Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Kriteria Iklan yang Baik dan Efisien

ilmu komunikasi
Iklan yang menarik tentunya diharapkan oleh masyarakat. Misalnya dengan menyajikan iklan menghibur yang bias merangsang minat para pembeli atau masyarakat. Tapi iklan tidak cukup hanya dapat menghibur saja melainkan yang terpenting, iklan juga harus bias membuat orang membeli produk.

Yang sering jadi masalah adalah bagaimana cara membuat iklan yang tidak hanya menarik perhatian para pembeli atau customer. Tetapi juga mendatangkan trafik pengunjung yang jelas dalam artian jelas membeli produk tentunya. Untuk dapat memahami ciri iklan yang baik dan efisien. Maka kita harus memperhatikan konsep AIDA dalam membuat suatu konten iklan.

Apa itu Konsep AIDA? 

Konsep ini merupakan sebuah singkatan dari attention, i
nterest, desire, dan action.

1. Attention (menarik peringatan)

Jika iklan tidak bias menarik perhatian, lalu bagaimana iklan bias dikatakan efektif? Informasi yang teralu banyak atau berlebihan membuat orang sering kali mengabaikan pesan yang di anggap penting atau inti dari iklan tersebut. Maka dari itu periklanan harus bias menarik perhatian konsumen secara cepat.

2. Interest ( membuat jadi pengen)

Upaya untuk mengembangkan minat masyarakat atau membuat jadi pengen salah satunya dengan cara menawarkan berbagai harga menarik atau sering disebut promosi, misalnya, diskon khusus pada waktu atau hadiah tertentu untuk pembelian tertentu.

3. Desire (keinginan atau hasrat)

Dalam hal ini, pertimbangan konsumen yang rasional menjadi sasaran utama pemasaran. Keinginan atau kebutuhan public akan produk bias terjadi jika mereka sudah memiliki minat. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membangkitkan hasrat di kalangan konsumen tersendiri. Misalnya, menawarkan berbagai fitur menarik atau manfaat yang bisa didapat dari produk.

4. Action ( tindakan atau memilih produk dan jasa )

Tujuan akhir kegiatan dari promosi adalah pembelian. Untuk mendorong hal ini, iklan harus menampilkan kata-kata atau dorongan persuasive yang dapat merangsang tindakan ke arah pembelian atau order. Misalnya, menggunakan kata perintah di iklan yang akan ditampilkan “ Pesan Segera” atau yang lainnya bisa menggunakan kalimat seperti ini “ Dapatkan penawaran terbatas untuk 1 orang”.

Ciri iklan yang baik dan efektif tidak hanya dari segi tampilan konten yang bagus. Lebih penting dari itu iklan yang baik dan efektif harus dapat memicu calon pembeli untuk dapat tertarik dan membeli produk yang kita tawarkan.

Produk meliputi:

1) Jenis Produk : Sabun

2) Merk Produk : Lifebuoy

3) Konsep Produk : Sabun Kesehatan

Latar belakang hadirnya Lifebuoy :

Politik

Berbagi Sehat - Kampanye Mencuci Tangan dengan Sabun, dengan harapan agar kebiasaan sehat berupa mencuci tangan dengan sabun dapat diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya di dalam setiap keluarga Indonesia. 

Kampanye Mencuci Tangan dengan Sabun ini merupakan kelanjutan dari program Lifebuoy Berbagi Sehat yang yang diluncurkan oleh Pusat Pengembangan Kesehatan Lifebuoy (PPKL) pada bulan Juni 2004 bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Koalisi untuk Indonesia Sehat (KuIS) dan Yayasan ULI Peduli yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan Indonesia melalui kegiatan promotif dan preventif. Hasil dari program ini telah dialokasikan kepada pihak KuIS, Care Indonesia - Makasar dan Program 1200 jamban di desa Kutawis Purbalingga.

Ekonomi

Banyak orang memilih sabun Lifebuoy bukan hanya karena harganya yg relative terjangkau tetap juga karena keunggulan sabun tersebut untuk membantu menjaga kesehatan masyarakat pada umumnya. Dari sini terlihat bahwa untuk menjaga kesehatan yg merupakan bagian penting dalam kehidupan tidaklah harus mahal, salah satunya yaitu menggunakan sabun Lifebuoy.

