Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Blogger Pemula : 13 Pelajaran Untuk Memulai Blog

blogger

Panduan Blogger Pemula : 13 Pelajaran untuk Memulai Blog. Jika ada satu hal yang dicari setiap blogger pemula, itu adalah panduan yang menunjukkan kepada mereka langkah demi langkah bagaimana memulai dan membangun blog yang sukses. Sayangnya, panduan semacam ini tidak ada.

Tidak ada ebook, pelatihan video, atau dokumen lain yang dapat membantu Anda dari banyak kegagalan yang ada di depan. Saya dapat menunjukkan kepada Anda cara melakukan sesuatu, cara menghemat waktu melakukannya, cara menghemat uang, atau bagaimana menghindari membuat kesalahan tertentu dan tidak ada yang dapat melindungi Anda dari kesempatan terbaik untuk belajar: kegagalan.

Pertama, karena antara latihan dan hasilnya ada keterampilan yang belum Anda miliki. 

Kedua, karena ini tentang pengalaman orang lain dan hasil yang diperoleh dalam konteks yang tidak dan tidak akan menjadi milikmu.

Selama 4 tahun terakhir, saya telah membuat beberapa blog dan bisnis. Sebelum saya berhasil, saya membuat bagian saya dari kesalahan dan belajar dari mereka. Jika saya harus memulai dari awal lagi, saya pasti akan melakukan hal-hal yang berbeda.

Untuk membantu Anda menghindari membuat kesalahan yang sama dengan saya, saya telah memutuskan untuk berbagi (dalam bentuk saran) semua pelajaran yang telah saya pelajari dalam 4 tahun blogging.

1. Jangan Ngeblog tentang Peristiwa Saat Ini

Saya memberi Anda saran ini karena dalam niche Anda, tentu saja ada puluhan orang lain yang sudah blogging tentang peristiwa saat ini. Mengapa melakukan hal yang sama? Dan meskipun benar bahwa memulai blog berita meningkatkan peluang menghasilkan lalu lintas, saya sarankan terhadap pendekatan ini karena itu tidak memungkinkan Anda untuk memberikan nilai kepada pembaca Anda.

Jangan terobsesi tentang berapa banyak lalu lintas yang dapat Anda hasilkan, yang penting bukan lalu lintas tetapi nilai yang Anda bawa kepada pembaca Anda.

2. Pilih niche blog

Pertama kali saya bikin topik blog adalah tentang pemasaran internet, masalahnya adalah bahwa ada terlalu banyak blog tentang hal ini. Kemudian saya memulai blog (generalis) tentang bekerja dari rumah di internet. Sekali lagi, saya menyadari dua hal: Hampir semua orang membicarakannya dan blog saya terlalu umum.

Akhirnya, saya memulai blog di blogging. Tapi kali ini, saya memfokuskannya pada beberapa tips dan trik untuk blogger pemula. Aku punya target yang jelas. Dan, saya tidak salah untuk membuat pilihan ini karena saya dapat membuat dan membangun blog populer.

Hal lain - pilih topik blog niche yang memiliki umur panjang. Banyak blogger dengan cepat menemukan diri mereka kehabisan ide konten karena ketidakpopuleran niche mereka.

3. Bergairahlah

Hampir tidak mungkin untuk membangun blog yang sukses ketika Anda tidak bersemangat tentang apa yang Anda Blogging. Jika Anda tidak bersemangat, pembaca Anda akan tahu dan tidak akan kembali ke blog Anda. Di sisi lain, blogging membutuhkan banyak pengorbanan waktu - uang - energi dan tanpa gairah, Anda akan menyerah setelah beberapa saat.

4. Pelajari Cara Memonetisasi Blog

Tidak ada yang salah dengan memonetisasi blog. Anda menghabiskan waktu Anda untuk memberikan solusi bagi pembaca Anda, jadi tidak apa-apa untuk dihargai untuk itu. Jika Anda tidak membuat blog untuk menghasilkan uang, lewati ke titik berikutnya. Jika Ya, Anda sebaiknya belajar cara memonetisasi blog Anda.

5. Jangan Habiskan Banyak Uang untuk Desain Blog

Pada awalnya, saya yakin bahwa jika saya menghabiskan dengan mewah di desain blog saya, maka peluangnya akan menguntungkan saya. 

Memiliki blog yang dirancang secara profesional tentu memainkan peran besar dalam konversi, tetapi itu tidak menjamin popularitas Anda.

Selain itu, sebagian besar blog populer memiliki desain yang disederhanakan. Konten dan pengoptimalan blog jauh lebih penting daripada desainnya. Yang penting adalah bahwa blog Anda berguna dan dirancang dengan baik.

