Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tipografi Dalam Desain

tipografi

Istilah "tipografi" adalah turunan dari kata "tipologi" yang biasanya digunakan untuk merujuk pada klasifikasi bahasa menurut jenis sistem penulisan yang biasanya mereka gunakan, apakah fonetik atau ideografik.

Tipografi digital umumnya dikaitkan dengan menambahkan tipografi ke gambar digital atau karya desain. Ini telah menjadi semakin populer dalam beberapa dekade terakhir. Salah satu alasan mendasar untuk ini adalah menjamurnya tipografi dalam format digital.

Sementara beberapa tipografi yang dilakukan mungkin tampak biasa saja, tipografi dapat berdampak besar pada keterbacaan, dan pemahaman. Font dan ukuran jenis yang berbeda digunakan dalam iklan cetak untuk menarik perhatian pembaca dan melambangkan hal yang berbeda. Misalnya, jenis huruf

Jelaskan yang dimaksud dengan tipografi

Pekerjaan seorang desainer tidak terbatas pada menciptakan gambar yang indah, tetapi juga menyediakan tipografi untuk desain mereka. Tipografi, yang didefinisikan sebagai gaya teks yang akan digunakan dengan desain, sangat penting. Ini adalah jenis teks yang paling menarik perhatian pada desain. Jika dilakukan dengan benar, tipografi yang baik dapat membuat desain menjadi hebat. Jika dilakukan salah dapat membuat desain bencana. Tipografi dapat membuat atau menghancurkan sebuah desain.

Pengertian Tipografi

Tipografi adalah seni dan ilmu mengatur jenis huruf agar dapat dibaca, dibaca, dan menarik saat ditampilkan.

Sejarah tipografi sebagian besar dipengaruhi oleh munculnya teknologi baru, terutama mesin cetak. Perkembangan jenis movable oleh Johannes Gutenberg pada tahun 1436 membawa serta movable type yang dengan cepat menyebar ke seluruh Eropa sebagai alternatif yang lebih murah untuk naskah yang disalin dengan tangan.

Sebagian besar bahasa tertulis kuno menggunakan bentuk hieroglif, yang merupakan sistem penulisan di mana gambar digunakan untuk mewakili kata-kata. Namun, karena penggunaan simbol-simbol ini menjadi lebih kompleks, mereka menjadi sulit untuk dibaca. 

Pengertian Tipografi Menurut Para Ahli

Tipografi adalah suatu bentuk seni yang terdiri dari susunan jenis untuk keperluan penyajian visual. Tujuan tipografi adalah untuk secara akurat, lengkap, dan efisien menyampaikan makna teks kepada pembaca.

"Jika tipografi adalah seni berkomunikasi tanpa kata-kata, interaksi teks dan gambarlah yang menghasilkan efek magis ini. Sebenarnya, bukan kata-kata individu itu sendiri yang merupakan pembawa pesan yang sebenarnya, tetapi perintah keadilan dan pengaturan yang jujur dan pemilihan gambar yang jelas."—Peter Bilak

"Tipografi diarahkan pada pembaca, bukan jenis huruf."—Jost Hochuli

Hermann Zapf

Seorang desainer huruf asal Jerman menulis sebuah buku berjudul “Manuale Typographicum” pada 1954. Zapf menjelaskan bahwa tipografi didefinisikan sebagai suatu seni sekaligus teknik pemilihan dan penataan huruf guna menciptakan kesan tertentu. Pengaturan serta penyebaran huruf sesuai ruang yang tersedia dipandang mampu meningkatkan kenyamanan membaca secara maksimal. Beberapa ahli lain turut menuturkan pandangan mereka mengenai definisi tipografi.

Danton Sihombing

Menurut Ketua Umum Asosiasi Desainer Grafis Indonesia periode 2007-2010 ini, tipografi merujuk pada representasi visual sebuah bentuk komunikasi yang bersifat verbal dalam rupa properti visual yang efektif.

Roy Brewer

Penulis buku “Eric Gill: The Man Who Loved Letters” ini menuturkan tipografi bisa berarti luas, terkait penataan dan pola halaman dalam suatu cetakan. Sementara, pengertian lebih sempit mencakup pemilihan, pengaturan, dan hal lain terkait pengaturan set huruf, di luar ilustrasi dan elemen lainnya.

