Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Inteface Dan Fungsinya Pada Illustrator

 

interface adobe illustrator

FIKAL,MY.ID - Mengenal interface dan fungsinya pada adobe illustrator. Adobe Illustrator merupakan salah satu aplikasi desain grafis berbasis vektor dari keluarga adobe creative cloud. Saar ini adobe illustrator banyak digunakan oleh desainer profesional dan digunakan untuk kebutuhan desain logo, ilustrasi, poster, banner, layout dan lain-lain.

Nah bagi kamu yang baru mengenal adobe illustrator alangkah baiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang interface atau bagian-bagian ruang kerja adobe illustrator sebelum kamu mempelajari materi tutorialnya.

Sebelumnya saya sudah membahas tentang interface dan fungsinya pada photoshop, sekarang saya akan bahas lagi interface dan fungsinya pada adobe illustrator.

Interface atau bagian-bagian ruang kerja illustrator harus dipahami dan dimengerti khususnya bagia yang baru mau belajar memakai atau menginstall software illustrator di komputer maupun di laptop.

Interface illustrator tidak beda jauh dengan interface pada photoshop, kurang lebih sama dalam segei posisi toolsnya. Interface juga bisa disebut tampilan dari sebuah aplikasi, jadi di illustrator memiliki beberapa bagian yang harus kamu ketahui agar saat menggunakan aplikasi tersebut tidak membuat kamu bingung lagi dan akan mempermudah kamu mempelajari tutorial atau materi tentang adobe illustrator nantinya.

Jadi, pada postingan kali saya akan membagikan dan menjelaskan bagian-bagian interface adobe illustrator CC versi 2022, karena saat ini saya sedang menggunakan versi yang terbaru. Jika kamu masih menggunakan versi lama, tidak masalah karena interface tetap sama, mungkin dari segi tools dan fiturnya aja yang berbeda.

Nah, apa saja nih yang terdapat di ruang kerja atau interface pada illustrator? pasti kamu penasaran kan? Baiklah langsung saja, gak usah basa-basi lagi.

Daftar Isi:

  1. Menu Bar
  2. Option Bar
  3. Tab Bar
  4. Tool Box
  5. Panel Bar
  6. Halaman Kerja

Sebelum lanjut, diharapkan setelah membaca postingan ini, kamu benar-benar memahami interface pada illustrator sebelum kamu melangkah ke tutorialnya. Tentu akan ada turorial yang saya akan bagikan juga jadi pastikan kamu memahami interface illustrator ini.

Inilah Inteface dan Funsinya Pada Adobe Illustrator

Menu Bar

Pertama, ada menu bar. Menu bar merupakan salah satu bagian interface yang paling sering dilihat dan digunakan karena pada bagian menu bar ini ada perintah untuk menyimpan file alias save as. Jadi menu bar memiliki berbagai menu dan berguna untuk melakukan perintah seperti membuat document baru, save as, export file, dan perintah-perintah lainnya. Jika kamu penasaran kamu bisa cek sendiri nanti, dan interface nya seperti dibawah ini.



Option Bar

Interface atau ruang kerja yang kedua adalah option bar. Nah option bar ini mengatur tools yang berisi menu menu lain dari tools yang kita gunakan, misalkan di bagian tools kita memilih pen tool, nnti akan tampil option bar dibagian bawah menu bar, fungsinya untuk mengatur lagi bagian-bagian pada pentools. 



Tab Bar

Interface ketiga ada namanya tab bar. Tab bar ini fungsinya memperlihatkan serta memilih berbagai halaman kerja yang sedang kita kerjakan atau bisa dikatakan nama file yang kita buat akan tercantumkan di tab bar tersebut.



Tool Box

Yang keempat ada interface yang namanya tool box, saya rasa semua pada tau tool box, karena semua aplikasi desain pasti ada namanya tool box. Fungsinya ini adalah untuk melakukan editin seperti tracing, membuath shape, membuat teks dan lain-lain. Karena semua tools yang sering kita gunakan pada desain ada di tool box tersebut. 

Dan tool box salah satu fitur utama yang terdapat di adobe illustrator. Kenapa saya mengatakan hal seperti itu? Karena menurut saya, tool box lah yang paling sering digunakan saat membuat karya desain seperto logo, poster, typografi dan lain-lain.



Panel Bar

Panel bar merupakan bagian ruang kerja yang kelima. Interface panel bar terdapat beberapa perintah seperti layers, color, appearance, artboard dan masih banyak lagi. Sebenarnya panel bar ini saling terhubung dengan menu bar yang ada pada bagian "window"



Halaman Kerja

Yang terakhir adalah halaman kerja. Ini adalah tempat untuk melakukan proses editing seperti memasukkan gambar, teks, dan lain sebagainya. Halaman ini juga dikenal sebagai artboard dan kamu juga bisa mengatur ukuran artboard tersebut sesuai keiinginan kamu atau menyesuaikan dengan karya design yang kamu buat.



Nah, itu lah bagian-bagian ruang kerja atau interface adobe illustrator cc versi 2022 yang kamu harus ketahui dan mengerti setiap fungsinya. 

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu belajar adobe illustrator nantinya serta bermanfaat. Terima kasih.

Jika ada bagian kurang mengerti, silahkan tulisa di kolom komentar yah.

Fikalmyid
Fikalmyid Blogger Wajo yang ngeblog sejak tahun 2014. Saat ini aktif desain grafis sambil share tips dan trik tentang blog dan desain grafis

Post a Comment for "Mengenal Inteface Dan Fungsinya Pada Illustrator"