6. Memiliki Desain Yang Unik

Ini lebih merupakan pertanyaan tentang orisinalitas daripada yang lain. Sesuaikan tema Anda jika Anda tidak ingin blog Anda bingung dengan ratusan orang lain dengan tema yang sama dengan Anda. Blog Anda harus memiliki identitas visual yang unik.

Misalnya, Anda dapat:

Mengubah tema default

Mengubah desain

Mengubah struktur bar samping

Dll.

7. Buat Konten Terperinci

Jika Anda membaca ulang artikel pertama yang saya posting di blog saya, Anda akan melihat bahwa itu tidak cukup rinci. Pendekatan yang salah ini berdampak negatif pada lalu lintas saya. Tetapi begitu saya mulai menulis dan memposting artikel terperinci di blog saya, jumlah pengunjung mulai menanjak.

Semakin banyak konten berguna yang Anda miliki di blog Anda, semakin banyak pengunjung yang Anda miliki, dan semakin banyak pengunjung yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan Anda untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan.

8. Menanggapi Setiap Komentator

Kesalahan terbesar yang saya buat ketika saya mulai keluar adalah menerima komentar saya begitu saja. Jika saya menanggapi semua komentar yang tersisa di blog saya, saya percaya daftar pelanggan buletin saya pasti akan lebih besar.

Hari ini, saya tahu betapa pentingnya menanggapi setiap komentar yang tersisa di blog saya. Apakah itu kritik keras atau tidak berdasar atau pujian dan komentar , saya sekarang luangkan waktu untuk menanggapi setiap komentar. Ini memungkinkan saya untuk meningkatkan blog saya dan pengetahuan saya tentang harapan pembaca saya.

9. Bangun Hubungan dengan Blogger Lain

Apakah itu membangun blog populer atau menjual produk dan layanan Anda, Anda akan membutuhkan dukungan blogger lain. Sayangnya bagi saya, butuh dua tahun untuk mencari tahu. Lebih buruk lagi, saya kehilangan banyak mitra karena saya melakukannya dengan buruk di awal.

Pelajari cara membuat kemitraan yang menguntungkan tetapi berhati-hatilah. Saya tidak meminta Anda untuk bergabung dengan klan blogger yang satu-satunya tujuannya adalah untuk mengekstrak uang sebanyak mungkin dari pemula.

10. Pilih platform blogging terbaik

Sampai saat ini, WordPress sejauh ini adalah platform blogging terbaik di dunia. Ini juga yang paling populer. Dengan WordPress, Anda tidak perlu bergantung pada webmaster Anda, Anda dapat melakukan semuanya sendiri. Ini merupakan penghematan besar dalam waktu dan uang.

Memilih platform yang salah untuk blog Anda hanya dapat membuat hidup Anda sulit. Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengeluh daripada bergerak maju dengan proyek Anda.

11. Jangan Menulis untuk Mesin Pencari

Tulis untuk pembaca Anda dan mesin pencari akan memberi Anda hadiah untuk itu. Setiap artikel yang Anda terbitkan harus menyelesaikan masalah tertentu dan gaya yang Anda gunakan saat menulis harus dapat dimengerti oleh manusia jika tidak:

Tidak ada yang akan membaca artikel Anda sampai akhir

Tidak ada yang akan membagikan konten Anda di media sosial

Orang-orang akan meninggalkan blog Anda segera setelah dimuat

Tidak ada yang akan kembali ke blog Anda

Dan semua ini akan memiliki konsekuensi bencana pada referensi alami Anda.

Hati-hati. Saya tidak mengatakan Anda tidak harus mengoptimalkan artikel Anda. Tidak, saya hanya mencoba untuk membuat Anda mengerti bahwa Anda perlu fokus pada masalah pembaca Anda dan bukan pada lalu lintas yang dapat Anda hasilkan.

12. Ceritakan Kisah Pribadi

Jangan malu atau malu untuk berbagi berapa banyak Anda telah membuat kesalahan (seperti yang saya lakukan di artikel ini). Pendekatan ini akan memungkinkan Anda untuk menciptakan hubungan yang lebih pribadi dengan pembaca Anda.

13. Ini bukan tentang Anda, ini tentang pembaca Anda

Siapa yang tidak ingin berbagi seberapa sukses dia? Masalahnya adalah, orang tidak suka membaca blog di mana kontennya adalah tentang mempromosikan keberhasilan penulis. Seperti banyak blogger pemula, saya melakukan ini ketika saya baru memulai tapi untungnya saya dibawa ke pesanan ketika saya menyadari konsekuensinya.

Alih-alih terus-menerus membual di artikel Anda, tulis dengan maksud mendidik dan berguna.

Apakah Anda memiliki pelajaran untuk berbagi? Silakan bagikan dengan kami di bagian komentar.

Post a comment for "Panduan Blogger Pemula : 13 Pelajaran Untuk Memulai Blog"