February 11, 2018

Teknologi Keamanan yang Mungkin Mengubah Dunia di 2018

teknologi

Beberapa ancaman cyber terbesar di tahun 2017 berasal dari kesalahan orang dalam dan penyalahgunaan karyawan. Mereka bisa sama besarnya dengan risiko seperti orang luar. Perusahaan harus mengamankan diri dari ancaman cyber eksternal seperti virus dan dari hacker.

Bahkan kemudian beberapa bisnis masih belum mencukupi tanpa perlindungan terhadap serangan cyber. Bagi kebanyakan karyawan organisasi merupakan ancaman terbesar terhadap keamanan sistem. Dan ketakutan itu tampaknya dibenarkan. Mungkin disebutkan bahwa di Inggris beberapa karyawan benar-benar mengakui untuk berbagi informasi bisnis rahasia dengan pesaing atau pengusaha baru dan sebelumnya. Dan bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun sebelum perusahaan atau organisasi benar-benar mengetahui bahwa telah terjadi pelanggaran keamanan TI.

Tren baru muncul pada tahun 2018 dimana pelanggaran data perlu dilaporkan dalam waktu 72 jam. Organisasi akan dipaksa untuk mengadopsi strategi untuk membuat penemuan cepat pelanggaran cybersecurity.

Kemajuan dalam keamanan TI akan mengamankan organisasi dengan pendekatan yang tepat untuk membantu mengatasi dan mengurangi potensi serangan dan pelanggaran sebelum dapat terjadi di dalam dan di luar lokasi mereka.

Berikut adalah lima tren keamanan yang akan berdampak besar pada organisasi melawan serangan cyber pada 2018.

Kepatuhan Keamanan akan Diperlukan:


Data adalah segalanya. Keamanan data pelanggan sedang dirubah oleh regulator di kedua sisi Atlantik. Publikasi Khusus NIST 800-171, mulai berlaku pada tanggal 31 Desember 2017, di A.S. Tugasnya adalah untuk melindungi Informasi Tak Terikat Terkendali (CUI) di lembaga dan organisasi non-pemerintah. Selama di Eropa, Peraturan Perlindungan Data Umum yang banyak diantisipasi (GDPR) di Eropa telah ditetapkan untuk memastikan bahwa organisasi yang menangani informasi warga Eropa secara global memahami pengumpulan data apa yang mereka lakukan, bagaimana dan dimana penyimpanannya dan siapa yang bertanggung jawab atas informasi itu Selain itu, organisasi yang tidak patuh akan dipukul dengan hukuman yang lebih kuat dengan bisnis yang perlu meningkatkan kontrol privasi data mereka.

Analisis lanjutan dan Keamanan Data:


Banyak perangkat lunak antivirus dan alat Pencegah Rugi Data (DLP) dan perangkat lunak Informasi dan Manajemen Efek (SIEM) sedang digunakan untuk mengurangi risiko terhadap data. SIEM pada khususnya menghasilkan sejumlah besar data sehingga sulit untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan saat itu. Alat analisis data tingkat lanjut akan membantu organisasi menyaring informasi dengan lebih cepat. Teknologi seperti User and Entity Behaviour Analytics (UEBA) akan membantu membangun kontrol yang lebih ketat terhadap infrastruktur TI mereka untuk mengatasi kelemahan mereka dan memperbaiki masalah keamanan sebelum mengambil risiko terhadap data apa pun terjadi.


Keamanan yang Disesuaikan:


Vendor keamanan menawarkan berbagai solusi baru untuk memenuhi setiap infrastruktur pelanggan. Dengan pendekatan yang lebih personal, mereka mempertimbangkan dalam ukuran dan kompleksitas infrastruktur TI, industri dan anggaran untuk menawarkan pendekatan yang lebih disesuaikan yang memberi solusi khusus kepada perusahaan untuk kebutuhan mereka. Trennya adalah bahwa rumah software spesialis yang lebih kecil akan memenangkan bisnis dari vendor yang lebih besar dan kurang fleksibel karena mereka akan ideal untuk memenuhi kebutuhan bisnis spesifik klien mereka.

CARTA akan Meningkatkan Pengambilan Keputusan:


Ada pendekatan baru dalam pengambilan keputusan. Disebutkan Continuous Risk and Trust Assessment atau CARTA, ditemukan untuk mengganti pola pikir lama. Diusulkan oleh Gartner pada tahun 2017, pendekatan baru akan meninjau, menilai ulang dan menyesuaikan apa pun yang perlu dirubah. Anda mungkin akan melihat lebih banyak lagi di tahun 2018 untuk mengurangi risiko cyber. Ini akan memungkinkan penilaian real-time terhadap risiko dan kepercayaan TI bagi perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik tentang keamanan apa yang harus diterapkan.

Rantai blok dan Keamanan Data:


Hal terbaik berikutnya untuk mengatasi ancaman cyber adalah teknologi blockchain. Data akan lebih terdesentralisasi disimpan dalam buku besar open source daripada berada di satu lokasi. Dengan teknologi hacking data atau gangguan ini akan menjadi lebih sulit karena semua orang di jaringan blokir akan dapat melihat buku besar tersebut telah berubah dalam beberapa cara. Blockchain akan bermanfaat bagi industri yang mengamankan informasi sensitif.


Email keluar:


Email dianggap sebagai komponen penting komunikasi bisnis namun pakar keamanan tidak memiliki banyak pilihan untuk melindunginya. Saat ini, 90 persen email adalah spam. Menyimpan pesan dan berbagi file secara aman juga bisa menghadapi masalah keamanan yang membengkak hingga beberapa gigabyte.

Masukkan SMS:


Di sisi lain, pesan SMS sangat mudah dikelola. Itu sebabnya SMS cepat menyalip email dalam komunikasi global karena lebih aman dan mudah dikelola. Diperkirakan pada tahun 2025, email mungkin akan tersingkir dari kehidupan pribadi dan profesional.

Pengenalan wajah akan menjadi segalanya:


Saat ini beberapa perangkat pintar modern memasukkan entri sidik jari. Tapi biometrik sidik jari adalah proses yang lamban. Masukkan pengenalan wajah. Wajah bisa dibaca dan tidak bisa dipalsukan karena komputer membaca masing-masing sebagai transformasi Fourier yang unik. Misalnya, pembelian RealFace milik Apple Corporation dapat membaca wajah secara instan dan kesalahan hampir tidak ada. Segera satu-satunya keamanan digital yang Anda perlukan adalah cermin atau layar.

Karena ancaman orang luar dan orang dalam terhadap peningkatan organisasi tahun ini, kita akan melihat peningkatan tren teknologi pengatur data. Ini akan membantu menghindari praktik keamanan yang tidak memadai di organisasi dan institusi yang integritas data sangat penting.

Seorang blogger personal yang suka berbagi informasi menarik dan masih belajar dalam hal menulis artikel yang bermanfaat serta berkualitas. Menekuni blogging sejak tahun 2014

6 comments

wihh..semakin canggih saja yah teknologi keamanan nanti kedepannya..pastinya harus lebih waspada lagi nih... :-d

Apa cuma aku yg nggak mudeng dg ? Hhh, ini informatif banget buat orang awam kaya aku

iya harus lebih waspada lagi apa lagi teknologi sekrang sudah canggih, jadi kita harus waspada lagi, apa lagi yang punya website atau blog :). dan terimah kasih sudah berkunjung

hahaha iya semoga bermanfaat :) dan terimah kasih

bukan dunianya tapi teknologi nya hehehe


EmoticonEmoticon