Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Untuk Mengoptimalkan Konten Blog Untuk SEO

SEO

Optimasi mesin pencari adalah seni memanjat ke bagian atas halaman hasil mesin pencari. Apakah Anda menjalankan bisnis kecil,situs web afiliasi, atau perusahaan digital besar, SEO harus menjadi salah satu prioritas pemasaran utama Anda.

SEO sangat terkait dengan konten. Bagaimanapun, konten adalah semua yang Anda buat dari judul dan deskripsi hingga artikel, video, dan iklan.

Konten ramah SEO dioptimalkan baik untuk pengguna maupun untuk mesin pencari. Meskipun ada sekitar 200 faktor peringkat yang diharapkan Google untuk Anda akui, Anda harus memperhatikan hanya beberapa untuk membuat konten blog Anda layak Google.

Sebelum saya melanjutkan, saya ingin Anda mengakui pentingnya SEO yang sebenarnya dan manfaat signifikan yang dapat diberikannya untuk bisnis Anda. 

Berikut adalah beberapa statistik penting:

  • Google menerima lebih dari 74.000 penelusuran setiap detik.
  • Sekitar 70% pemasar digital menyatakan bahwa SEO lebih efektif daripada PPC dalam hal memperoleh prospek dan mendorong penjualan.
  • 75% profesional SEO percaya bahwa konten adalah aspek terpenting dalam hal membuat situs yang ramah SEO.
  • 82% pemasar digital menyarankan bahwa meningkatkan SEO adalah tren pemberontakan, dan 42% yakin akan kenaikan yang signifikan.
  • Rata-rata 75% pengguna mesin pencari mengabaikan iklan PPC sambil berfokus pada hasil organik
  • Pencarian organik mendapatkan 51% dari lalu lintas situsweb , dibandingkan dengan 5% dari jejaring sosial, 10% dari PPC, dan 34% dari sumber lain.

Ketika Anda mulai memberi peringkat pada konten Anda, Anda akan menyadari bahwa statistik ini benar dan bahwa menginvestasikan sumber daya Anda dalam SEO tidak hanya bermanfaat dalam jangka pendek tetapi juga dalam jangka panjang.

Sekarang setelah Anda menyadari "angka besar" dan statistik penting, mari kita lihat beberapa cara paling efektif untuk mengoptimalkan konten blog Anda untuk SEO.

Tentukan Kata Kunci yang Relevan

Mengoptimalkan konten blog Anda untuk kata kunci yang relevan bukan tentang mengisi posting blog Anda dengan kata kunci sebanyak mungkin.

Faktanya, praktik ini dapat merusak kinerja SEO Anda karena Google dan sisa mesin pencari menganggap ini sebagai isian kata kunci yaitu, mencoba peringkat tinggi di mesin pencari dengan menambahkan banyak kata kunci

Jika Anda mempertimbangkannya, menambahkan terlalu banyak kata kunci juga akan mempengaruhi pengalaman pembaca Anda. Google ingin Anda menemukan maksud pengunjung situs web Anda karena ketika seseorang memasuki situs Anda, dia harus dapat menemukan solusi yang dia cari.

Oleh karena itu, Anda perlu menempatkan diri Anda di sepatu pelanggan dan datang dengan kata kunci yang sangat relevan.

Ketika datang ke konten blog, Anda harus membidik satu atau mungkin dua kata kunci ekor panjang. Sisa kata kunci harus semantik. Daripada berfokus pada sepuluh kata kunci, tetap fokus pada satu atau dua untuk meningkatkan dampak posting Anda.

Mengapa kata kunci ekor panjang?

Mereka lebih spesifik dan kurang kompetitif. Misalnya, "cara kehilangan lemak perut" jauh lebih spesifik daripada "kehilangan lemak."

Penelitian kata kunci dapat dilakukan secara manual atau brainstorming, atau dapat diotomatisasi. Anda harus melihat beberapa alat penelitian kata kunci paling populer dan menggunakan alat yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Membuat Konten Unik dan Berkualitas 

Google dan mesin pencari lainnya memprioritaskan konten unik. Unik tidak selalu berarti asli.

"Tidak ada yang baru di bawah matahari." Sebagian besar hal yang ingin Anda tulis telah dibahas. Namun, itu tidak berarti bahwa Anda tidak dapat menambahkan putaran yang benar-benar menarik.

Misalnya, jika sepuluh blog pesaing menjelaskan cara membuat situs web, Anda dapat mempelajari poin mereka dan membuat posting blog yang lebih komprehensif dan berguna daripada sepuluh sambil menambahkan beberapa elemen yang belum dibahas.

Apa karakteristik "konten berkualitas?"

Unik

Informatif

Ditindaklanjuti

Ramah SEO

Tidak ada kesalahan tata bahasa dan ejaan

Mudah dibaca dan dicerna (tidak ada blok teks)

Relevan dengan pembaca target

Memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah

Menyediakan tautan bermanfaat ke sumber daya tambahan

Optimalkan URL, Judul Meta, dan Deskripsi Meta Anda

Ada tiga elemen penting yang perlu Anda optimalkan setiap kali Anda membuat posting blog baru.

