February 21, 2018

Memulai dengan Iklan Facebook: Saran untuk Pemula

bisnis, tips dan trik

Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan, Facebook adalah salah satu saluran periklanan paling efektif di web. Itulah mengapa jaringan sosial meraup pendapatan iklan sebesar $ 9,16 miliar pada kuartal kedua tahun 2017.

Setiap hari, bisnis beralih ke Facebook untuk meningkatkan kesadaran, unduhan, penjualan, dan metrik penting lainnya.

Bagi pemula, platform periklanan perusahaan bisa tampak sedikit rumit dan menakutkan.

Inilah saatnya untuk mendemistifikasi iklan Facebook untuk pengguna pemula dan mendiskusikan dasar-dasar untuk menciptakan sebuah kampanye.

Jika Anda siap untuk belajar bagaimana menggunakan iklan Facebook untuk menjangkau pemirsa baru, berikut adalah 6 langkah untuk membuat kampanye iklan di Facebook.


Tetapkan Tujuan Anda


Sebelum Anda terjun ke mode pembuatan iklan, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan mengapa Anda membuat iklan untuk memulai.

Dengan menetapkan tujuan iklan, Anda memiliki niat pasti; Lagi pula, jika Anda tidak tahu target Anda, Anda pasti akan melewatkannya.

Selain itu, ketika kita sampai pada langkah selanjutnya dari proses ini, Anda perlu memilih tujuan pemasaran; yang terbaik adalah untuk mengetahui hal ini sebelumnya.

Beberapa contoh tujuan iklan yang tepat mungkin:


  • Menghasilkan penjualan
  • Tingkatkan kunjungan ke situs
  • Dapatkan petunjuk baru
  • Tingkatkan peserta acara

Begitu Anda menetapkan mengapa Anda beriklan, Anda dapat beralih ke langkah

Akses Pengelola Iklan Facebook dan Pilih Objektif


Semua kampanye iklan Facebook akan dilakukan dan diawasi melalui alat Pengelola Iklan situs. Ini bisa diakses hanya dengan mengklik "Create Ads" di menu dropdown akun anda.

Setelah mengakses Pengelola Iklan, Anda dapat mengelola kemajuan Anda di sisi kiri layar.

Untuk memulai kampanye pertama Anda, kami harus memilih sasaran pemasaran.

Di sini Anda akan menemukan berbagai pilihan potensial, dibagi menjadi 3 kategori:

Kesadaran
Sasaran kesadaran dirancang untuk menjangkau individu yang cenderung tertarik dengan produk, layanan, atau merek Anda. Tujuan ini meliputi:


  • Tingkatkan pos Anda
  • Promosikan halaman anda
  • Jangkau orang-orang di dekat bisnis Anda
  • Tingkatkan kesadaran merek
  • Tingkatkan jangkauan Anda


Pertimbangan
Ini digunakan untuk memaksa pengguna untuk mengetahui lebih lanjut tentang merek Anda dan apa yang ditawarkannya. Tujuan pertimbangan meliputi:


  • Lalu lintas
  • Pertunangan
  • Pemasangan aplikasi
  • Tampilan video
  • Generasi pemimpin
  • Pesan

Selain itu, Facebook Ad Manger memberikan info lebih lanjut tentang masing-masing kategori ini.

Konversi
Kategori ini berisi sasaran yang ditujukan untuk mendorong penjualan atau mengubah pengguna dengan cara lain. Tujuan meliputi:


  • Tingkatkan konversi di situs web Anda
  • Tingkatkan keterlibatan di aplikasi Anda
  • Mintalah orang untuk mengklaim tawaran Anda
  • Promosikan produk atau katalog
  • Mintalah orang-orang untuk mengunjungi toko Anda

Setelah memilih tujuan Anda, beri nama kampanye dan lanjutkan ke langkah berikutnya.


Tentukan Pemirsa


Memilih karakteristik pemirsa yang tepat sangat penting bagi kesuksesan kampanye Anda. Orang-orang ini dapat disesuaikan dengan menggunakan fitur berikut:


  • Lokasi - Ini adalah lokasi pengguna, sampai radius mil.
  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Bahasa
  • Minat - Ini termasuk minat, aktivitas, hobi, dan sebagainya.
  • Perilaku - Ini termasuk penggunaan perangkat, kebiasaan membeli, dan informasi serupa.
  • Koneksi - Ini menentukan siapa iklan yang akan ditampilkan, berdasarkan pada halaman Facebook, aplikasi, dan koneksi acara mereka, atau kekurangannya.

