August 9, 2016

Interview : Lee Cooper

Lee Cooper 

(Interview)

Interview, cerpen


Supradi Anto (narasumber) sebagai Karyawan di salah satu stan Lee Cooper, yang berada di Mall Ratu Indah. Dia berumur 27 tahun dan pendidikan terkahir SMA PGRI Bulu Kumba.  Dia di sana bekerja selama 3 tahun tetapi sebelumnya dia pernah bekerja di Restoren Red Been sejak tahun 2008 sampai tahun 2010. Setelah itu dia berhenti bekerja di sana kemudian dia bekerja lagi di Trans Metro sebagai coper. Tapi lama kelamaan dia akhrnya berhenti bekerja di tempat tersebut. Akhirnya Dia menemumkan tempat kerja lagi di Mall Ratu Indah tepatnya stan Lee Cooper. Di sini dia sangat senang bekerja karena tempat sangat ramai dan cukup luas.  

Owner atau pemilik dari toko itu sendiri adalah Pak Jodi. Dia lulusan dari London, di sana dia dapat inspirasi tentang produksi-produksi apa yang akan di jual Indonesia. Sehingga Dia membangun toko bernama Lee Cooper, kenapa tokonya bernama Lee Cooper karena namanya terkemuka yang sejajar dengan produk denim dari Amerika. Semenjak permulaannya, Lee Cooper telah menjadi nama terdepan untuk mode gaya Inggris dan juga Eropa untuk beberapa decade yang selalu mengemukakan tren, dan mengembangkan inovasi. Lalu dia membangun Lee Cooper di Mall Ratu Indah pada tahun 2013 tanggal 30 Agustu.

Kemudian produksi yang dijual di Lee Cooper banyak macam antara lain adalah celana jeans, kaos, sepatu, sandal, dan accesoris. Dari semua jenis barang yang ada di Lee Cooper yang sedang tren dan banyak konsumen yang membelinya adalah celana jeans dengan model slinpit atau yan biasanya disebut celana botol. Ada pun proses distributornya yaitu barang di produksinya itu berasal dari China tetapi bahannya berasal dari Jepang. Lalu proses pengirimannya itu langsung di kirim ke Indonesia tepatnya di Jakarta karena di sana mempunyai gudang untuk penyimpanan barang. Di samping itu selain di Jakarta ada juga di Surabaya. Terus mekanisme pendistribusiannya sehinnga mampu tersalurkan ke Makassar melalui manajemen kemudian di antar ke toko kemudian karywan mengambilnya tanpa ada pemeriksaan oleh security. 

Seperti kita ketahui perluasan produksi sangat diperlukan oleh produsen untuk menambah kualitas/jumlah barang yang dihasilkan. Perluasan produksi yang dilakukan oleh toko tersebut sangat luas karena toko ini memiliki beberapa cabang yang ada di Makassar, nah cabangnya itu sendiri berada di salah satu di Mall Penakukang, Matahari, Trans dan Di Mall Ratu Indah itu sendiri. Toko ini memproduksi barang dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya pada saat hari lebaran atau hari natal karena pada saat itu banyak konsumen yang mengunjungi toko tersebut.
Berbicara tentang konsumen di toko ini, rata-rata golongan menengah atas karena golongan atas mencari barang yang bermerek dan barang yang di beli itu adalah celana jeans. Di samping itu adapun golongan menengah bawah dan menegah yang datang berkunjung tapi hanya bertanya-tanya tentang harga barang tersebut. Harga barang di Lee Cooper itu standarnya sekitar 300 ribu lebih dan harga yang terjangkau sekitar 1 juta bahkan lebih tapi rata-rata konsumen membeli harga antara 400 ribu sampai 800 ribu.

Adapun regulasi yang di terapkan di Mall Ratu Indah ini. Berbicara mengenai regulasi di toko Lee Cooper apakah itu aturan atau tata tertib yang berlaku di setia stand maupun karyawan yang bekerja ? kata Supriadi (narasumber) bahwa aturan di sini kalau masalah waktu itu, pukul 10.00 am WITA Mall Ratu Indah sudah terbukan tetapi sebelumnya itu pada pukul .09.00 am WITA sudah mulai mempersiapkan tokonya misalnya membersihkan, menyusun rapi barang-barang dan sebagainya. Di samping itu ada jaminan perlindungan terhadap toko ini  ketika mengalami kebakaran atau gempa. 
Dan ternyata toko ini pernah mengalami kerugian. Kerugian itu disebabkan karena beberapa barangnya hilang dan ada juga kecurian. Oleh karena itu karywan harus waspada menjaga toko ini. Di toko ini memliki 5 karyawan yaitu 3 cewek dan 2 cowok di mana 1 cewek sebagai kepala toko dan 1 cowok sebagai kasir. Kemudian gaji yang di dapat setiap karyawan itu Rp. 2.300.000 perbulan.
Terus masalah investasi dari toko ini. Investasi itu sendiri adalah modal untuk membangun usaha atau toko, jadi modalnya adalah 1 Miliar dan modal itu berasal dari pemilik toko itu sendiri. Kemudian adapun pajak yang di tetapkan oleh pengelola mall untuk setiap stand toko yang ada di mall ini salah satunya Lee Cooper itu sendiri adalah 40 juta mereka bayar, tetapi saya tidak tahu apaka pertahun atau perbulan karena saya lupa menyakan hal itu. 

Yang terakhir katanya Supriadi (narasumber) sangat senang bekerja di sini karena tempat sangat nyaman dan gaji sudah mencukupi dia juga sudah lama bekerja di Lee Cooper dan pada saat hari weekend banyak pengunjung yang datang.


EmoticonEmoticon