Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Scale Stroke di Adobe Illustrator

tutorial illustrator

FIKAL.MY.ID | WAJO - Cara Mengatasi Scale Stroke di Adobe Illustrator. Stroke merupakan salah satu bagian penting juga dalam sebuah karya desain, stroke fungsinya mengatur ketebelan suatu objek baik itu dalam bentuk teks maupun bukan.

Stroke bisa juga dikatakan outline nya bisa diatur dibagian option bar dan juga terletak di toolbox, kamu pernah gak membuat sebuah desain dengan memanfaatkan stroke tersebut ketika membuat shape apakah itu bentuk lingkaran atau persegi dan memberikan stroke atau outline nya dengan ketebalan 5px.

Saat lingkaran atau persegi yang dibuat tadi diperkecil maka stroke atau outline nya tidak mengikuti bahkan malah tambah besar, ini sering terjadi saat membuat karya desain. Saya akan memperlihatkan gambarnya dibawah.

Jadi bagaimana solusinya?

Solusinya sangat mudah, tapi sebelum itu kamu harus mengerti  penggunaan dasar outline stroke yang sesungguhnya. 

Banyak sekali cara untuk mengakali bagainama caranya membuat sebuah objek yang kita inginkan dengan menggunakan Illustrator. 

Salah satunya menggunakan metode Outline Stroke. Outline Stroke merupakan sebuah cara untuk memisahkan stroke dan fill pada sebuah objek. Ketebalan Outline Stroke ini tergantung dari ketebalan Stroke yang kita buat.

Berikut ini akan saya jelaskan mengenai penggunaan dasar outline stroke. Nanti untuk pengembangannya, kamu bisa mempraktekkan ketika kamu membuat sebuah desain. 

Langkah-langkah menggunakan Outline Stroke antara lain:

Pertama buatlah sebuah objek, saya akan membuat lingkaran. jangan lupa tekan "Shift"




Coba perhatikan arah panah didbawah setiap arah menyebutkan bagian-bagiannya. Disitu ada stroke warna orange, fiil yang warna biru, path yang garis biru dan untuk mengatur ketebelan stroke ada di menu bar.



Nah, selanjutnya coba kamu perkecil lingkaran tersebut dan perhatikan outiline warna orange, maka outline strokenya tidak mengikut seperti gambar dibawah ini.



Mari kita lanjutkan pertanyaan diatas tadi, yaitu solusinya bagaimana?

Jadi cara mengatasi scale outline stroke pada objek di adobe illustrator.

Dibagian menu bar pilih Edit > Preference > General



Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini lalu ceklik " Scale Strokes & Effects"



Selesai itu aja, coba kamu praktein pasti scale stroke sudah bisa menyeseuaikan atau tidak akan terlihat seperti yang tadi.

Nah itulah cara mengatasi, jadi bagaimana menurut kamu? sangat mudah kan? jika ada pertanyaan atau saran silahkan tulis di kolom komentar dibawah. Terima kasih dan semoga bermanfaat

3 comments for "Cara Mengatasi Scale Stroke di Adobe Illustrator"