March 2, 2015

4 Penyakit Timbul Akibat Sering Main Smartphone Sampai Larut Malam

Seiring perkembangan globalisasi di dunia ini begitu banyak peruabahan salah satunya adalah dunia teknologi. Jaman sekarang teknologi semakin canggih aja karena begitu banyak jenis-jenis hp, android atau smartphone bahkan sudah juga yang namanya tablet. Dan sekarang android/smartphone sudah menjadi kebutuhan hidup, entah itu untuk kalangan bisnis, pelajar hingga ibu rumah tangga pasti memiliki smartphone. Lebih dari itu, terkadang kita menggunakan smartphone lebih dari batas wajar. 
Kesehatan


Lupa akan waktu istirahat yang terus digunakan untuk bermain smartphone. Sebagai contoh, banyak kalangan yang main smartphone sebelum mereka tidur, dan parahnya hal itu sudah menjadi ritual setiap malam. Padahal hal tersebut adalah alasan kenapa tidur kamu menjadi tidak berkualitas.
Berikut ada beberapa dampak negatif yang didapat akibat bermain smartphone sampai larut malam:

1. Merusak Mata
Mata adalah salah satu organ tubuh yang paling penting, Indra penglihatan yang telah bekerja seharian penuh dan butuh istirahat di malam hari. Tapi jika pada waktu istirahatnya dipaksa untuk membaca teks berukuran kecil ditambah dengan cahaya dari layar yang terfokus langsung ke mata, tentu akan mempengaruhi kesehatan mata dalam waktu dekat.

2. Melemahnya Daya Ingat
Jika kamu merasa semakin susah mengingat belakangan ini, Bisa jadi itu karena kebiasaan kamu bermain dengan smartphone pada waktu istirahat sebelum tidur. Berdasarkan Studi di Paris, Perancis pada tahun 2009 menunjukan bahwa waktu istirahat yang cukup dapat menstimulasi otak dalam memperkuat ingatan seseorang. Jadi kesimpulan sederhanya adalah semakin berkurang waktu istirahat kamu maka semakin berkurang juga daya ingat kamu.

3. Merusak Otak : Meskipun tidur tetapi otak tetap bekerja
Otak adalah satu dari beberapa bagian tubuh yang terus bekerja selama 24 jam penuh. Meskipun seseorang tertidur, otak tetap bekerja, meskipun intensitasnya tidak sebesar ketika seseorang sadar. Oleh karena itu, jika seseorang terus menggunakan smartphone pada jam istirahat, tentu itu tidak baik untuk kesehatan otak, tubuh, dan mata.

 4. Penyakit Jantung dan Stroke Dini
Jangan mengira penyakit jantung atau stroke hanya menyerang orang yang sudah berumur, Kaula muda yang gemar memainkan smartphone sebelum tidur ternyata juga memiliki resiko besar mengidap penyakit ini. Kurangnya istirahat yang terus dilakukan setiap harinya menyebabkan tekanan darah menjadi tidak stabil dan parahnya bisa mengakibatkan gagal jantung atau pula stroke, sudah banyak sumber yang membahas tentang hal ini, harusnya kamu sadar.

Kesimpulannya adalahnya jika ingin hidup sehat kurangilah bermain android/smartphone sebelum tidur agar kesehatan kalian aman dan terjaga. Dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian terutama bagi saya sendiri saya ucapkan terimah kasih.

Seorang blogger personal yang suka berbagi informasi menarik dan masih belajar dalam hal menulis artikel yang bermanfaat serta berkualitas. Menekuni blogging sejak tahun 2014

2 comments


EmoticonEmoticon