Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Gratis Mendapatkan Backlink Untuk Blog

 

SEO

FIKAL.MY.ID | WAJO - 7 Cara Gratis Mendapatkan Backlink Untuk Blog. Buat kamu yang baru memulai blog atau website, istilah backlink mungkin belum familiar. Apa perbedaan antara backlink dan jenis link lainnya? 

Mengapa istilah "backlink" sering muncul dalam pembahasan SEO (search engine optimization)? Mengapa kamu harus memahami backlink dan menerapkannya ke website atau blog Kamu? Bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas tinggi? 

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mendapatkan backlink secara gratis

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah link yang diposting di blog / website yang mengarah ke halaman blog / website kamu. Kegiatan membangun backlink disebut juga pembentukan tautan. Ada juga istilah external link dan inbound link. Oleh karena itu, ada penyedia backlink dan penerima backlink. Saat Kamu menempatkan tautan ke situs web atau blog orang lain di situs web Kamu, Kamu adalah tautan balik. Penerima backlink adalah situs web yang memperoleh link dari backlink.

Sangat sederhana, bukan? Sekalipun terkesan sederhana, backlink berperan penting dalam kesuksesan website atau blog Kamu.

Inilah Cara Mendapatkan Backlink Secara Gratis Untuk Blog

Buat konten berkualitas

Cara paling penting untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi, dan hal pertama yang harus diperhatikan adalah membuat konten yang bernilai dan berkualitas tinggi. Ini dapat lebih mencerminkan merek Kamu secara keseluruhan.

Jika kualitas halaman di situs web Kamu rendah dan tidak ada informasi berharga, situs web lain tidak akan menganggap Kamu sebagai merek otoritatif yang layak ditautkan ke situs web mereka.

Guest Post (Posting Tamu)

Posting tamu atau blog tamu adalah praktik membuat konten gratis ke situs web atau blog lain dengan imbalan tautan ke situs web Kamu. Tautan dapat ditempatkan di resume penulis atau digunakan untuk referensi informasi di konten.

Cara ini merupakan salah satu cara untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi yang populer karena keduanya menguntungkan kedua belah pihak.

Untuk menerapkan metode ini, pertama-tama tentukan situs web yang sesuai dengan ceruk pasar Kamu. Selain mengedit situs, Kamu juga bisa mencari opsi lain dengan melihat blog tamu yang disediakan kompetitor.

Coba buka Google dan masukkan kata "blog" di akhir ceruk pasar Kamu. Di sini, klik dan tentukan blog mana yang sesuai, dan Kamu ingin menjadi media blogging tamu untuk mendapatkan backlink ke website Kamu.

Konten Pencakar Langit/Skyscrapper Content

Bangun konten pencakar langit dengan mencari konten yang sudah bagus dan menjadikannya lebih baik. Konsep ini dikemukakan oleh Brian Dean dari Backlinko, dan dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi yang dapat dipertimbangkan.

Untuk membuat konten pilar, pertama-tama temukan konten di industri Kamu yang berperforma baik dalam hal tautan. Kamu dapat melakukan ini dengan mengetikkan kata kunci dan kemudian melihat hasilnya di beranda, pencarian untuk melakukan pencarian Google sederhana.

Selanjutnya, buat konten lima hingga sepuluh kali lebih baik dari yang Kamu temukan. Misalnya, jika banyak situs di beranda mesin pencari hanya membahas 5 alat SEO, Kamu dapat membuat konten yang menjelaskan semua alat SEO yang tersedia. Atau buat konten untuk menjelaskan apa yang tidak sepenuhnya dijelaskan dalam artikel ini.

Buat Konten yang Terbukti Menghasilkan Backlink

Buat konten berkualitas tinggi menggunakan format yang telah terbukti menghasilkan lebih banyak backlink berkualitas tinggi. Ada beberapa jenis format konten yang terbukti, dan cenderung berkinerja lebih baik saat memperoleh banyak backlink.

Beberapa format konten meliputi: katalog, kuis, infografis, video, tips atau konten "bagaimana", dan konten dalam beberapa bentuk penjelasan atau konten "mengapa".

