Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Landing Page Gratis di WordPress

tutorial blog

Platform modern dan sistem CMS memungkinkan pembuatan landing page berkualitas tinggi untuk para profesional dan semua orang yang tidak tahu sejumlah pengembangan situs web. Mari kita cari tahu cara membuat landing page di platform WordPress dan plugin apa yang Anda butuhkan.

Pembuatan Landing Page: Pilih Host, Daftarkan Domain, Instal WordPress

Landing page adalah halaman situs promosi dan jika diartikan dalam Bahasa Indonesia yaitu halaman arahan. Tujuannya adalah untuk mengiklankan produk dan meyakinkan pengunjung untuk membeli langsung melalui halaman. 

Halaman arahan juga memungkinkan Anda untuk menjual bahan informasi dan berbagai layanan. Dan untuk membuatnya, Anda dapat menggunakan platform WordPress.

WordPress adalah CMS terkenal yang menarik bagi banyak pengguna. Ini cukup luas, mudah dikelola dan digunakan. Itu sebabnya begitu banyak bisnis memutuskan untuk membuat halaman arahan di platform ini.

Untuk memulainya, titik awal Anda bukan prosedur instalasi tetapi datang dengan ide. Jika Anda akan membuat halaman arahan sendiri, Anda kemungkinan besar tidak memiliki desainer. Anda perlu memikirkan cara menyusun dan merancang situs. 

Jika Anda berjuang untuk menemukan inspirasi, cukup lihat halaman pengguna lain, atau temukan halaman yang Anda sukai.

Sebelum Anda mulai bekerja di halaman arahan, Anda perlu memutuskan host. Hosting adalah layanan untuk menyediakan ruang disk di server. Ada berbagai platform gratis yang tersedia. Anda dapat menemukan yang populer hanya dengan bantuan Google.

Selain itu, Anda juga perlu mendapatkan domain. Untuk ini, daftarkan nama domain Anda dengan pencatat lokal bersertifikat.

Langkah selanjutnya adalah menautkan domain dan host dengan mendaftarkan server DNS hosting di pencatat domain. Anda bisa mendapatkan info lebih lanjut tentang hal ini selama proses aktual dalam pedoman.

Sekarang setelah Anda menyelesaikan semua tahap di atas, mari kita lanjutkan untuk menginstal platform. Anda dapat melakukannya dengan salah satu dari dua cara:

Secara otomatis menggunakan layanan penyebaran CMS gratis di layanan hosting;

Secara manual.

Secara umum, opsi pertama lebih disukai, terutama untuk pemula. Dalam hal ini, Anda perlu menentukan parameter yang diperlukan dan memulai proses instalasi.

Cari dan Instal Template Halaman Arahan di WordPress

Anda dapat menemukan banyak templat halaman arahan di situs tematik. Ada templat gratis serta yang harus Anda bayar. Template gratis biasanya versi stripped-down dari yang berbayar. Meskipun demikian, fungsionalitas mereka sering cukup untuk membuat halaman arahan berkualitas tinggi. Jadi, terserah padamu.

Anda akan melihat template untuk halaman arahan di WordPress di CMS itu sendiri. Pada tahap ini, lihat setiap tema sebelum menginstal. Ini akan membantu menghindari membuang-buang waktu bekerja dengan template yang tidak cocok.

Selain itu, Anda dapat mengatur filter dan memilih dari yang populer atau segar.

Selain itu, Anda dapat memulai dengan topik Anda dan mencarinya. Anda juga dapat menerapkan sinonim di bidang pencarian—misalnya, obat-obatan atau medis (obat)." Setelah Anda memilih templat, pelajari deskripsinya. Sekarang, Anda dapat mencobanya di versi demo situs. Jika tema yang telah Anda pilih cocok untuk Anda, instal dan aktifkan.

Selanjutnya, Anda perlu memutuskan apakah Anda ingin membuat halaman arahan dari awal atau menggunakan konstruktor atau plugin. Opsi pertama lebih cocok untuk profesional karena membutuhkan pengetahuan khusus. Ini termasuk pemahaman CMS, keterampilan tata letak, dan sebagainya.

Tentu saja, Anda dapat mengunduh data demo. Pengembang template biasanya menyediakan anda untuk membuatnya lebih mudah untuk menginstal. Namun, Anda harus memiliki pemahaman mendalam tentang platform untuk mengetahui cara mengeditnya.

Membuat Landing Page di WordPress dengan Plugin

Masing-masing templat gratis hampir sama sehubungan dengan manajemen, sehingga pedoman akan berlaku untuk sebagian besar dari mereka. Mari kita cari tahu cara membuat halaman arahan sederhana dengan lima layar: layar pertama, demo produk, deskripsi, ulasan, dan kontak.

Untuk mengedit informasi di templat halaman arahan, aktifkan tema dan klik "Kustomisasi." Layar adalah area yang terlihat dari situs, yang disebut blok informasi. Ini berisi informasi paling menonjol yang menyajikan situs web Anda.

Setelah mengaktifkan tema, jendela akan terbuka meminta Anda untuk menginstal plugin. Ini akan membantu Anda menyesuaikan tema lebih cepat dengan memberi Anda puluhan opsi desain untuk blok halaman arahan. Cukup klik "Instal Sekarang" dan tunggu sekitar satu menit.

Setelah menginstal plugin, Anda akan melihat blok pengaturan tema yang diperluas. Anda harus menggulirnya dan menemukan tombol "Pengaturan Umum". Lihat opsi untuk memutuskan perubahan yang ingin Anda terapkan ke antarmuka halaman.

Perhatikan bahwa ada daftar di bawah "Kelola Bagian Halaman." Di sini, Anda dapat menghapus blok atau menambahkan yang baru, mengubah urutannya, membawa beberapa dari mereka ke menu. Terserah Anda pengaturan apa yang ingin Anda pilih untuk setiap blok Anda.

Seperti yang Anda lihat, Anda tidak perlu menjadi desainer profesional untuk membuat halaman arahan Anda di WordPress. Anda juga tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk penciptaannya. Plugin dan platform gratis membantu Anda menghemat waktu dan uang serta mengembangkan keterampilan baru.

Jadi, itulah cara membuat landing page secara gratis di wordpress, jika ada saran dan pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar, admin akan siap membantu. Dan jangan lupa di share ke orang lain biar ilmu ini bermanfaat, terima kasih.


Post a comment for " Cara Mudah Membuat Landing Page Gratis di WordPress"