January 5, 2017

5 Hal yang saya lakukan sebelum menulis artikel di blog

tips ngeblog

Ketika kita membuat artikel atau menulis sesuatu, ada satu kata yang tak lepas setiap kita menulis yaitu kata “artikel”. Dimana-mana pasti ada kata artikel yang mengikuti ketika sedang menulis atau membuat artikel di blog. Kenapa selalu ada kata artikel ya? Mungkin dari sananya memang atau sudah ditakdirkan bahwa setiap kita ingin membuat artikel pasti ada kata artikel yang mengikuti, tetapi mungkin hanya sebagian para blogger yang alami seperti ini, tentunya juga saya salah satunya.

Tetapi semua dibalik itu pasti ada manfaatnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel tentang 5 hal yang saya lakukan sebelum menulis artikel di blog. Dan apakah itu? Tapi sebelum itu, pasti para sebagian blogger mengalami hal yang sama dengan saya, dia akan melakukan sesuatu sebelum membuat artikel di blognya masing-masing dan itu tergantung diri sendiri, bagaimana sudut pandangnya ketika dia memulai membuat sebuah artikel. Disamping itu, semua orang akan berbeda-beda opininya dan tujuannya masing-masing saat membuat blog.

Oleh karena itu Anda juga harus tau bahwa setiap kita melakukan sesuatu baik itu menulis artikel atau mengerjakan pekerjaan atau sebagainya, pasti terlebih dahulu Anda pasti melakukan hal yang penting dulu sebelum melangkah ke pekerjaan selanjutnya. Dan begitu pun sebagian blogger, terutama pada diri saya sendiri, sebelum saya menulis artikel di blog ada beberapa hal yang saya lakukan.

Ini dia 5 hal yang saya lakukan sebelum menulis artikel di blog 

Siapkan laptop + kopi susu

Pertama yang saya lakukan ada mempersiapkan laptop + kopi susu jika perlu, tetapi sebelumnya itu kita harus memulainya dengan niat, agar apa yang kita lakukan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan keinginan kita. Baik kita lanjut, sampai dimana tadi, nah mengapa harus kita siapkan laptop dan kopi susu? Kenapa bukan laptop saja ? atau kopis susu saja? Nah pertanyaan yang cukup bagus, baik mengapa demekian karena memang kita harus butuh laptop untuk mengetik kalau tidak ada laptop bagaimana bisa mau menulis, tetapi bagaimana kalau ada kertas? Ya kalau kertas kita akan kerja duakali dong. Masa setelah menulis dikertas lalu kita mengetik lagi dilaptop bikin capekkan. Kemudian bagaimana dengan kopi susu? Nah kopi susu bisa dikatakan teman mainnya saya teman seperjuangannya ketika saya ingin menulis artikel, dan kopi susu ini saya siapkan pada malam hari, karena terkadang juga menulils pada pagi hari. Itu sih tergantung suasananya aja sih dan jika tidak ada kopi susu ya gak papa juga sih saya akan tetap menulis artikel.

Browsing internet

Yang kedua yang saya lakukan adalah browsing internet. Kenapa saya melalukan hal tersebut? Karena dengan browsing saya bisa mendapat informasi – informasi menarik dan itu juga sangaat bermanfaat bagi diri saya sendiri. Disamping itu bukan saja informasi saya dapatkan, saya browsing internet ingin berkomunikasi lewat media social seperti facebook, twitter, karena kita perlu juga berinteraksi didunia maya, siapa tau kita dapat ide untuk menulis atau semacamnya lah hehehe. Kemudian saya melakukan hal tersebut mencari artikel yang berkualitas dan bermanfaat serta menambah pengetahuan saya. Jadi browsing internet memang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Blogwalking

Yang ketiga adalah blog walking. Blog walking tidak asing lagi dikalangan para blogger, karena semuanya sudah tau bahwa blog walking adalah jalan-jalan atau saling mengunjungi antara sesama para blogger. Tetapi ini yang saya lakukan sebelum saya menulis, disamping itu saya berkomentar diblog orang lain, siapa dapat backlink heheh, oleh karena itu blog walking juga memberikan manfaat bagi blog kita sendiri. Jadi Anda harus melakukan hal ini sebelum menulis artikel diblog Anda, siapa tau juga ketika Anda mengunjungi blog orang lain bisa jadi Anda dapat suatu ide yang bisa dituliskan untuk blog Anda, dan juga menambah wawasan, meningkatkan pengunjung serta mempererat silaturahmi antara blogger.

Bermain games

Setelah melakukan tiga hal diatas dan yang keempat adalah bermain games. Nah bermain game membuat sebagai refreshing otak saya. Karena saya sudah mengumpulkan informasi-informasi lewat browsing dan blogwalking, tetapi mungkin Anda mengatakannya itu blum cukup, tapi saya rasa itu sudah cukup bagi saya. Setelah itu saya istirahat sejenak dan kegiatan selanjutnya saya lakukan adalah bermain games. Games yang biasanya saya mainkan adalah COC, 8pool, Vainglory, dan game-game onlinenya. Bermain games juga sangat membantu saya untuk mengolah kembali atau merefreshing otak saya untuk menulis sebuah artikel. Jadi jika Anda ingin melakukan hal tersebut, silahkan karena tidak ada salah untuk mencoba, dan takut jika gagal, karena kesuksesan itu berawa dari kegagalan, dan jika anda ingin mencapai seuatu, Anda harus berusaha keras untuk mencapai semuanya.

Mulai menulis

Yang terakhir adalah mulai menulis. Saya mulai menulis apa yang saya dapatkan dari keempat hal tersebut, ternyata ketika saya menulis keempat hal tersebut sangat membantu bagi saya. Oia sebelum saya memulai menulis memutuskan koneksi ineternet biar tetap konsentrasi dalam menulis dan mencari tempat yang nyaman. Dan tempat nyaman dan tenang biasanya saya lakukan didalam kamar saya sendiri, kemudian setelah melakukan hal tersebut dan saya kembali menulis lagi. Setelah selesai saya membacanya kembali siapa tau kata-kata yang salah, kemudian saya posting deh diblog.

Semoga artikel ini bermanfaat dan siapa tau mau mengikuti kelima hal tersebut dan bisa membantu mendapatkan inspirasi. Semoga berhasil dan sukses. Oke.


EmoticonEmoticon