March 5, 2015

Nyeri Kepala Dengan Dasar Patofisiologis yang Jelas

Nyeri kepala dengan dasar patofisiologis yang jelas dapat mengancam nyawa, pengliahatan, atau fungsi neruologis pasien lainnya. Sindrom nyeri kepala primer umumnya lebih ringan (lebih sering pada kasus migren dan nyeri kepala tipe tegang/tension) tetapi tetap merupakan sumber morbiditas yang signifikan.

Nyeri kepala dapat dibagi menjadi:
1.    Nyeri kepala dengan dasar patofisiologis yang jelas (nyeri kepala sekunder)
2.    Nyeri kepala dengan pathogenesis yang belum jelas (sindrom nyeri kepala primer)
 
Pada kesempatan kali saya akan membahas tentag nyeri kepala dengan dasar pastofisiologis yang jelas atau nyeri kepala sekunder. Baiklah langsung saja pembahasannya di bawah ini.
Nyeri kepala dengan dasar patofisiologis yang jelas.

kesehatan

 
Peningkatan tekanan intracranial
Nyeri kepala yang disebabkan oleh peningkatan tekanan intracranial, misalnya yang disebabkan oleh tumor serebral, umumnya terjadi pada saat bangun atau dapat membangunkan pasien dari tidurnya. Pada siang hari gejala dapat membaik. Nyeri mendadak di daerah oksipital memiliki arti klinis tertentu. Nyeri kepala diperberat saat bersin, mengejan, membungkuk, mengankat beban atau berbaring, yang semuanya ini dapat meningkatkan tekanan intracranial. Terdapat pula mual dan muntah. Muntah yang proyektil (effortless vomiting) dengan atau tanpa disertai mual adalah gejala massa pada tosa posterior, dekat ventrikel otak keempat, yang mengiritasi pusat muntah.
Walaupun tanpa tanda-tanda neruologis, pasien dengan nyeri kepala oksipital pada hari sebaiknya dilakukan pemeriksaan CT scan untuk menyingkirkan kemungkinan massa intrakranial, tetapi hanya sebagian kecil yang terbukti terdapat tumor otak. Sebaiknya, pasien dengan tumor otak jarang sekali hanya mengeluhkan nyeri kepala saja. Nyeri kepala dapat merupakan gejala yang relative ringan, dan gejala neruologis lain lebih dominan. Gejala dan tanda definitive dari peningkatan tekanan intrakranial akibat lesi massa dan penyebab lainnya.
Nyeri kepala juga dapat disebabkan oleh tekanan intrakranial yang rendah. Ciri dari nyeri kepala ini berhubungan dengan postur tubuh, nyeri akan membaik dengan cepat jika berbaring. Walaupun nyeri seperti ini telah lama diketahui  disebabkan oleh fungsi lumbal, namun nyeri kepala tekanan rendah spontan, ini merupakan fenomena yang semakin sering ditemukan.

1 comments so far

udah ane like fanspagenya sob like balik ya thx
keren sob SimBale - Download Software Gratis


EmoticonEmoticon