February 16, 2018

Temukan Fokus untuk Merek Anda: PPC atau SEO?


Pemasaran online akhirnya diterima sebagai alat yang ampuh untuk mengembangkan bisnis Anda dan mempromosikan merek Anda. Jika Anda memiliki situs web atau merencanakannya, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan beberapa alat untuk meningkatkan lalu lintas dan mengubah pengunjung menjadi pelanggan.

Optimalisasi search engine atau SEO ada di tengahnya sekarang. Berdasarkan statistik, 48% konsumen memulai penelitian dengan mesin pencari, dan 61% pemasar fokus pada SEO. Di sisi lain, bayar per klik atau PPC terbukti sama efektifnya untuk meningkatkan lalu lintas situs web. Statistik yang sama mengatakan bahwa 64,6% pengguna mengeklik iklan Google saat ingin membeli.

Keduanya terbukti sangat berguna dan alat periklanannya ampuh. Dengan pemikiran tersebut, lihat pro dan kontra ini baik untuk PPC maupun SEO agar bisa mengetahui apa yang diharapkan.

SEO


Optimalisasi mesin pencari mengacu pada teknik yang mengarahkan situs web ke halaman pertama mesin pencari. Yakni, hal itu mempengaruhi rangking sebuah website pada halaman hasil pencarian. Menurut statistik Jupiter Research, 81% lalu lintas untuk sebuah situs web akan datang dari mesin pencari. Karena Google adalah mesin pencari terbesar yang sebagian besar SEO difokuskan pada rangking di Google. Namun selain manfaatnya, SEO juga memiliki beberapa kelemahan.


Kelebihan


Kredibilitas

SEO menghasilkan hasil pencarian organik atau tidak berbayar. Karena pengguna menerima daftar situs berdasarkan satu atau beberapa kata kunci yang dimasukkan di search bar, SEO dianggap lebih dapat dipercaya oleh konsumen karena tidak dibayar. Sekitar 70 - 80% pengguna mengabaikan iklan berbayar, dan 70% tautan yang diklik merupakan hasil penelusuran organik.

Visibilitas

Selain Google, Anda juga akan mendapatkan visibilitas pada mesin pencari lainnya, termasuk Yahoo dan Bing. Karena 75% pengguna tidak pernah melampaui halaman pertama hasil pencarian, menggunakan SEO berkualitas tinggi penting untuk mendapatkan visibilitas. Ini akan menempatkan Anda pada pandangan calon pelanggan sama seperti iklan. Selain itu, ini adalah metode hebat untuk meningkatkan kesadaran merek.

Lalu lintas

Peningkatan lalu lintas ke situs web Anda adalah kesempatan untuk lebih mengembangkan kesadaran tentang bisnis Anda dan menampilkan diri Anda kepada pelanggan Anda.

Kembali pada investasi

Peningkatan visibilitas akan membawa lebih banyak konversi, pendapatan dan akibatnya menghasilkan laba atas investasi. Ini karena hasil pencarian yang tidak berbayar menerima lebih banyak klik daripada iklan.

Biaya per klik

Tidak ada biaya langsung untuk klik sehingga lalu lintas pada dasarnya bebas kecuali biaya yang terkait dengan optimalisasi situs Anda.

Biaya

SEO tidak mudah dan / atau murah, tapi lebih hemat biaya daripada strategi pemasaran lainnya yang bisa memberi lalu lintas dan visibilitas.

Keberlanjutan

Lalu lintas organik tidak hilang saat pembayaran berhenti. Ini berarti akan menopang bisnis bahkan saat dana pemasaran dihentikan atau dikurangi.

Kontra


Kompetisi

Persaingan bisa sangat ketat karena beberapa bisnis dan industri telah menetapkan diri untuk kata kunci tertentu. Dibutuhkan banyak kesabaran dan usaha untuk berjuang menuju halaman pertama hasil pencarian. Namun, sebelum Anda memulai, pastikan itu layak karena beberapa pesaing mungkin memiliki lebih banyak sumber daya daripada Anda melakukannya.

Tidak ada hasil instan

SEO butuh waktu. Bisa beberapa bulan sampai Anda melihat hasil pertama, meski akan menghasilkan ROI dan lalu lintas pada akhirnya.

Sensitif terhadap pembaruan

Pembaruan ke algoritma mesin pencari dapat menyebabkan masalah bagi Anda. Hasil pencarian yang terganggu bisa berakibat pada penurunan peringkat dan bulan dan bulan kerja yang merusak. Ini juga terjadi ketika algoritma baru dilepaskan.