Sosial-Budaya 

Selama 110 tahun lebih dalam sejarahnya lifebuoy selalu merajai bidang kesehatan melalui kebersihan. Hal yang utama bagi lifebuoy adalah Janji perlindungan dan komitmennya untuk mendukung kehidupan melalui perlindungan yang lebih baik – Lifebuoy, suatu jaminan perlindungan jika anda merasa terancam. Sebagai contoh, kampanye yang dilakukan pada tahun 1930-an di AS diberi judul 

“Mencuci tangan membantu menjaga kesehatan”, mendorong penggunaan sabun Lifebuoy untuk membunuh kuman di tangan yang dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan. Kampanye yang sama terus berlanjut hingga saat ini, dengan program pendidikan kebersihan Lifebuoy yang terus berlangsung di negara-negara termasuk India, Bangladesh, Pakistan, Sri Lanka, Indonesia dan Vietnam.

Teknologi

Semenjak tahun 2000, telah terjadi perubahan besar pada sabun batangan klasik Lifebuoy untuk menjamin agar sabun tersebut memberikan perlindungan kebersihan yang lebih jauh lagi dan pengalaman mencuci yang menyehatkan dan semakin menyenangkan bagi miliaran konsumennya.

Bentuk batu bata merah keras klasik sabun Lifebuoy telah digantikan dengan bentuk Lifebuoy signature yang baru. Bentuk yang baru membuat sabun itu mudah digenggam dan digunakan.

Tim Lifebuoy telah mengembangkan suatu formula baru yang memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap kuman dan menimbulkan busa yang kaya pada kulit.

Aroma Lifebuoy yang khas seperti obat dan karbol telah digantikan dengan wewangian kesehatan yang lebih menyenangkan dan modern.

Menurut saya Iklan yang baik dan efisien adalah iklan produk sabun “Lifebuoy”.

Lifebuoy adalah salah satu merek tertua, suatu merek yang benar-benar mendunia sebelum istilah merek global diciptakan. Sabun Disinfektan Royal Lifebuoy diluncurkan pada tahun 1894 sebagai suatu produk baru yang terjangkau di Inggris, untuk mendukung orang mendapatkan kebersihan diri yang lebih baik. Segera setelah diluncurkan, sabun Lifebuoy berkelana ke seluruh dunia, menjangkau negara-negara seperti India, suatu negara tempat sabun ini masih merupakan merek terkemuka di pasar.

Target Audience. Laki & perempuan, semua jenis pekerjaan, semua tingkat pendidikan, status single ataupun menikah, Psikografi : motivasi untuk sehat, gaya hidup modern, mementingkan kesehatan. Behavioral : condong untuk membeli sabun kesehatan daripada jenis sabun yg lain. Karena berpikir bahwa kesehatan no 1.

Selain itu, karena di dalam iklan Lifebuoy yg ditonjolkan bukan produknya tetapi manfaat dari penggunaan sabun Lifebuoy untuk cuci tangan bagi masyarakat,versi “berbagi sehat”.

Tim Lifebuoy telah mengembangkan suatu formula baru yang memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap kuman dan menimbulkan busa yang kaya pada kulit.

  • Terbukti melalui tes laboratorium menambah perlindungan yg tahan lama dari kuman penyebab bau badan.
  • Mengandung bahan anti kuman: 0,2% Triclocarban.

Strategi Kreatif Iklan yang digunakan

Yang ditonjolkan disini adalah cuci tangan pakai sabun (berbagi sehat) adalah untuk mengedukasi masyarakat untuk lebih peduli kesehatan yaitu salah satunya dengan mencuci tangan. Dari sini akan didapat persepsi dari masyarakat bahwa Lifebuoy peduli terhadap kesehatan dan lingkungan tempat tinggal mereka.

Post a Comment for "Inilah Kriteria Iklan yang Baik dan Efisien"