Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah - Langkah Menulis Cerpen

langkah langkah menulis cerpen

Cerpen merupakan salah satu bentuk sastra yang berasal dari Indonesia. Kata "cerpen" berasal dari dua kata "cerita" dan "pendek", yang secara bersama-sama berarti "cerpen". Cerpen biasanya adalah cerita yang berkisar pada konflik atau masalah utama, dan biasanya tidak lebih dari 10 halaman. 

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menulis cerpen adalah unsur intrinsik cerpen, karena unsur intrinsik adalah bagian-bagian dari sebuah cerpen.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan bahas bagiamana langkah langkan menulis cerpen dengan baik. Ada pun langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam menulis cerpen adalah sebagai berikut.

Berikut 5 Langkah Menulis Cerpen

a. Menentukan Tema

Tema merupakan sesuatu yang menjiwai sebuah cerita. Tema menjadi dasar dalam bercerita.Ruh sebuah cerita terletak di dalam tema. Dalam menulis cerita tema harus dihayati betul oleh penulis.Tema-tema yang sering dipakai dalam penulisan cerpen misalnya masalah sosial, keagamaan, kemiskinan, kesenjangan, perjuangan, percintaan, dan lain-lain. Tema yang paling diminati bagi kalanan remaja adalah tema percintaan selain tema-tema yang lain.

b. Sudut Pandang

Dalam menulis cerpen kalian harus konsisten dalam menggunakan sudut pandang. Kalau kalian menggunakan sudut pandang sebagai orang pertama, dari awal sampai akhir cerita harus tetap menggunakan sudut pandang orang pertama dengan menggunakan sudut pandang aku atau saya dalam bercerita. Keajegan dalam menggunakan sudut pandang akan membantu pembaca dalam menikmati cerita yang kamu sampaikan.

c. Penokohan

Pengungkapan karakter tokoh dalam cerita harus logis. Pengarang harus dapat menciptakan gambaran yang tepat untuk watak orang yang ditampilkan. Berawal dari penciptaan karakter tokoh inilah jalan cerita akan terbentuk.

d. Alur atau plot

Biasanya karakter tokoh yang dibangun dalam cerita terdiri atas tokoh yang berkarakter baik dan berkarakter burukDi samping itu akan diciptakan pula tokoh yang netral sebagai penengah ketika terjadi konflik antara tokoh yang berkarakter baik dan tokoh yang berkarakter buruk. 

Dari konflik yang terjadi inilah jalan cerita atau alur akan dibangun. Alur harus diterapkan dengan tepat. Alur yang baik akan memberikan kesan mendalam bagi pembaca. Terdapat bermacammacam alur dalam sebuah cerita, di antaranya adalah sebagai berikut.

1) Alur sirkuler, yaitu cerita yang dimulai dari A dan kembali lagi ke A.
2) Alur linier, yaitu alur yang dibangun searah, maju atau lurus.
3) Alur foref shadowing, yaitu alur yang dibangun dengan menceritakan
masa datang, meloncat ke masa lalu, dan pada akhir cerita meloncat
lagi ke masa datang.
4) Alur flash back, yaitu cerita yang sesungguhnya adalah cerita masa lalu tetapi justru cerita itu dimlai dari hari ini. Olahraga

e. Menentukan Judul

Judul dapat ditulis setelah keseluruhan cerita selesai ditulis. Judul dapat ditentukan dari bagian yang paling menarik dari cerita itu. Pemilihan judul harus menarik bagi pembaca, sebab judul merupakan pintu gerbang yang dapat pula diibaratkan sebagai sebuah etalase. Dengan membaca judul pembaca akan membayangkan isinya.

Itulah langkah langkah membuat cerpen, jika kalian ada tambahan atau saran silahkan tulis di kolom komentara aja ya. Terima kasih
Fikalmyid
Fikalmyid Blogger Wajo yang ngeblog sejak tahun 2014. Saat ini aktif desain grafis sambil share tips dan trik tentang blog dan desain grafis

Post a Comment for "Langkah - Langkah Menulis Cerpen"