Buat Konten Tentang Panduan Utama

Cara lain untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi adalah dengan membuat konten dalam bentuk panduan utama. Konten semacam itu seringkali panjang dan komprehensif. Penelitian menunjukkan bahwa konten bentuk panjang berkinerja lebih baik di Google daripada artikel bentuk pendek.

Selain itu, format konten panduan biasanya menjadi sumber tema yang digunakan orang saat menulis topik di blognya.

Untuk membuat konten dalam bentuk panduan utama, pilih topik populer yang belum sepenuhnya dibahas. Kemudian, buat garis besar topik dengan menulis daftar subtopik agar topik Kamu lebih lengkap dan luas. Terakhir tulis isinya.

Gunakan Content Sharing Platform

Kebanyakan orang membagikan artikel atau konten terbaru mereka di media sosial. Harus dilakukan. Namun, selain berbagi konten di media sosial, Kamu juga perlu membagikan konten di platform berbagi konten.

Platform berbagi konten seperti Medium, Kompasiana, Hipwee, VIVA Blog, Kaskus, Reddit, dan SlideShare dapat digunakan untuk menempatkan tautan di situs web atau blog Kamu. Kamu bisa menulis artikel baru yang masih berhubungan dengan topik yang sedang Kamu diskusikan, lalu menempatkan link ke artikel yang diinginkan. 

Dengan cara ini, Kamu bisa mendapatkan backlink dari platform berbagi konten. Walaupun linknya nofollow, cara ini tetap cocok untuk mempromosikan konten blog atau website.

Ubah Penyebutan Merek/Brand Menjadi Backlink Berkualitas Tinggi

Jika seseorang menyebut Kamu dalam posting konten mereka tetapi tidak memberikan tautan ke situs web Kamu, ini adalah penyebutan merek yang tidak tertaut. Gunakan itu untuk memberi Kamu kesempatan mendapatkan backlink berkualitas tinggi.

Kirimkan email kepada kami dan ucapkan terima kasih karena telah menyebutkan nama merek Kamu di postingan mereka. Kemudian, beri mereka saran agar mereka dapat memposting link ke situs Kamu. Dengan cara ini, pembaca mereka dapat dengan mudah menemukan postingan yang meragukan di situs Kamu.

Fikalmyid
Fikalmyid Blogger Wajo yang ngeblog sejak tahun 2014. Saat ini aktif desain grafis sambil share tips dan trik tentang blog dan desain grafis

12 comments for "7 Cara Gratis Mendapatkan Backlink Untuk Blog"

  1. Sslam kenal, MasFikal. Saya nenek gaptek baru belajar ngeblog, Tapi sebagian ulasan ini dapat saya pahami. Intinya saya harus belajar keras agar bisa mengaplikasinya. Selamat sore. Ajarkan saya ya, Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, saya juga masih belajar. intinya terus aja buat artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi org lain. Dan terima kasih sdh berkunjung

      Delete
  2. jejak bang, sangat tidak mudah untuk mencapai SEO. Perlu berjuang keras dengan web kompetitor. artikel dan web ini cukup membantu saya, keren!!!

    ReplyDelete
  3. Kunjungan malam bang, sangat bermanfaat sekali.
    Salam kenal dr blog pemula abdulrahman.web.id 🙏

    ReplyDelete
  4. Halo mas, salam kenal dari saya Tom pemilik blog TOMTOMID. Berkunjung balik kalau berkenan. Baru aja update postingan saya. Wkwk Makasih infonya mas, saya sudah menerpkan tips diatas sebagian. Btw, bagian head kok ada space buat iklan? Apakah iklan masih blank karena pembatasan apa gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya, dan bagian head emng ada iklan d stu, mungkin krna browser bnyak cache jadi blank, krna iklannya masih normal kok

      Delete
    2. Speed nya kali gan? Di sidebar ga dikasih malah? Atau ga pake iklan otomatis kalau normal iklannya! Saran aja sih gan. Rumah web iklan google apa afiliasi rumah web?

      Delete
    3. klw speed aman sih, krna pake template premium. klw iklan gak otomatis sih, langsung copy kode nya dari google ads, hmmm

      Delete
    4. VioMagz yaa mas? Ada pemberitahuan pembatasan iklan ga di ads nya? Saling support mas, saya pemula.

      Delete
    5. iyya viogmaz. dan gak ada kok pemberitahuan nya. Oke sip

      Delete