The URL

URL harus ramah pengguna. Misalnya, pada posting blog yang menjelaskan cara menulis konten ramah SEO, alih-alih meninggalkan URL Anda secara default "www.mywebsite.com/a2fsns28jfmshay", Anda mengganti namanya menjadi "www.mywebsite.com/SEO-friendly-content"

Sertakan kata kunci utama Anda dalam URL dan buatlah singkat dan ringkas.

Judul Meta

Judul meta adalah judul hasil pencarian Anda. Oleh karena itu, setiap kali orang mencari istilah, judul meta Anda harus menarik dan berisi kata kunci utama. Ini adalah elemen pertama yang diperhatikan oleh pengguna, jadi pastikan itu dioptimalkan dengan baik!

Deskripsi Meta

Deskripsi meta memiliki peran penting. Sebagian besar pengguna menelusuri hasil mesin pencari. Ketika mereka menemukan judul meta yang relevan, mereka akan melanjutkan dan membaca deskripsi meta. Untuk membuat yang terbaik dari itu, sertakan kata kunci utama Anda (faktor peringkat SEO) sambil menjaga teks tetap menarik.

Membuat Struktur Interlinking

Link internal adalah hyperlink yang menunjuk ke halaman berbeda di situs web yang sama. Google ingin Anda memiliki struktur penautan internal yang baik karena membantu pengguna menemukan informasi yang lebih relevan di situs Anda. Ketika Anda menggunakan tautan internal dengan benar, mereka tidak perlu mencari solusi di tempat lain; dengan demikian, rasio pentalan Anda akan berkurang.

Misalnya, jika salah satu posting blog Anda menjelaskan "cara menjadi sehat," Anda dapat mengirim pengguna Anda ke posting blog lain yang relevan dari situs Anda yang menjelaskan "cara memasak sehat" atau "cara berolahraga dengan benar."

Anda juga dapat menambahkan tautan internal ke footer situs web Anda dan menambahkan widget yang relevan yang menampilkan artikel yang disarankan atau sebelumnya yang relevan.

Buat Konten Evergreen

Konten Evergreen adalah konten yang tidak pernah kedaluwarsa. Misalnya, jika Anda menulis tentang "cara mencintai diri sendiri," posting blog yang akan Anda publikasikan akan selalu relevan karena orang akan selalu memiliki kebutuhan ini.

Membuat konten hijau akan memberi Anda manfaat berikut:

Anda akan dapat peringkat dari waktu ke waktu tanpa harus stres tentang peringkat dalam waktu dekat.

Anda akan mendapat manfaat dari lalu lintas yang stabil dan pasif sejak lama setelah Anda menerbitkan posting blog Anda.

Anda akan menghasilkan prospek dan penjualan dalam mode pasif karena konten Anda yang selalu hijau akan terus membawa lalu lintas pasif.

Jadikan Konten Anda Ramah Seluler dan Memuat Cepat 

Saat ini, 62% pengguna internet sebagian besar menggunakan ponsel mereka untuk mencari informasi secara online. Itu lebih dari setengah.

Saat Anda menyiapkan analitik di blog Anda, Anda akan dapat melihat persentase pengguna yang tepat yang membaca blog Anda menggunakan ponsel atau tablet mereka.

Jika Anda membuat konten yang dioptimalkan dengan benar untuk seluler, Anda akan dapat memberikan pengalaman pengguna yang hebat. Jika tidak, pengguna akan terpental, dan Google akan menghukum Anda.

Pertama-tama, Anda memerlukan desain responsif. Menggunakan templat responsif atau memastikan bahwa desainer web Anda memahami respons seluler adalah kuncinya.

Kedua, Anda perlu membuat konten Anda interaktif dan mudah dibaca. Gunakan kalimat pendek dan buat teks Anda "bernapas." Gunakan Hemingwayapp untuk menilai skor keterbacaan konten Anda.

Terakhir, konten Anda perlu dimuat dengan cepat. Pengguna tidak memiliki cukup waktu dan kesabaran untuk menunggu menit agar halaman Anda dimuat. Artikel komprehensif ini akan menunjukkan kepada Anda cara meningkatkan kecepatan pemuatan situs Anda.

Takeaways

Optimasi mesin pencari akan tetap relevan selama orang mencari informasi secara online. Sejak era digital baru saja dimulai, lingkungan digital hanya bisa tumbuh.

Tren datang dan pergi, tetapi esensi (pencarian pengguna) tetap tidak tersentuh. Algoritma peringkat dapat berubah, tetapi prinsip-prinsipnya tetap sama.

Jika Anda ingin mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari, mulailah berfokus pada konten Anda.

Gunakan kata kunci yang tepat, buat konten luar biasa untuk audiens target Anda, optimalkan SEO di halaman Anda, manfaatkan tautan internal dan bangun tautan eksternal, fokus pada konten hijau, dan buat situs web Anda ramah seluler dan pemuatan cepat.

Yang paling penting, obati prosesnya dengan banyak kesabaran!

2 comments for " 6 Cara Untuk Mengoptimalkan Konten Blog Untuk SEO"