February 27, 2015

Kenapa Anak Mempunyai Kecenderungan Untuk Mencontek?


Kenapa anak mempunyai kecenderungan untuk mencontek?
Ayo kita bahas kenapa siswa mempunyai kecenderungan untuk mencontek.Budaya mencontek telah cukup menjamur dikalangan para siswa maupun mahasiswa khususnya di Indonesia. Bukan tanpa alasan para siswa berani mencontek, mereka hnya ingin memperoleh nilai baik dengan segala cara dan trik-trik yang digunakan pun bermacam-macam. Budaya ini sangat berbahaya karena akibat yang ditimbulkan cukup serius seperti mengikis rasa percaya diri siswa pada dirinya sendiri, membuat siswa berkecenderungan untuk malas, tidak adanya semangat untuk memeperoleh sesuatu, dan sikap curang yang tidak patut dicontoh. Maka dari itu anak-anak sekarang kecendurangan mencontek ketika lagi ulangan,atau ujian bahkan mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh gurunya, dan anak-anak yang kecenderungan mencontek itu terjada pada kalangan SD, SMP, dan SMA bahkan pendidikan  di seluruh Indonesia khususnya sekolah, dan itu disebabkan karena beberapa faktor.

Berikut ini adalah  beberapa faktor yang mendorong siswa untuk mencontek:

1. Kurang Percaya Diri
Faktor ini termasuk faktor utama yang menyebabkan siswa mencontek orang lain. Padahal belum tentu orang yang kita conteki benar. Untuk menanganinya guru pembimbing harus meningkatkan kepercayaan siswa pada dirinya sendiri.

 2. Malas Belajar
Hal ini patut di garis bawahi dan di stabilo. Kenapa?? Karena kebanyakan dari siswa yang mencontek adalah karena malasnya mereka belajar. Banyaknya materi, kurang paham dengan pelajaran yang diujikan sampai guru yang menyebalkan merupakan faktor yang mendorong para siswa enggan untuk belajar.

 3. Guru Mata Pelajaran Tersebut Terkenal Killer, Menyebalkan Dan Membosankan.
Biasanya para siswa termasuk aku sendiri menilai suatu pelajaran dari orang yang mengajarnya. Jika guru menjelaskan mudah dipahami maka kecenderungan siswa untuk belajar semakin meningkat.

 4. Pengawas Yang Lalai
Nah, pengawas harus bisa pandai-pandai diri untuk mengawasi para siswa. Karena trik mencontek kini bermacam-macam mulai dari ijin pergi ke kamar mandi, menaruh kertas contekan di box, label, menggunakan bahasa gagu, bahkan ada yang menggunakan media uang untuk contekannya.

 5. Sanksi Yang Tidak Tegas
Ini  nih yang membuat para siswa dan lagi-lagi termasuk aku juga kecenderungan nyontek. Jika sanksi yang diterapkan tegas kemungkinan mencontek akan berkurang.

 6. Tipisnya Iman
Hal ini patut diwaspadai. Jika iman kita tipis bukan hanya mencontek saja yang menjadi kebudayaan tetapi juga pergaulan dan hidup menjadi berbelok arah

Nah, itu beberapa faktor yang melatarbelakangi Budaya Mencontek. Jika mencontek dapat dihapuskan dari bumi pertiwi mungkin dapat mengurangi kecurangan-kecurangan lainnya yang berdampak besar. Seperti Korupsi dan mencontek itu sama saja membunuh karakter bangsa.  Dan semoga artikel ini bermanfaat terutama bagi saya juga dan saya ucaokan terimah kasih.


EmoticonEmoticon