September 30, 2016

Bagaimana Cara Menemukan Topik Tulisan?

tips, blogger
FIKAL.MY.ID


FIKAL.MY.ID | Sebelum kita membahas inti dari judul artikel tersebut, terlebih dahulu kita harus pahami apa yang dimaksud dengan topik?. Topik menurut Kamus  Besar Bahasa Indonesia adalah pokok pembicaraan di diskusi, ceramah, karangan, dsb. Jadi bisa di simpulkan bahwa topik merupakan bahan pembicaraan  yang dilakukan melalui diskusi ataupun ceramah.

Di samping itu, kita ketahui bahwa topik juga merupakan salah satu hal penting untuk sebuah blog selain isi kontennya, karena ketika kita mengunjugi sebuah blog atau website, pasti topiknya dilihat dulu jika menarik pasti di baca dan mungkin judul atau topik itu tidak jauh beda sih. Untuk menemukan sebuah topik tulisan untuk blog atau apa pun itu. Ada beberapa yang harus kita ketahui dan pahami, Apakah itu? Silahkan di baca di bawah ini.


Pahami tujuan menulis !


Pertama yang harus kalian lakukan adalah pahami tujuan menulis itu, pasti di antara kalian sudah yang tau apa sih sebenarnya tujuan menulis itu? Mungkin tujuan orang masing-masing berbeda tapi hanya satu bisa kita capai. Jadi kita ketika menulis harus juga di pahami apa tujuan kita menulis dan untuk siapa?. Tujuan menulis di antaranya:

  • Membujuk? Mengajak? Meminta? Memerintahkan?
  • Menginformasikan?
  • Mencurahkan perasaan?
  • Mengekspresikan gagasan?


Diatas beberapa dari tujuan menulis, nah mungkin kalian akan memlih salah satu diantara 4 tujuan tersebut, karena tidak menutup kemungkinan kita akan memilih semuanya, bisa jadi kita menullis untuk mencurahkan persaan kita ke seseorang atau lebih baiknya dilakukan semua agar topik yang kita buat akan benar-benar menjadi lebih bagus dan menarik untuk dibaca.

Mulailah dari hal yang disukai atau yang kerap ditemui dalam keseharian

Nah dari sini juga kita akan menemukan topik, karena mulai dari hal yang disukai atau yang kerap ditemui dalam keseharian misalnya, kita suka ngeblog atau menulis, nonton film atau bahkan kejadian-kejadian yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari kita. Itu  bisa jadi sumber utama untuk menemukan sebuah topik. Contoh kita sukan nonton fim horror, nah pada saat kita nonton pasti timbul ide atau inspirasi untuk di jadikan sebuah topik, begitu dengan yang lain.

Gunakan literatur Sekunder Sebagai alat bantu.

Maksudnya adalah carilah sumber apa pun agar nantinya bisa menemukan sebuah ide misalnya dari buku, koran, majalah, tabloid. Saat itu kita akan menemukan topik sesuai literature yang kita dapatkan.

Pahami Profil Pembaca dan Menulislah untuk mereke.

Yang suka menulis cerpen atau membaca buku-buku inspirasi, pahami profi pembuat buku tersebut, atau carilah profil atau tokoh-tokoh yang kalian suka untuk di jadikan sebuah topik atau pokok pembahasan untuk di diskusikan. Biasanya orang yang suka membaca buku itu, dia akan membahas atau bahkan dia meriview buku tersebut sesuai pemehamannnya. Dari sini juga akan timbul bahan diskusi untuk diskusikan maka timbul lah sebuah topik lagi.

Mulai menulis dengan bebas (Free Waiting)

Yang terakhir kita hanya di suruh menulis bebas. Kalian pasti bertanya, apa hubungannya? Hubungannya adalah bisa jadi ketika kita menulis sesuatu apapun itu, pasti kita akan mengalami yang namanya masalah ? apakah itu masalah kata-kata, atau belum muncul ide-ide yang harus kita tulis atau bahkan bisa jadi kita membuat malas. Nah di saat itulah akan menimbukan topik lagi atau pokok pembahasan lagi. Saat kita menulis pasti ada kendala-kendala yang kita alami. Tetapi tenang aja kalian gak usah khawatir dan jangan dipikirkan menulislah saja apa pun itu, namanya juga menulis bebas, yah bebas, karangan sendiri, hasil karya sendiri asalkan jangan di copas tulisan orang lain hehehe.

Itulah beberapa tips sederhana saya bagikan untuk teman-teman belum bisa menemukan topik tulisan khususnya bagi para blogger pemula. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman dan saya sendiri. Terimah kasih.

6 comments

wah tips yang terakhir bagus
mulai menulis dengan bebas

thx gan,lagi belajar nulis nih saya biar lebih pintar untuk membuat artikel

iya gan, rata2 trps yang terakhir banyak dilakukan oleh orang lain

iya gan sama2 dan jangan bosan2 berkunjung ya hehe :D

sama dengan gan saya juga masih belajar nulis nih heheh


EmoticonEmoticon