Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

YouTube Rewind Indonesia 2020, Penuh Makna dan Rangkum Segala Trending

internet

Setelah absen tahun lalu, YouTube Rewind Indonesia akhirnya kembali lagi. Kali ini, Rewind Indonesia 2020 atau #RI2020, disutradarai oleh YouTuber Chandra Liow dan Aulion dan diinisiasi oleh Andovi da Lopez, Jovial da Lopez, dan Nessie Judge.

Rewind Indonesia 2020 tayang 28 Desember di kanal Indonesian YouTubers, tepat pukul 19.45 WIB, yang mana mirip dengan tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

YouTube Rewind Indonesia 2020 ini tak hanya merangkum segala hal yang trending tetapi penuh makna serta menampilkan para YouTube

Rewind Indonesia mendapat sambutan positif dari para warganet. Hingga berita ini ditulis, video sudah ditonton 3,3 juta kali dan kemungkinan akan semakin bertambah.

Rewind Indonesia juga mendapat 1,1 juta penyuka (like). Pujian pun membanjiri kolom komentar Rewind Indonesia 2020.

"Konsep, suara, gambar, ah udah lah, dari orang-orang luar biasa bisa menghasilkan karya luar biasa, termasuk kreator di dalamnya yang selalu survive bikin konten bagus, dari YouTube yang semakin ringan," tulis akun Si Tuyol di kolom komentar.

Komentar serupa ditulis pula oleh akun Yasmin Kurnia.

"Sumpah keren parah, melebihi keren," tulisnya.

Rangkuman trending 2020

Video diawali dengan seorang gadis berambut panjang dengan baju putih yang diperankan oleh Vanessha Laurren. Dalam sebuah ruangan, dia menyusuri lorong yang memajang deretan video trending setiap bulan selama tahun 2020.

Setiap kali membuka pintu, dia menyaksikan deretan video yang sama kembali, ibarat algoritma. Scene ini bermakna sindiran untuk algoritma YouTube yang kerap menyuguhkan video serupa ke penonton.

Hingga akhirnya, gadis itu bertemu dengan Chandra, Nessie, Atta Halilintar, dan Edho Zell. Para YouTuber itu lalu mengajaknya memasuki ruangan yang berbeda, penuh dengan para kreator konten.

Dari sinilah "petualangan" Rewind 2020 dimulai. Dalam durasi 14 menit 21 detik, semua topik trending sepanjang tahun 2020 diramu secara apik.

Sebut saja game Among Us, makanan odading, minuman kopi susu literan, pass the brush challenge, uang baru Rp 75.000, film Tilik, dan masih banyak lain yang bisa ditemukan dengan kejelian.

Tak ketinggalan, lagu-lagu hits seperti lagu Bunga ciptaan Thomas Arya yang dikenal dengan jargon "tarik sis semongko", lagu Lathi yang dibawakan Werid Genius ft Sara Fajira, Dynamite milik boyband Korea BTS, Blackpink dengan How You Like That, dan masih banyak lagi, dijahit sedemikian ciamik sebagai latar musik oleh Eka Gustiwana dkk.

Penuh makna

Bukan tahun 2020 apabila tidak memasukkan pandemi corona dalam kaleidoskop. Kondisi ini ditampilkan dengan penuh emosional.

Bagaimana masyarakat bahu membahu membantu sesama di tengah bencana, pernikahan dan proses wisuda yang harus berjalan virtual.

Para tenaga kesehatan yang menahan diri bersua dengan keluarga demi menyembuhkan corona juga menjadi adegan pilu yang ikut terangkum.

YouTuber lama

Salah satu adegan yang tak disangka warganet adalah ketika dimunculkan beberapa cuplikan video dari para YouTuber lawas. Seperti Bayu Skak, Raditya Dika, Young Lex, Devina Aurel, dan masih banyak lagi. Adegan ini pun menarik perhatian warganet di Twitter.

Rewind Indonesia 2020 ditutup dengan kolase puluhan YouTuber yang kemudian membentuk bendera merah putih raksasa. Disusul Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez menuju pintu keluar, sebagai visualisasi kepergian mereka dari dunia YouTube.

Pembuatan video ini memerlukan waktu yang tak singkat. Dalam Instagram Story, Aulion mengatakan butuh waktu tiga bulan untuk memproduksi Rewind Indonesia 2020.

"Sejak tiga bulan lalu (September), karya terakhir di 2020, brainstrom (diskusi) tiap hari," tulis Aulion. Video YouTube Rewind Indonesia 2020 bisa ditonton di bawah ini.

sumber : kompas.com

Post a comment for "YouTube Rewind Indonesia 2020, Penuh Makna dan Rangkum Segala Trending"