Dendi Sudiana

Dalam jurnal bertajuk “Tipografi: Sebuah Pengantar,” Dendi Sudiana menyebutkan bahwa gambar merupakan elemen grafis yang bisa dibaca dengan mudah. Namun, kata-kata yang terbangun dari rangkaian huruf itulah yang memandu pembaca untuk memahami pesan atau ide suatu karya. 

Stanley Morison

Seorang ahli tipografi, pemilik percetakan, dan sejarawan dunia percetakan Inggris ini punya definisi tersendiri. Bagi Morison, tipografi merujuk pada keterampilan mengatur bahan cetak secara baik guna suatu tujuan. Misalnya, pengaturan tulisan, pembagian ruang atau spasi, serta penataan huruf supaya pembaca terbantu saat memahami teks. 

Para ahli di Blog 

Tipografi dan Desain mendefinisikan tipografi sebagai "secara harfiah desain, komposisi, dan eksekusi bentuk huruf dengan mengatur jenis pada halaman untuk membuat bahasa terlihat." Sederhananya, tipografi mengacu pada proses mengatur jenis pada halaman untuk membuat teks terlihat.

Apa saja jenis-jenis tipografi?

Anda mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya tipografi itu. Tipografi adalah kata yang biasanya digunakan untuk menggambarkan grafik atau huruf yang ditemukan dalam tulisan tertentu. Ada berbagai jenis tipografi, termasuk ornamen dekoratif, sans-serif, serif, script, dan slab. Ornamen dekoratif adalah karakter tipografi, simbol, atau grafis hias yang digunakan untuk memperindah bagian tertulis. 

Sans-serif adalah gaya tipografi yang tidak memiliki serif atau ornamen lain di akhir goresan, berbeda dengan tipografi serif. Serif adalah garis kecil yang melekat pada akhir goresan huruf atau simbol. Sebuah surat serif terlihat

Tipografi adalah bentuk seni yang menggunakan tipografi untuk membuat desain artistik

Tipografi adalah jenis seni yang menggunakan ukuran huruf, font, dan spasi yang berbeda di antara huruf untuk membuat desain. Tipografi digunakan dalam banyak cara dan bahkan memiliki nama untuk seorang seniman yang bekerja dalam bentuk ini. Sementara tipografi secara teknis adalah seni membuat dan mengatur tipografi, ada banyak cara berbeda yang dapat digunakan. 

Misalnya, untuk mengiklankan perusahaan, beberapa orang mungkin membuat desain yang menggunakan gambar untuk mewakili apa yang mereka lakukan dan kemudian menggunakan tipografi untuk membuat kutipan dan frasa untuk menunjukkan nilai perusahaan mereka. Dalam hal ini tipografi digunakan untuk mencoba dan mempengaruhi seseorang untuk membeli produk mereka. Orang lain mungkin menggunakan tipografi sebagai cara untuk mengajar. 

Tipografi Dalam Desain Grafis

Apa yang membuat tipografi menjadi pertimbangan utama dalam desain?

Tipografi adalah seni dan teknik mengatur jenis huruf untuk membuat bahasa tulisan terbaca, mudah dibaca, dan menarik saat ditampilkan. Penataan tipe melibatkan pemilihan tipografi, ukuran titik, panjang garis, spasi baris, dan spasi huruf.

Keterbacaan: Pastikan jenisnya dapat dibaca, dan tidak terlalu kecil untuk dibaca.

Keterbacaan: Memastikan jenisnya jelas untuk dibaca, dengan membuatnya cukup besar untuk dibaca.

Daya tarik: Menciptakan keseimbangan antara elemen tipografi.

Jenis tipografi

Jenis adalah bagian penting dari desain, jadi perlu memahami berbagai jenis tipografi.

• Sans-serif: Font tanpa serif disebut font sans serif.

• Serif: Font dengan serif disebut font serif.

• Script: Jenis huruf yang dibuat agar terlihat seperti tulisan tangan, atau kaligrafi.

• Monospace: Meskipun font monospace tidak memiliki ketinggian yang berbeda secara proporsional antara mesin terbang yang berbeda, mereka mewakili kode dan pemformatan dengan baik.

Anda dapat menemukan banyak tipografi berbeda di web, tetapi tiga jenis yang disebutkan di atas adalah yang biasanya Anda lihat.

Post a Comment for "Pengertian Tipografi Dalam Desain"