February 2, 2018

Bagaimana Facebook meningkatkan Messenger untuk Bisnis


Facebook adalah pemilik bangga salah satu aplikasi terpopuler di dunia.

Saya tidak berbicara tentang aplikasi Facebook itu sendiri, atau saya mereferensikan Instagram. Aplikasi yang dimaksud adalah Facebook Messenger dan 1,3 miliar pengguna aktifnya.

Aplikasi pesan mandiri dari situs web sosial telah berkembang menjadi hampir sama populernya dengan jaringan sosial itu sendiri. Facebook, bagaimanapun, tidak memperlakukan aplikasi ini sebagai perpanjangan layanan intinya. Tidak, Facebook dengan cepat memintal produk menjadi ekosistem uniknya dimana lebih dari 2 miliar pesan dipertukarkan setiap bulan dan banyak layanan disebut-sebut.

Dengan keberhasilan yang tak terkendali, aplikasi ini telah tercapai, tidak mengherankan jika perusahaan tersebut telah mencari - dan berhasil menemukan berbagai cara bagi bisnis untuk memanfaatkan Facebook Messenger.

Tahun lalu saja, Facebook membawa tiga pembaruan substansial dan berfokus pada bisnis ke aplikasi sehingga merek dapat berinteraksi dengan pengikut mereka dengan cara baru dan menarik.

Jika Anda tertarik dengan layanan perpesanan Facebook yang ditawarkan organisasi Anda, lihat fitur baru yang menyertai setiap pembaruan Messenger 2017.

Messenger 2.0

Pada tanggal 18 April tahun lalu, di konferensi F8 Facebook, perusahaan meluncurkan Messenger 2.0 dan semua fitur mengagumkan yang menyertainya.

Untuk update ini, Facebook mengeluarkan senjata besar dan membuat beberapa perubahan signifikan pada platform. Yang paling mencolok adalah tab "Discovery"; bagian yang didedikasikan sepenuhnya untuk penawaran bisnis.

Diwakili oleh logo segi enam, tab Discover menampilkan bisnis yang mempromosikan chatbox populer, bersama dengan sejumlah kategori di mana pengguna dapat menemukan penawaran yang relevan. Beberapa kategori meliputi pendidikan, makanan dan minuman, gaya hidup, berita, produktivitas, belanja, dan banyak lainnya. Selain itu, tab Temukan memiliki bidang pencarian jika Anda mencoba menemukan sesuatu yang spesifik.

Fitur penting lainnya yang dibanggakan pembaruan ini adalah ekstensi obrolan.

Ekstensi chat berfungsi sebagai cara bagi banyak orang untuk berinteraksi dengan chatbot bisnis secara bersamaan. Misalnya, jika pengguna dalam diskusi kelompok ingin mendengar lagu Taylor Swift, seseorang hanya akan menyentuh ikon "+", pilih Spotify, masukkan nama lagu, dan tekan "Send to Group." Melakukannya akan menjatuhkan Lagu di thread dimana pengguna bisa mendengarkannya.

Fitur ini tidak terbatas pada musik belaka dan bisa diaplikasikan untuk membuat reservasi makanan, rencana perjalanan, dan ton kasus penggunaan lainnya.

Balasan Pintar adalah tambahan lain untuk Messenger 2.0 yang menambahkan jawaban otomatis yang pada dasarnya diajukan untuk pertanyaan umum bagi merek yang tidak mempekerjakan rekan AI.

Meskipun ini adalah penambahan yang paling menonjol, Anda dapat melihat fitur lainnya yang ditambahkan ke pembaruan ini di posting blog Facebook Messenger 2.0.

Messenger 2.1

Tak lama setelah update bulan April, Facebook meluncurkan update kuat lainnya ke platform Messenger.

Kali ini, perusahaan menempatkan sebagian besar fokusnya pada penerapan dan peningkatan kemampuan pengolahan bahasa alami (NLP). Penambahan ini membantu platform mengidentifikasi informasi penting dalam pesan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi konsumen:

"Versi pertama ini bisa mendeteksi entitas berikut: halo, selamat tinggal, terima kasih, tanggal & waktu, lokasi, jumlah uang, nomor telepon, email dan URL. Ini adalah langkah pertama dalam menghadirkan kemampuan NLP ke semua pengembang, memungkinkan merek untuk mengukur pengalaman mereka terhadap Messenger. "

Penyertaan baru ini membantu memastikan pengguna mendapatkan bantuan yang cepat dan akurat dari bot. Ini sangat penting setelah bot AI milik Facebook mencapai tingkat kegagalan 70% pada bulan Februari.

Kemungkinan kegagalan ini juga yang mengarah pada penggabungan protokol penyerahan; sebuah cara bagi manusia untuk mengambil alih percakapan dari chatbots saat dibutuhkan dukungan khusus.

Di samping pembaruan ini, Facebook juga menerapkan serangkaian tombol Halaman yang diperluas di dalam aplikasi. Ini dimaksudkan untuk ditempatkan pada halaman bisnis untuk mengarahkan konsumen ke pengalaman perpesanan merek. CTA baru termasuk Shop Now, Get Support, Get Updates, Play Now, and Get Started.

Fitur penting terakhir adalah arus pembayaran mulus platform baru yang merupakan SDK kontemporer yang memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran melalui proses langkah tunggal, sangat mengurangi gesekan transaksi. Ini, bagaimanapun, masih dalam versi beta dan hanya tersedia di A.S.

Messenger 2.2

Dalam update terbaru, rilis Facebook Messenger 2.2 membawa serta tambahan kemampuan NLP; Kali ini, Cina, Belanda, Prancis, Jerman, Italia, Polandia, Portugis, Rumania, Spanyol dan Vietnam telah ditambahkan ke dalam daftar.

Messenger sekarang juga dilengkapi dengan Plugin Chat Pelanggan (yang dalam versi beta tertutup) yang memungkinkan perusahaan melakukan percakapan dengan pelanggan di Messenger dan di situs web mereka, dengan kemampuan untuk melakukan transisi bolak-balik tanpa kehilangan riwayat percakapan. Ini membuka cara baru bagi konsumen untuk memulai dan memelihara dialog dengan berbagai merek.

Selain itu, Facebook telah menerapkan API Siaran. Fitur baru ini memberdayakan organisasi dengan berlangganan pesan untuk mengeluarkan komunikasi ke sejumlah pelanggan secara bersamaan. Permintaan API dapat disempurnakan untuk mengirimkan pembaruan hanya kepada pemirsa pilihan.

Misalnya, merek dapat memilih untuk mengirimkan pembaruan buletin ke semua pelanggannya. Sebagai alternatif, merek yang sama bisa menembaki pembaruan yang lebih spesifik hanya bagi mereka yang akan menemukan informasi yang relevan.

Meskipun ada beberapa pembaruan lain yang perlu diperhatikan di sini, Anda dapat memeriksanya di blog posting Messenger Messenger 2.2 milik Facebook.

Ada banyak fitur dan informasi Messenger di sini bagi pemilik bisnis dan pengiklan untuk diproses. Gali ke posting update Facebook untuk melihat semua fitur yang tidak disebutkan di sini dan bagaimana Anda bisa mulai menerapkan penawaran ini kepada audiens Anda.

Fitur baru apa yang Anda rasakan saat ini hilang dari aplikasi Messenger Facebook?


EmoticonEmoticon