PPC


Bayar per klik adalah metode periklanan yang digunakan untuk mengirim lalu lintas ke situs web. Ini dianggap sebagai pemasaran pencarian berbayar. Pengiklan perusahaan yang menempatkan iklan tersebut membayar biaya ke situs web host penayang saat pengguna mengeklik iklan tersebut. Biasanya, bisnis menggunakan Google AdWords, Yahoo Search Marketing dan program periklanan lainnya. Sama seperti SEO, PPC juga memiliki pro dan kontra.

Kelebihan


Lalu lintas instan
Saat Anda memulai kampanye pemasaran PPC, iklan Anda akan muncul di atas halaman hasil pencarian.

Peningkatan periklanan
Karena PPC tidak menyembunyikan apa adanya, Anda akan memiliki lebih banyak kontrol terhadap pesan pemasaran. Anda memiliki kontrol penuh atas iklan Anda, termasuk kata kunci.

Visibilitas merek
Pencarian berbayar akan membuat Anda lebih terlihat oleh orang yang tepat. Anda akan mendapatkan lebih banyak tempat di hasil pencarian karena Anda akan muncul dalam pencarian berbayar dan tidak berbayar.

Tidak ada update
Berbeda dengan SEO, algoritma pencarian baru atau update tidak akan mempengaruhi PPC.

Anggaran
Hal yang hebat tentang PPC adalah Anda bisa mengendalikan anggaran Anda. Anda dapat menetapkan berapa banyak Anda bersedia untuk menghabiskan setiap hari dan membangun pemasaran Anda di sekitarnya.

Penargetan
Anda dapat menargetkan calon pelanggan berdasarkan waktu, geografi, bahasa, kata kunci pencarian, dan bahkan pemirsa berdasarkan minat mereka.

Kontra


Optimal mengoptimalkan
Kampanye PPC membutuhkan tweaker yang konstan. Saat Anda berhenti mengoptimalkan, iklan Anda akan menjadi kurang efektif. PPC juga membutuhkan investasi konstan. Saat Anda berhenti membayar untuk kampanye, iklan Anda akan hilang.


Kelebihan


Lalu lintas instan
Saat Anda memulai kampanye pemasaran PPC, iklan Anda akan muncul di atas halaman hasil pencarian.

Peningkatan periklanan
Karena PPC tidak menyembunyikan apa adanya, Anda akan memiliki lebih banyak kontrol terhadap pesan pemasaran. Anda memiliki kontrol penuh atas iklan Anda, termasuk kata kunci.

Visibilitas merek
Pencarian berbayar akan membuat Anda lebih terlihat oleh orang yang tepat. Anda akan mendapatkan lebih banyak tempat di hasil pencarian karena Anda akan muncul dalam pencarian berbayar dan tidak berbayar.

Tidak ada update
Berbeda dengan SEO, algoritma pencarian baru atau update tidak akan mempengaruhi PPC.

Anggaran
Hal yang hebat tentang PPC adalah Anda bisa mengendalikan anggaran Anda. Anda dapat menetapkan berapa banyak Anda bersedia untuk menghabiskan setiap hari dan membangun pemasaran Anda di sekitarnya.

Penargetan
Anda dapat menargetkan calon pelanggan berdasarkan waktu, geografi, bahasa, kata kunci pencarian, dan bahkan pemirsa berdasarkan minat mereka.


Kontra


Optimal mengoptimalkan
Kampanye PPC membutuhkan tweaker yang konstan. Saat Anda berhenti mengoptimalkan, iklan Anda akan menjadi kurang efektif. PPC juga membutuhkan investasi konstan. Saat Anda berhenti membayar untuk kampanye, iklan Anda akan hilang.

Perlu penelitian ekstensif
Karena butuh waktu untuk melakukan penelitian dan pengujian, sebagian besar bisnis mempekerjakan para profesional atau perusahaan ahli untuk mengelola kampanye pemasaran digital mereka. Ini hanya bisa menaikkan biaya strategi pemasaran digital Anda.

Mahal
Jika Anda tidak merencanakan anggaran Anda dengan baik, biaya Anda bisa cepat menjadi sangat tinggi. Selain itu, penting untuk menetapkan kampanye dengan benar. Menargetkan wilayah geografis yang luas seperti seluruh negara dan menjadi internasional dengan kampanye Anda dapat dengan cepat meningkatkan biaya.

Kata akhir
Alih-alih memilih satu metode periklanan di atas yang lain, Anda bisa menggunakan keduanya. SEO dan PPC bekerja sama dengan baik dan Anda akan bisa mencapai hasil terbaik dengan cara itu. Namun, kesuksesan Anda akan tergantung pada tujuan dan anggaran yang direncanakan.
Karena butuh waktu untuk melakukan penelitian dan pengujian, sebagian besar bisnis mempekerjakan para profesional atau perusahaan ahli untuk mengelola kampanye pemasaran digital mereka. Ini hanya bisa menaikkan biaya strategi pemasaran digital Anda.

1 comments so far


EmoticonEmoticon