January 22, 2018

10 Cara Untuk Melindungi Bisnis Anda

tips dan trik

Jika Anda menjalankan bisnis Anda sendiri, Anda memiliki alasan bagus untuk takut akan pelanggaran keamanan. Pada tahun 2016, total 1.091 pelanggaran data di A.S. saja, menurut sebuah laporan oleh CyberScout dan Pusat Sumber Daya Pencurian Identitas (ITRC). Selanjutnya, beberapa merek yang paling dapat dipercaya telah menjadi korban serangan cyber baru-baru ini, termasuk Yahoo, Equifax, eBay dan banyak lagi.

Tujuan informasi ini bukan untuk menanamkan rasa takut, tapi untuk memberi gambaran tentang potensi pelanggaran data potensial. Kabar baiknya adalah ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk melindungi bisnis Anda.


Berikut adalah 10 cara terbaik untuk menjaga data dari bisnis, karyawan, dan pelanggan Anda dengan mudah.

1. Instal firewall

Berinvestasi dalam paket Internet bisnis yang sangat baik yang menyediakan kecepatan tinggi, Wi-Fi built-in, dan langkah-langkah pengamanan yang melindungi sangat penting untuk membuat bisnis Anda berjalan dan berjalan. Ini hanya langkah awal. Jika melindungi diri dari potensi pelanggaran data adalah tujuan Anda, Anda juga perlu menginstal firewall yang tepat.

Firewall yang baik akan melindungi komputer Anda dari malware dan virus korup yang sering digunakan untuk mencuri informasi. Firewall juga mengenali ketika sejumlah besar data dimasukkan ke dalam atau diambil dari jaringan Anda. Jika ini terjadi, firewall akan menutup semuanya untuk mencegah pencurian.

2. Gunakan perangkat lunak keamanan

Perangkat lunak keamanan yang baik akan menguji terminal komputer, jaringan dan pembayaran Anda untuk mengatasi kerentanan. Jenis program perangkat lunak keamanan yang paling umum adalah perangkat lunak anti-virus, anti-spam dan spyware removal.

Jenis program perangkat lunak ini secara otomatis akan melakukan pemindaian, memberikan pelaporan yang akurat, dan memberi umpan balik mengenai bagaimana Anda dapat mendeteksi potensi kelemahan.

3. Ubah nama pengguna dan kata sandi

Aturan pertama tentang keamanan kata sandi adalah mengubah nama pengguna dan kata sandi default yang disertakan dengan semua jenis program komputer atau perangkat lunak yang Anda gunakan.

Anda seharusnya tidak hanya mengganti nama pengguna dan kata sandi default, namun juga membuat praktik umum untuk memperbarui kata sandi Anda setiap 60 sampai 90 hari. Anda dapat melakukannya secara manual atau memilih sistem Anda untuk secara otomatis meminta kata sandi baru sebelum Anda dapat menggunakan komputer atau perangkat lunak.

4. Perbarui sistem operasi anda
Sangat mudah untuk tertinggal ketika harus mengupdate sistem operasi Anda (OS), tapi pastikan tidak. Produsen sistem operasi terus-menerus bekerja di balik layar untuk meningkatkan keamanan, dan setiap kali mereka melakukan terobosan baru, mereka akan meningkatkan pengamanan keamanan mereka. Untuk memastikan Anda tidak lupa mengupdate OS Anda, pilih update otomatis.

5. Batasi akses terhadap informasi sensitif

Pelanggaran keamanan internal adalah ketika seseorang dari dalam perusahaan, biasanya seorang karyawan, mengakses jaringan dan mencuri informasi sensitif.

Anda dapat mengurangi risiko jenis pelanggaran ini dengan membatasi akses terhadap informasi sensitif hanya kepada karyawan yang benar-benar perlu melihatnya. Berinvestasi dalam perangkat lunak khusus yang mendeteksi aktivitas atau pola komputer yang tidak biasa dan memantau komunikasi keluar. Jenis perangkat lunak ini dapat mengingatkan Anda jika salah satu karyawan Anda tampaknya berpartisipasi dalam aktivitas yang berpotensi ilegal.

6. Gunakan perangkat lunak enkripsi

Jika Anda memiliki sarana untuk memproses pembayaran, gunakan perangkat lunak enkripsi untuk melindungi informasi pelanggan. Sebagian besar perusahaan kartu kredit besar mengharuskan Anda melakukan beberapa tindakan kepatuhan, termasuk menginstal perangkat lunak enkripsi.

Jika Anda tidak memiliki sarana untuk mengambil tindakan ini sendiri, segeralah mengalihkan pemrosesan pembayaran ke perusahaan seperti PayPal yang akan melakukannya untuk Anda.

7. Gunakan lebih dari satu jaringan untuk berbagai tindakan bisnis

Cara lain yang baik untuk melindungi bisnis Anda adalah berinvestasi di jaringan terpisah untuk terminal pembayaran Anda. Dengan cara itu, bahkan jika seorang hacker berhasil masuk ke jaringan komputer Anda, mereka tidak akan dapat mengakses informasi pembayaran apapun. Mengapa? Karena itu pada jaringan yang benar-benar terpisah.

Apa pun yang dapat Anda lakukan untuk membuat pekerjaan seorang hacker lebih keras akan meningkatkan keamanan bisnis Anda.

8. Pelajari dasar-dasar data dan keamanan

Jika Anda memiliki dan mengoperasikan bisnis, Anda harus memahami dasar-dasar data dan keamanan. Ini termasuk mengetahui di mana data Anda disimpan dan layanan perlindungan apa yang ditawarkan oleh penyedia layanan internet, hosting perusahaan, firewall dan keamanan Anda.

Anda juga harus mengetahui lokasi semua data tidak terstruktur Anda. Dengan kata lain, Anda harus terbiasa dengan di mana dan bagaimana dokumen Anda disimpan, bagaimana penyedia e-mail Anda beroperasi, dan jenis layanan awan yang Anda miliki untuk berbagi file.

9. Masukkan kebijakan proteksi data

Sebagian besar pengamanan bisnis Anda adalah mendidik staf Anda mengenai keamanan data. Tetapkan kebijakan perlindungan data yang menyeluruh dan kemudian latih staf, mitra, pemangku kepentingan, dan pelanggan Anda mengenai kebijakan tersebut. Ketika semua orang di tim Anda memahami apa yang dapat menyebabkan pelanggaran data dan apa yang dapat mereka lakukan untuk melindungi perusahaan dari pelanggaran, informasi perusahaan Anda akan lebih aman secara keseluruhan.

10. Miliki rencana respons untuk pelanggaran data

Bahkan jika Anda melakukan semua tindakan pencegahan yang tepat, terkadang pelanggaran data masih terjadi. Untuk contoh ini, Anda harus memiliki rencana respons insiden. Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda tidak memiliki rencana, biaya pelanggaran data bisa meningkat 10 sampai 15 persen.

Saat terjadi bencana, ada prosedur untuk mengumpulkan gugus tugas, berisi masalah, menilai tingkat keparahan pelanggaran, memberitahukan pihak berwenang yang tepat dan melindungi perusahaan Anda dari pelanggaran di masa depan.

Gunakan tip di atas untuk melindungi perusahaan Anda, karyawan dan pelanggan Anda. Dengan melindungi bisnis Anda dengan benar, Anda dapat menghindari pelanggaran data potensial. Dan jika Anda memiliki rencana respons insiden, Anda dapat meminimalkan dampak dari setiap pelanggaran data yang berhasil lolos dari pertahanan Anda.


EmoticonEmoticon