Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Monetisasi Traffic Website Anda

tips dan trik

Setiap orang yang memiliki situs web atau blognya sendiri ingin menemukan cara yang tepat untuk mendapatkan uang atau cara memonetisasi traffic mereka. 

Tentu salah satu cara untuk monetisasi blog adalah dengan pasang iklan alias Google Adsense, tapi tahuka Anda bahwa banyak cara memonetisasi traffic blog atau web Anda?

Ada banyak cara untuk melakukannya. Saya akan menggambarkan pro dan kontra dari beberapa dari mereka sehingga Anda dapat menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Konten bersponsor

Pernahkah Anda sampai di akhir posting blog hanya untuk melihat banyak tautan ke "konten bersponsor?" Konten bersponsor adalah cara lain untuk memonetisasi blog.

Mesin pencari bukan penggemar konten bersponsor karena membayar traffic dapat dilihat sebagai cara untuk menipu sistem. Ada kemungkinan bahwa ini dapat membahayakan peringkat situs Anda. Ada  seorang penulis esai, mengatakan "namun, menambahkan tag nofollow ke tautan bersponsor harus mencegah situs Anda dirugikan". Saya menganggap ini jenis risiko / hadiah. Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa konten yang disponsori bukanlah ide yang baik di artikel Google Berita.

Meskipun ada beberapa masalah SEO, Anda masih dapat meningkatkan penghasilan Anda dengan konten bersponsor. Berbagai perusahaan menggunakan metode ini yang merupakan bukti bahwa ia bekerja.

Pro

Mudah diimplementasikan

Sumber pendapatan yang bagus jika Anda menerima traffic tinggi

Kontra

Dapat mengganggu pembaca Anda (terutama artikel umpan klik)

Dapat membahayakan peringkat SEO Anda karena Google umumnya tidak mengizinkan traffic bersponsor

2. InText

Infolink menyediakan layanan bernama InText. Sistem mereka bekerja dengan mengganti kata-kata tertentu di situs web Anda dengan iklan yang relevan. Sebagian besar pengguna tidak melaporkan penghasilan yang signifikan dengan metode ini (dibandingkan dengan Adsense), dan memiliki potensi mengganggu pengguna Anda. Saya akan melihat InText lebih sebagai iklan tambahan.

Pro

Sumber pendapatan tambahan yang besar

Kontra

Hampir dijamin mengganggu pengguna Anda jika mereka secara tidak sengaja mengarahkan mouse ke atas tautan

3. Jual ruang iklan

Menjual ruang iklan adalah cara umum lainnya untuk memonetisasi blog. Tidak seperti iklan bayar per klik, ruang iklan dijual dengan harga yang ditetapkan untuk periode waktu tertentu (biasanya bulanan). Anda dapat mulai menjual ruang Anda sendiri dengan membuat informasi di situs web Anda dan menjangkau pengiklan.

Saya tidak akan merekomendasikan mengejar metode ini kecuali Anda memiliki traffic dan pembaca yang konsisten. Kebanyakan orang tidak akan bersedia membayar ruang iklan di situs dengan pemirsa minimal. Kelemahan lainnya adalah iklan ini biasanya akan tetap dengan harga tetap. Ini berarti bahwa jika pandangan Anda dua kali lipat, pendapatan Anda masih akan tetap sama.

Pro

Penghasilan dijamin 

Banyak pengiklan bersedia membayar tempat di situs web dengan traffic tinggi

Kontra

Penghasilan Anda tetap sama bahkan jika traffic Anda dua kali lipat atau tiga kali lipat

Pengiklan tidak akan menjangkau Anda sampai Anda memiliki fanbase besar

4. Menjual eBook

Tidak seperti hari-hari tua yang baik, Anda tidak perlu menjangkau penerbit besar untuk menerbitkan buku Anda. Siapa pun dapat menulis konten dan mempublikasikannya berkat internet.

Apakah Anda seorang penulis atau otoritas yang terampil di bidang Anda? Anda dapat menjual eBook pada topik seperti penurunan berat badan, manajemen kecemasan, pelatihan olahraga, agama, politik, dll. Seperti halnya buku di perpustakaan lokal, Anda dapat menulis tentang hampir semua hal dan menjualnya kepada pembaca secara online!

Banyak orang mulai dengan menjual di Kindle Direct Publishing. Anda dapat mengirimkan buku Anda dalam hitungan menit dan menerbitkannya dalam beberapa hari. Amazon akan mengambil 30% dari penghasilan Anda, tetapi ini bisa sepadan karena buku Anda akan diterbitkan di toko Kindle. Setelah buku Anda diunggah, Anda dapat menempelkan tautan buku di seluruh situs web Anda untuk ditemukan oleh pembaca Anda.

Amazon bukan satu-satunya opsi untuk mempromosikan eBook. Anda juga dapat memilih untuk meng-host eBook Anda langsung di situs web Anda. Ini lebih sulit karena Anda perlu membuat posting blog, iklan, dan cara untuk mendapatkan prospek email.