Selain itu, Anda dapat memilih untuk mengecualikan orang berdasarkan informasi yang sama yang ditemukan di bagian "Minat". Ini bekerja sama dengan kata kunci negatif di AdWords.

Untuk hasil terbaik, cobalah untuk mendapatkan sespesifik mungkin dengan pilihan audiens Anda.

Pilih Penempatan Iklan Anda


Di sinilah Anda akan memilih tempat iklan Anda muncul untuk audiens Anda. Facebook menyarankan Penempatan Otomatis yang, ". . . secara otomatis akan ditunjukkan kepada audiens Anda di tempat-tempat yang kemungkinan akan mereka hasilkan dengan sebaik-baiknya. Untuk tujuan ini, penempatan dapat mencakup Facebook, Instagram, Jaringan Pemirsa dan Messenger. "

Memilih opsi ini memungkinkan Facebook mengoptimalkan penempatan iklan Anda untuk hasil terbaik, dengan biaya terendah. Ini adalah pilihan terbaik bagi pengiklan baru.

Jika Anda merasa berani, Anda dapat memilih dari sejumlah posisi di Facebook, Instagram, Network Pemirsa, dan Messenger. Jika Anda pergi ke rute ini, sebaiknya rujuk penempatan iklan ini untuk panduan tujuan pemasaran.

Tetapkan Anggaran dan Jadwal


Selanjutnya adalah menetapkan anggaran kampanye Anda. Penting untuk diingat bahwa jumlah yang Anda masukan adalah jumlah maksimum yang ingin Anda belanjakan. Anda bisa, bagaimanapun, beralih antara maksimum harian dan maksimum seumur hidup.

Selanjutnya, pilih apakah Anda ingin iklan Anda mulai berjalan hari ini, atau pada waktu dan tanggal yang ditentukan, untuk jumlah waktu yang terbatas.

Dengan mengkuadratkan ini, Anda bisa mendapatkan barang-barang yang menyenangkan.

Buat Iklan Anda


Saat membuat iklan baru, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih formatnya. Pilihannya meliputi:

Carousel - Menampilkan dua atau lebih gambar atau video yang dapat digulir.
Gambar tunggal - Anda dapat membuat hingga 6 variasi tanpa biaya tambahan.
Video tunggal - Berisi video tunggal.
Slideshow - Buat video perulangan dengan maksimal 10 gambar.
Ketersediaan berbagai format dapat berubah tergantung pada tujuan yang Anda pilih untuk kampanye Anda.

Sekarang, unggah gambar Anda sendiri atau jelajahi perpustakaan gambar stok gratis milik Facebook yang akan digunakan untuk iklan Anda. Facebook akan memberikan ukuran dan rasio yang disarankan untuk gambar dan video di sebelah kanan pengunggah gambar / video.

Akhirnya, tambahkan salinan iklan Anda. Bekerja keras untuk membuat salinan menarik yang secara langsung berbicara dengan demografis Anda yang teridentifikasi.

Jika Anda memiliki masalah dengan komponen ini, ada banyak panduan desain iklan Facebook untuk memaksimalkan konversi di luar sana.

Terakhir, klik "Konfirmasi" untuk memasukkan informasi pembayaran Anda dan membeli perangkat iklan Anda.

Sekarang setelah Anda memahami cara menyiapkan kampanye iklan Facebook, selami beberapa praktik terbaik pengoptimalan hari ini untuk menyempurnakan pengetahuan Anda dan maksimalkan potensi periklanan Anda.

Jenis iklan apa yang akan menjadi yang pertama di Facebook? Apa pertanyaan iklan Facebook lainnya yang anda punya?

Seorang blogger personal yang suka berbagi informasi menarik dan masih belajar dalam hal menulis artikel yang bermanfaat serta berkualitas. Menekuni blogging sejak tahun 2014

4 comments

masih belum berani karna belum paham anggaran gmn ya solusinya ?

Kalau traffic via fb apakah bagus dimata google adsense?

klw menurut saya sih lumayan bagus sih , hehehe


EmoticonEmoticon