. Yang pertama adalah memikirkan pesan apa yang ingin Anda komunikasikan dengan logo Anda. 

Apa nilai-nilai bisnis Anda? Perasaan apa yang Anda ingin pelanggan Anda miliki ketika mereka melihat logo Anda? 

Setelah Anda memiliki gagasan yang jelas tentang pesan yang ingin Anda komunikasikan, Anda dapat mulai mempersempit pilihan Anda. Apakah Anda menginginkan logo yang sederhana atau yang lebih kompleks? Warna apa yang ingin Anda gunakan? Apakah simbol atau ikon yang sesuai dengan bisnis Anda? 

Ingatlah bahwa logo Anda akan digunakan dalam berbagai konteks, jadi penting untuk memilih sesuatu yang serbaguna dan mudah dibaca sekilas. 

Dengan begitu banyak pilihan untuk dipilih, ini bisa sangat melelahkan, tetapi jika Anda meluangkan waktu untuk mempertimbangkan apa yang Anda ingin logo Anda katakan tentang bisnis Anda, Anda akan berada di jalur yang benar.

Jadi, jangan asal buat logo saja pahami apa yang perlu dicantumkan di logo dan apa yang gak perlu, intinya logo harus kelihatan simple atau sederhana, tetapi asal Anda tahu aja logo yang simple itu susah loh, jadi pilih jasa desain logo yang profesional.

Terima kasih. Semoga bermanfaat, jika artikel ini sangat membantu jangan lupa bantu share ke orang lain juga. Jika ada tambahan silahkan tulis di kolom komentar. Mari saling berbagi ilmu.

Fikalmyid
Fikalmyid Blogger Wajo yang ngeblog sejak tahun 2014. Saat ini aktif desain grafis sambil share tips dan trik tentang blog dan desain grafis

Post a Comment for "5 Kesalahan Umum Desain Logo dan Cara Menghindarinya"