March 25, 2015

Tips Berlari Biar Makin Bertenaga

kesehatan
Berlari merupakan olahraga yang sangat bermanfaat tubuh kita, karena dengan berlari semua anggota tubuh kita akan terasa sehat. Maka dari itu olahragalah dengan berlari setiap pagi agar tubuh kita tetap sehat. Tetapi gak semua orang bisa berlari dengan jarak yang jauh dan gak gampang capek. Karena semua orang mempunyai batas kemampuan masing-masing dalam segala hal apa lagi dalam berolahraga khsusnya berlari, kadang seseorang berlari dengan jarak pendek sudah capek apa lagi kalau jarak jauh makin bisa dia akan pingsang. Oleh karena itu, ada caranya , biar lari agan semakin bertenaga, bisa menjangkau jarak yang jauh dan gak mudah lelah. Caranya? 
tips di bawah ini bisa membantu buat Anda yang suka berolahraga lari biar lebih maksimal. 

Pertama: Biasain Pemanasan
langkah pertama biar lari makin prima, adalah melakukan pemanasan atau stretching. Selain mencegah kram otot, pemanasan juga membuat otot gak kaget dengan kondisi lari. Mau kaki, paha atau punggung. Jadi dengan ngelakuin pemanasan yang benar dan tepat, jadi gak mudah lelah dan semakin prima pada saat berlari.

Kedua: Memakai Sepatu Lari Yang Tepat
Banyak yang nganggep lari itu gampang banget, kita bisa berlari kapanpun dan dimanapun. Tetapi kita membutuhkan sepatu lari yang mampu meningkatkan performa kita gan. Sepatu yang memiliki kenyamanan dan memberikan energi dapat membantu kita pada saat berlari, sepatu lari yang baik mampu memberikan energi yang dibutuhkan. Jadi ketika ingin memakai sepatu pilihlah sepatu yang tepat untuk berlari agar kita bisa berlari dengan nyaman dan memberikan energi yang dapat membantu kita lari.

Ketiga: Bernafas Dari Mulut
Salah satu dasar biar berlari  tetap prima dan bertenaga serta gak gampang capek adalah biasakan pada saat berlari  bernafas menggunakan mulut. Soalnya , Menggunakan mulut untuk bernapas memungkinkan lebih banyak oksigen yang masuk dan karbon dioksida yang keluar dibanding dari hidung. Justru kalau mencoba bernapas dari hidung sambil berlari membuat otot-otot wajah mengencang dan rahang cenderung mengepal atau mengeras.

Keempat: Posisi Tegak
Coba deh perhatikan pelari profesional yang ikut kompetisi lari dunia. Rata-rata mereka berlari dengan posisi tegak. Kenapa? Hal ini bertujuan untuk memperluas ruang perut dada dan mempermudah pernafasan. Perut yang lurus juga mencegah keram perut yang sering terjadi pada pelari pemula. Dengan demikian kita bisa berlari dengan prima tanpa takut lagi gampang capek.

Kelima: Rutin
Membiasakan rutin berlari setiap minggunya bisa menjaga stamina kita dan mampu memberikan energi lebih buat Anda. Lari rutin setiap minggu contohnya, minimal 30 menit sekali bakal membuat otot lebih terbiasa pas lari dibanding jarang berolahraga.

Demikianlah artikel tentang tips berlari biar makin bertenaga semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon