Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Media Sosial Untuk Meningkatkan Bisnis Anda

internet

FIKAL.MY.ID
| WAJO - Semakin hari teknologi semakin canggih dan memajukan teknologi telah melihat peningkatan dalam jaringan media sosial secara global. Saat ini, banyak situs media sosial tersedia yang dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis yang berbeda. 

Meskipun situs awalnya dimaksudkan untuk terhubung dan bersosialisasi dengan teman-teman, Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan bisnis Anda. Banyak perusahaan besar dan usaha kecil menggunakan jaringan ini untuk memasarkan barang dagangan mereka secara online. 

Apa lagi dipandemi Covid-19 ini, tentu banya pebisnis yang harus beralih ke bisnis online, seperti membuat website, promosikan produknya secara online beriklan di media social dan lain-lain.

Jika  Anda punya bisnis segera beralih secara online dan manfaatkan media social yang ada.

Memanfaatkan bisnis Anda di situs sosial adalah pendekatan yang efisien untuk menjangkau banyak pelanggan potensial dan berinteraksi dengan pemilik bisnis lainnya.

Karena banyak jaringan yang ada, bagaimana Anda bisa tahu apakah situs media sosial tertentu sesuai dengan merek Anda? Apakah Anda memilih secara acak dan membuka akun dan mulai memasarkan bisnis Anda? Anda harus memahami aspek mendasar dan fungsionalitas situs yang berbeda dengan mengeksploitasi jangkauan merek dan akhirnya mendorong penjualan.

Artikel ini menyoroti situs sosial paling tepat yang dapat membantu Anda meningkatkan bisnis Anda.

Inilah 10 Media Sosial yang Dapat Meningkatkan Bisnis Anda

1. Facebook

Facebook adalah situs terbesar di dunia,dengan lebih dari dua miliar pengguna reguler. Dengan popularitasnya, ia juga memiliki potensi yang luas untuk mengiklankan bisnis Anda. 

Saat ini, jutaan pemilik bisnis menggunakan Facebook untuk menciptakan brand awareness, melakukan percakapan interaktif, dan mendapatkan lebih banyak pelanggan potensial sebagai pengikut. 

Facebook akan membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda karena Anda dapat menautkan dengan calon klien tidak peduli spesialisasi Anda. Tetapi Anda harus membayar biaya standar untuk iklan.

Dengan fitur periklanan Facebook tingkat lanjut, halaman bisnis Anda akan menjangkau banyak calon klien. Ini membantu Anda mempersempit iklan Anda ke audiens target yang tepat melalui faktor-faktor seperti jenis kelamin, usia, tren belanja, minat, dll. 

Jadi, ketika pengguna sibuk menggulir linimasa mereka, mereka akan melihat iklan bisnis Anda dan mengklik untuk melihat halaman Anda.

2. Facebook Messenger

Platform populer lainnya untuk meningkatkan interaktivitas bisnis adalah Facebook Messenger. Meskipun merupakan afiliasi dari Facebook, entah bagaimana independen dengan aplikasi yang dapat diunduh terpisah. 

Ini terdiri dari fitur tambahan yang membantu bisnis berkomunikasi dengan klien dengan mudah dan nyaman tanpa masuk ke akun utama. 

Karena ditautkan ke Facebook, Anda masih dapat mengakses database pengguna dan fitur iklan untuk mempromosikan bisnis Anda.

Messenger memiliki kampanye iklan tertentu yang meminta pengguna untuk memulai percakapan setelah mengklik iklan Anda. Dari sana, Anda dapat berkomunikasi langsung dengan klien yang tertarik dengan mudah. Anda juga dapat meninggalkan pesan otomatis untuk pelanggan segera setelah mereka menghubungi halaman Facebook Anda.

3. Instagram

Instagram salah satu media social juga yang memiliki banyak penggunanya, dan apa lagi ada fitur  khusus belanja/shop. Fitur ini kamu bisa menemukan produk yang kamu ingingkan seperti baju, sepatu, tas dan masih banyak lagi. Kamu bisa manfaatkan fitur ini untuk bisnis Anda.

Dengan profil bisnis Instagram, Anda dapat menikmati analitik lanjutan untuk mempromosikan produk Anda. Ini adalah aplikasi yang memerlukan berbagi video dan foto. Karena Facebook juga memiliki Instagram, ia memiliki fitur iklan serupa yang membantu bisnis mendapatkan jangkauan merek besar melalui pengikut aktif.

Namun, tidak seperti Facebook, Anda tidak perlu membayar untuk mempromosikan merek Anda di Instagram. Kembangkan pengikut Anda secara organik dan nikmati pemasaran bebas anggaran semua untuk kenyamanan Anda.

