Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Photo Grid Di Illustrator

illustrator tips

FIKAL.MY.ID | WAJO - Cara membuat photo grid di illustrator. Apakah kamu pernah melihar sebuah feed Instagram saling sambung antara satu foto dengan foto sebelahnya? Cara untuk membuatnya tidak hanya bisa dilakukan di adobe photoshop.

Namu juga bisa dibuat lewat software adobe illustrator. Dengan adanya aplikasi illustrator kamu bisa membuat photo kamu jadi grid atau membuat feed Instagram dengan mudah dan cepat.

Jadi pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips bagaimana membuat photo grid yang saling terpotong namun kelihatan tersambung menggunakan adobe illustrator.

Sebelum lanjut, terlebih dahulu kamu harus tau pengertian dari photo grid

Apa itu Photo Grid

Photo grid adalah kumpulan foto yang diposisikan secara vertical dan horizontal untuk membuat satu bentuk keseluruhan, biasa persegi atau persegi Panjang.

Ini seperti bermain tetris, tapi dengan gambar.

Dan ketika membahas gagasan dan pengalaman kamu di Instagram. Photo grid hanyalah satu cara untuk memecahkan es dengan pengikut kamu.

Selain itu, feed Instagram kamu terlihat lebih rapi dan kelihatan cantik dan juga akan mendatankan followers tentunya.

Selanjutnya kita bahas ke tutorialnya. Oke langsung saja gak perlu basa-basi lagi.

Tips Membuat Photo Grid dengan Mudah Menggunakan Illustrator

Siapkan Foto

Pertama, yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan foto kamu yang akan dijadikan sebuah grid di Instagram nantinya. Ingat di Instagram hanya memiliki 3 baris kesamping, dan kolomnya bebas aja.

Buka Illustrator

Kedua, buka aplikasi illustrator yang ada di laptop/PC kamu, lalu pilih File > New

Atur Dokumen Baru


Ketiga, setelah tadi pilih file lalu new, maka muncul tampilan “New Document” jangan langsung di klik “create” terlebih dahulu kita atur gridnya dengan cara klik “More Setting”

More Setting


Disini kamu atur, silahkan ikuti ini :

Witdh : 500 px

Heigth : 500 px

Artboards :  6

Spacing : 1px

Columns : 3

Color Mode : RGB

Selebihnya terserah kamu, kalau sudah klik “ create doecument”

Hasilnya

Maka hasilnya seperti dibawah ini, ada 6 artboard dan 3 baris kesamping


Masukkan Foto

Selanjutnya, kamu masukkan foto ke dalam illustrator yang sudah diatur gridnya, dan usahakan fotomu mengenai semua artboardnya seperti dibawah ini.


Export

Terakhir, kamu tinggal export dengan cara pilih File > Export > Export As. Jangan lupa ceklis “use artboards” dan pilih “All”.


Maka hasilnya seperti dibawah ini, jadi kalian tinggal upload di akun Instagram kamu sesuai urutannya. Bagaimana sangant mudah kan!!.


Nah, itulah cara membuat photo grid dengan mudah menggunakan illustrator, jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan di kolom komentar aja. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Post a comment for "Cara Membuat Photo Grid Di Illustrator"