July 1, 2017

Detik - detik Menuju Kampung Inggris #Part1


Kampung Inggris merupakan salah satu Desa di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Terletak di Desa Singgahan dan Desa Tulungrejo, kabupaten Kediri, kecamatan Pare. Masih di kisaran tanah air Indonesia tercinta, gak sampai ke Negeri seberang. Kampung Inggris memiliki banyak lembaga kursus Bahasa Inggris, sekitar 150 lembaga kursus. Hanya membutuhkan sekitar 3 jam perjalanan darat dari Surabaya. Tetapi di kampung Inggris ini sangat jauh dari kota kelahiran saya, yaitu kota Sengkang yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, kabupaten wajo, kecamatan tempe. Dan untuk sampai di kampung Inggris tersebut membutuhkan beberapa jam, tetapi saya tidak mengkhawatirkan hal tersebut karena jaman sekarang teknologi dan transportasi sudaha makin berkembang. Sekarang sudah ada kereta api, bus, kapal laut, dan lebih cepat ada pesawat.

Kampung Inggris ini sebenarnya bukan nama formal dari sebuah Desa. Ini hanyalah sebutan atau julukan bagi suatu perkampungan yang terletak di sepanjang Jalan Anyelir, Jalan Brawijaya, Jalan Kemuning di Desa Tulungrejo dan Desa SInggahan , Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Perkampungan kecil yang damai, sejuk, dan jauh dari keramaian kota. Dan yang perlu ditegaskan, orang-orang yang tinggal disini adalah murni orang Indonesia tulen. Dan juga di kampung ini begitu banyak lembaga kursus dan di warung makanannya memiliki menu harga yang bisa diakatan sangat murah, selain itu di Desa ini juga mempunyai rumah penginapan yang biasa disebut kos-kosan. Sangat bersih dan dekat dari tempat wisata-wisata. Lebih asyiknya lagi di kampung ini merupakan salah satu daerah yang jarang menggunakan kendaraan seperti motor dan mobil, tapi disini kebanyakan menggunakan sepeda.

Disepanjang perjalanan menuju kampung Inggris. Berangkat dari kota tercinta sebagai kota dimana saya lahir yaitu kota Sengkang,  salah kota terkceil terletak di Porvinsi Sulawesi Selatan, kabupaten wajo, kecamatan tempe. kota ini tidak jauh dari kota-kota lainnya seperti kota pare-pare, kota, pinrang, sidrap ,bone, makassar, dan masih banyak lagi. Awalnya saya juga tidak tahu arti atau asal mula Kota Sengkang, tapi sebagai kota sendiri saya harus mengetahuinya jadi saya mencari dibuku tentang sejarah kota sengkang dan mencari di dunia maya asal usul dari kota “Sengkang”. Ternyata nama asli kota sengkang tersebut berasal dari kata “SIengkang” yang diambil dari bahasa orang wajo yaitu bahasa bugis, arti dari kata “Siengkang” yaitu berkumpul atau berdatangannya orang-orang pada satu tempat. Baiklah itu hanya beberapa sejarah dari kota saya. Kemudian saya berangkat menuju kota Makassar, sebelumnya itu saya sudah mempersiapkan barang-barang dan peralatan seperti, pakaian, obat-obatan, makanan, alat mandi dan lain-lain. Ini untuk mengantisipasi selama dalam perjalanan, karena dalam perjalanan ini membutuhkan waktu sekita 5 jam sampai di kota Makassar. Saya berangkat bersama orangtua saya, waktu itu saya berangkat sekitar pukul 14.00 WITA, naik mbil. Pada hari kamis 14 Agustus 2014.

Sepenjang perjalanan menuju kota Makassar, dikelilingi oleh bukit-bukit yang menjulang tinggi. Di pinggir jalan banyak ditemui pepohonan rindang yang memberikan kesejukan. Sawah-sawah hijau juga berhamparan di sepanjang perjalanan menuju kota ini. Terlihat  berbagai aktivitas masyarakat di sana yang mayoritasnya adalah petani begitu menikmati  pekerjaan mereka. Pemandangannya membuat damai dan sejuk di hati. Dan terdapat warung makan yang letaknya sangat terpencil didekat warung tersebut terdapat bukit yang sangat tinggi, dan disinilah banyak orang singga makan terutama saya sendiri. Saya selalu singga makan ketika ingin pergi ke kota Makassar. Tikungan-tikungan tajam juga menjadi ciri khas daerah ini, jika tidak hati-hati mengendarai kendaraan bisa terjatuh ke jurang.

Alhamdulillah saya sampai dengan selamat bersama orangtua, dan tidak terjadi apa-apa selama dalam perjalanan, tetapi...

Itulah tadi cerita saya, dan masih ada lanjutannya di artikel selanjutnya lagi, jadi tunggu part 2 nya ya. Dan terimah kasih sudah membacanya.

Seorang blogger personal yang suka berbagi informasi menarik dan masih belajar dalam hal menulis artikel yang bermanfaat serta berkualitas. Menekuni blogging sejak tahun 2014


EmoticonEmoticon