4. YouTube

YouTube adalah aplikasi video populer, dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif setiap bulan. Anda dapat membuka akun untuk channel Anda untuk mengupload atau menonton video dengan konten berguna yang berkaitan dengan bisnis Anda. 

Banyak orang mengakses YouTube untuk menonton video dan mencari sumber daya bermanfaat yang mungkin memengaruhi kebiasaan pembelian mereka. Oleh karena itu, jika lebih banyak orang berlangganan channel Anda dan berbagi, lebih banyak pelanggan potensial akan menonton video Anda.

Google memiliki YouTube dan menawarkan platform pemasaran yang sesuai yang memungkinkan Anda menjalankan iklan YouTube antar video. Anda juga dapat memasukkan kata kunci yang tepat untuk meningkatkan merek Anda untuk pencarian online.

5. Pinterest

Brand kreatif yang mencari situs sosial yang cocok dapat menggunakan Pinterest. Ini memiliki lebih dari 200 juta pengguna per bulan dengan sebagian besar pengguna aktif adalah wanita. Pinterest memiliki koleksi banyak yang cukup menarik. 

Anda dapat menjelajahi postingan yang menawan, mulai dari resep makanan dan ide melukis hingga skema warna outfit dan inspirasi gaya hidup. Pinterest membantu Anda mendapatkan lebih banyak jangkauan klien melalui konten informatif.

6. Twitter

Twitter cocok untuk berbagi berita dan cerita menarik lainnya yang terjadi secara global. Dengan lebih dari 300 juta pengguna yang konsisten per bulan, Twitter adalah situs sosial yang cukup interaktif. Fokus real-time yang unik pada cerita membuatnya menonjol dari situs lain.

Anda dapat menggunakannya untuk memasarkan bisnis Anda melalui tagar untuk menemukan pelanggan potensial. Setiap tweet, bagaimanapun, hanya dapat memiliki 280 karakter yang bisa sangat membatasi bagi kebanyakan orang.

7. LinkedIn 

Jika Anda ingin menargetkan pelanggan menggunakan jabatan pekerjaan, coba LinkedIn. Ini memiliki lebih dari 300 juta pengguna aktif per bulan di dunia bisnis perusahaan. 

Model bisnis juga sangat diuntungkan dari LinkedIn. Karena lebih berorientasi bisnis, pengguna memiliki profil akurat yang menunjukkan pekerjaan, email, dan bahkan nomor telepon mereka saat ini.

Meskipun kampanye iklan kurang maju daripada Facebook, menguntungkan bagi bisnis yang menargetkan individu tertentu yang memegang jabatan pekerjaan tertentu.

8. Snapchat

Aplikasi visual menarik lainnya adalah Snapchat yang memiliki jutaan pengguna reguler. Aplikasi ini memungkinkan berbagi foto dan video pendek dengan pengguna aplikasi lain sehingga pengikut Anda dapat melihatnya.

Ini adalah platform yang cocok untuk bisnis yang menargetkan anak muda karena lebih populer di kalangan generasi muda. Anda dapat membagikan foto atau video bisnis untuk menciptakan kesadaran akan produk Anda.

9. Yelp

Tidak banyak orang tahu tentang Yelp, tetapi ini adalah situs yang berguna dengan lebih dari 100 juta pengunjung mencari rekomendasi tentang penyedia bisnis atau layanan tertentu.

Yelp membantu bisnis Anda tumbuh dan mempertahankan basis pelanggan setia melalui ulasan positif dan tanggapan terhadap testimonial negatif. 

Jika Anda menginginkan transparansi dan akuntabilitas untuk bisnis Anda, cobalah Yelp untuk membangun kepercayaan dengan klien potensial dan yang sudah ada.

10. TikTok

Diluncurkan pada tahun 2018, TikTok adalah peserta baru di dunia media sosial. Anda dapat membuat klip video pendek dan membagikannya dengan pengikut Anda. Dengan lebih dari satu miliar pengguna secara global, ia telah menikmati popularitas yang berkembang pesat.

Pemilik bisnis dapat memanfaatkan TikTok dengan memasarkan produk atau layanan mereka melalui influencer. Pengguna dengan banyak pengikut seperti musisi, aktor, penari, atau model, dapat memberikan jangkauan merek besar dengan satu posting. Anda dapat memeriksa layanan Private Writing untuk informasi lebih lanjut.

Nah, itulah 10 top meida social yang bisa membantu Anda meningkatkan bisnis Anda. Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak perlu membuka akun di semua situs web. Pastikan Anda mengidentifikasi beberapa jaringan yang dapat Anda kelola dan mulai memasarkan produk Anda.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar Anda dibawah. Terima kasih.

Post a comment for "10 Media Sosial Untuk Meningkatkan Bisnis Anda"