Hal utama yang perlu diingat adalah bagaimana eBook Anda dapat membantu atau menginspirasi pembaca. Jika Anda dapat mencoretnya dari daftar periksa, maka menjual akan menjadi bagian yang mudah.

Pro

Internet telah menghapus kebutuhan untuk menunggu konten Anda dipublikasikan

Anda mengeluarkan eBook Anda ke audiens yang besar dalam waktu singkat

Potensi monetisasi tinggi

Kontra

Bisa sangat sulit untuk menonjol di atas kompetisi

Anda harus dapat memasarkan eBook Anda yang bisa sulit

Menulis eBook membutuhkan banyak pekerjaan editorial

5. Konten Premium Tersembunyi

Karena penggunaan blok iklan meningkat, banyak situs sekarang memilih konten premium. Ini populer di antara situs web berita, tetapi dapat digunakan di jenis situs web lain.

Strategi monetisasi ini mengunci konten Anda di balik paywall. Orang-orang harus membayar untuk mengakses konten di dalam dinding. Banyak situs pelatihan pemasaran memanfaatkan metode ini, dan dapat digunakan untuk hampir semua jenis konten. Anda akan ingin memastikan bahwa konten Anda layak untuk pembelian. Orang tidak akan membeli konten berkualitas buruk kecuali mereka ditipu untuk melakukan pembelian itu.

Jika Anda berada di WordPress, banyak plugin akan memungkinkan Anda untuk membuat konten yang terkunci. Bagian yang rumit adalah memastikan situs Anda cukup aman untuk menangani informasi kartu kredit dengan benar.

Pro

Memungkinkan Anda memonetisasi konten Anda

Bisa jadi "hal besar berikutnya" untuk mengurangi iklan yang mengganggu

Kontra

Hanya pengguna berbayar yang akan memiliki akses ke konten Anda yang dapat menurunkan traffic situs web Anda

Konten Anda harus menonjol sebelum orang bersedia membayarnya

6. Survei Konsumen Google

Google Consumer Surveys adalah alternatif yang bagus untuk konten premium. Ini telah digunakan untuk berita, teknis, kamus, dan situs web informasi umum.

Strategi ini mengunci konten Anda di balik survei dan memberikan akses ke konten setelah pembaca Anda memberikan jawaban. Anda akan menghasilkan sekitar 5 sen atau lebih per survei. Ini dapat menambahkan dengan cepat jika Anda memiliki banyak traffic.

Perlu diketahui bahwa hal ini dapat menyebabkan peningkatan rasio pentalan, jadi pastikan audiens Anda bersedia menjawab beberapa pertanyaan untuk menjangkau konten Anda. Saya berasumsi bahwa ini hanya berfungsi dengan baik untuk berbagai situs web. Jika orang tidak ingin membaca konten Anda, maka mereka kemungkinan akan mengklik dan mencari opsi lain yang kurang menjengkelkan. 

Pro

Banyak potensi penghasilan

Cepat untuk menyiapkan dan menggunakan

Kontra

Akan meningkatkan rasio pantulan

Tidak akan bekerja pada orang-orang yang tidak segera mencari informasi

7. Sumbangan

Meminta sumbangan adalah cara umum untuk membantu membayar tagihan hosting server dan membuat uang cadangan. Wikipedia didanai oleh donasi dan telah berbisnis sejak 2001. 

Jika Anda memiliki PayPal dan situs yang dibangun oleh WordPress, Anda cukup menemukan plugin yang akan berurusan dengan proses donasi. Ini adalah cara umum bagi pengembang untuk menghasilkan uang dari perangkat lunak dan konten gratis.

Pro

Menambahkan cara untuk mendukung situs Anda

Kontra

Tidak membayar banyak kecuali fanbase Anda sangat setia

Metode apa yang harus Anda Gunakan?

Metode monetisasi mana yang Anda pilih akan tergantung pada pengalaman, dan audiens Anda. Hal-hal lain dapat mencakup berapa banyak pekerjaan yang bersedia Anda masukkan ke situs web Anda, jumlah waktu luang yang Anda miliki, dan jenis konten yang Anda buat. 

Juga, jangan merasa seperti Anda perlu membatasi diri untuk salah satu metode ini juga. Dimungkinkan untuk menggunakan beberapa metode untuk memaksimalkan penghasilan Anda. Pastikan anda tidak kewalahan. 

Ini contohnya. Jika situs web Anda terdiri dari artikel berita dan pembaruan, Anda bisa memiliki Adsense, konten bersponsor, dan akun Google Consumer Surveys. Ini akan menciptakan tiga sumber pendapatan.

Contoh lain bisa menjadi situs tempat Anda menjual layanan halaman. Jelas, Anda tidak akan menginginkan konten bersponsor atau posting blog yang terjaga. Situs Anda hanya akan menyertakan iklan untuk layanan Anda dan mungkin beberapa iklan banner.

Post a comment for " 7 Cara Monetisasi Traffic Website Anda"