Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Tentang Keluarga Type Tool Di Illustrator

illustrator tips

FIKAL.MY.ID | WAJO - Memahami fungsi type tool adobe illustrator. Tanpa type tool desain kita bagaikan selembar kertas putih, betul gak? Bisa jadi begitu. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan fungsi tools type tool di adobe illustrator, type tool sendiri memiliki beberapa bagian atau bisa dikatakan beberapa saudara.

Setiap saudaranya memiliki kegunaan tersendiri. Ada berapa jumlah saudara yang dimiliki type tool? Ada enam bagian, tentu setiap bagian masing-masing fungsinya berbeda.

Bukan saja type tool memilik bagian atau saudara tapi tools yang lain mempunyai bagian-bagian tersebut. Tapi di postinga kali ini saya cuman ingin membahas bagian type tool saja. Kenapa harus type tool? Sebelum itu, kamu harus tau dulu, apa itu itu type tool?

Pengertian Type Tool

Typel tool merupakan tools yang berfungsi untuk menulis atau menambahkan teks di halaman kerja illustrator. Bukan hanya di illustrator saja tentu semua aplikasi pasti memiliki tools type tool, apakah itu aplikasi design maupun editing video dan lain-lain. Type tool ini tentu sangat berperan penting apa lagi di bagian design tentunya.

Symbol atau icon type tool


Type tool bisa ditemukan pada toolbox yang terletak disamping kiri. Klik tahan type tool (T) maka akan muncul pilihan lainnya. Nah disini lah yang dimaksud bagian-bagian saudara dari type tool tersebut, dan bentuk symbol atau iconnya adalah huruf “T”, itulah kenapa tombol shortcut nya type tool adalah “T” untuk lebih mudah diingat oleh para pengguna.

Penjelasan singkat tentang keluarga Type Tool.

Jadi disini saya akan menjelaskan secara singkat nama jelas setiap saudara-saudara type tool yang berjumlah enam. Yang pertam yang akan saya jelaskan adalah “type tool”

Keluarga Type Tool

Type Tool

Sebelumnya saya sudah jelaskan type tool itu. Tapi saya akan menambahkan sedikit, jadi type tool berfungsi untuk membuat teks, tidak hanya mengetik tapi tool yang satu ini juga bisa untuk membuat vector teks.

Area Type Tool

Area type tool ini berfungsi untuk membuat teks di area suatu objek yang berbentuk vector, misalkan kamu akan mengetik teks di sebuah objek yang berbentuk kotak, kamu tinggal mengklik garis kotak tersebut dan kamu bisa menuliskan teks disitu.

Type on a Path Tool

Type on a path tool berfungsi untuk membuat teks di suatu garis objek yang berbentuk vector seusai lengkungan garis itu. Jadi jika garis tersebut berbentuk kotak maka tulisan akan berbentuk kota.

Vertical Type Tool

Vertical type tool berfungsin untuk membuat teks secara vertical, tentu karena dari namanya saja sudah jelaskan. Jadi jika kamu ingin mengetik kearah bawah atau vertical kamu bisa menggunakan type tool ini yaitu vertical type tool.

Vertical Area Type Tool

Type tool ini sama dengan vertical type tool sebelumnya, tetapi tool ini hanya untuk menulis di area objek yang berbasis vector saja.

Vertical Type on a Path Tool

Verical type on a path tool ini berfungsi untuk membuat teks vertical di suatu garis objek yang berbentuk vector sesuai lekukan garis tersebut. Jadi jika garis tersebut berbentuk lingkaran, teks akan berbentuk lingkaran tetapi teks akan vertical.

Nah, itulah tadi penjelasan singkat tentap keluarga type tool di adobe illustrator, saya rasa kamu pasti sudah mengerti dan pasti sering melihatnya, tapi jika penasaran kamu bisa praktekkan langsung. Semoga artikel ini bermanfaat jika ada saran atau pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar dibawah. Terima kasih.

1 comment for "Penjelasan Tentang Keluarga Type Tool Di Illustrator"