March 3, 2015

Penyebab Perubahan Tingkat Kesadaran

Kesadaran adalah kesiagaan seseorang terhadap diri dan sekitarnya. Definisi ini sempit dan tidak lengkap, tetapi berguna dalam konteks klinis gangguan akut kesadaran. Secara patofisiolgi, kesadaran normal tergantung dari input sensorik ke otak, dan aktivitas intrinsic system aktivasi reticular, fomasio retikularis asendens di batang otak dan hubungan rostralnya, yang mempertahankan korteks serebri tetap dalam keadaan siaga.

kesehatan

Dalam praktik klinis, usaha sebelumnya untuk mengklasifikasi keparahan perubahan tingkat kesadaran dengan menggunakan termiologi yang tidak tepat seperti stupor, semikoma, dan lain-lain, telah digantikan oleh Skala Koma Glasgow. Pendekatan yang lebih objetif ini telah diterima secara umum untuk menilai kondisi awal pasien serta respons selanjutnya terhadap pengobatan dan waktu.
Maka dari itu di dalam artikel ini akan memberitahukan tentang penyebab perubahan tingkat kesadaran, karena tingkat kesadaran itu juga sangat penting dalam kehidupan kita terutama bagi kesehatan kita juga karena sering terjadi pada manusia dalam tingkat kesadaran tersebut. Baiklah langsung saja di bawah ini.

Penyebab perubahan tngkat kesadaran.
Fungsi normal system aktivasi reticular dapat terganggu oleh adanya lesi structural fokal di otak atau oleh proses yang lebih focus;

1. Structural
  • Infratentorial ( secara langsung melibatkan batang otak) ( misalnya trauma, infark, perdarahan, tumor, demielinisasi),
  • Supratentorial (menekan batang otak),
  • Penyebab patologis serupa, terutama yang mengenai hemisfer serebri kanan;
2. Difusi
  • Penurunan ketersediaan substansi yang dibutuhkan untuk metabolisme normal otak (hipoksia, hipoglikemia)
  • Penyakit metabolic lainnya (misalnya gagal ginjal, gagal hati, hipotermia, defisiensi vitamin),
  • Epilepsy (mempengaruhi aktivitas listrik normal batang otak)
  • Inflamasi otak atau selaput otak (ensefalitis, meningkat)
  • Obat-obatan dan toksin (opiate, antidepresan, hipnotik, alcohol)

Demikianlah artikel ini tentang penyebab perubahan tingkat kesadaran, semoga artikel ini sangat bemanfaat ,bila ada kata yang salah mohon di maafkan karena  kita diciptkan memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi kita harus saling mengerti atau saling melengkapi satu sama lain. Dan sekali lagi semoga atikel ini bemanfaat khsusnya bagi saya sendiri dan semua orang yang telah membaca artikel ini, dan saya ucapkan banyak terimah kasih.


EmoticonEmoticon