January 22, 2017

Seorang Blogger Sejati Dari Universitas Hasanuddin.

blogger
Blogger sejati dari Universitas Hasanuddin – Pada kesempatan kali saya hanya berbagi pengalaman saja selama saya menjadi seorang blogger. Menjadi seorang blogger yang perlu dilakukan adalah hanya menulis artikel untuk dishare kepada orang-orang yang membutuhkannya. Terlebih dahulu saya akan memperkenalkan identitas saya. Perkenalkan nama saya adalah Muh Fikal Nasir orang sering memanggil saya dengan sebutan Fikal. Status saya sekarang adalah mahasiswa dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial, yang biasa disingkat dengan FISIP atau SOSPOL dengan jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2015.

Sekarang ini saya sedang menekuni blogging dan ingin menjadi seorang blogger sejati. Blogger sejati adalah blogger yang menyalurkan hobby, bukan untuk mencari uang. Blogger sejati tidak mengenal yang namanya junior maupun senior semuanya sama seperti halnya Tuhan Yang Maha Esa tidak memandang yang miskin atau yang kaya dimatanya semuanya sama. Disamping itu seorang blogger sejati juga akan berpedoman pada rasa percaya diri dan mencintai blognya serta karya sendiri.

Oleh karena itu, saat ini hobby saya adalah ngeblog dan sudah mulai membuat artikel dengan hasil karya sendiri. Awalnya saya ngeblog pada tahun 2014 saat masih duduk dibangku SMA dan saat itu juga saya masih kelas 2, dan selama menjalani aktivitas blogging saya pernah merasa bosan dan mulai malas menerbitkan artikel sehingga pada waktu itu saya hampir berhenti ngeblog. Tetapi seiringnya berjalan waktu dan saya kembali menjalani aktivitas blogging, itu semua karena saya diberikan motivasi, inspirasi, serta dukungan oleh teman-teman yang ada di Komunitas Blogger Wajo. Komunitas Blogger Wajo merupakan forum atau tempatnya seorang blogger untuk berbagi ilmu tentang dunia blog sesama blogger khususnya di kota Sengkang Kabupaten Wajo.

Dan kebetulan saya berasal dari Wajo, maka saya bergabung dengan KBW (Komunitas Blogger Wajo) saya sudah lama bergabung dengan KBW. Dengan adanya KBW saya kembali lagi menjalani aktivitas blogging tetapi seandainya saja KBW tidak ada, mungkin saya sudah berhenti menjadi seorang blogger.

Terus kapan orang bisa disebut sebagai seorang blogger? Apakah jika sudah punya blog sudah bisa dikatakan sebagai blogger? Atau karena hobbynya menulis ? atau karena orang tersebut sudah mengetahui semua seluk beluk tentang dunia blogging? Menurut saya pribadi cukup menikmati aktivitas blogging saja sudah bisa dikatakan sebagai seorang blogger, gak perlu Anda tahu semua tentang dunia blogging bahkan sampai titik tengahnya, cukup rasakan saja dan jalani sebagaimana mestinya hehehe. Karena suatu saat Anda pasti tahu juga tentang dunia blog dan jangan lupa selalu blogwalking yaitu mengunjungi blog orang lain sebagai silatuhrami antara sesama blog.

Dan untuk menjadi seorang blogger sejati, Anda harus perlu tahu juga bagaimana ciri-ciri orang blogger sejati, yang saat ini banyak terkenal karena gara-gara ngeblog. Itu disebabkan karena mereka sangat menikmati aktivitas serta menekuni blogging sehingga menjadi seorang blogger sejati dan terkenal oleh blognya.

Inilah beberapa ciri-ciri seorang blogger sejati.


  1. Pertama adalah blogger setaji itu timbul karena ingin menyalurkan hobbynya bukan karena uang, selama ngeblog harus tetap mengembangkan blog agar bisa mendapatkan pengunjung dan tidak memikirkan uang dulu sehingga tetap eksis di dunia maya.
  2. Kedua, adalah blogger sejati akan terus menulis artikel dengan karya sendiri, tidak peduli sebagus apapun tulisannya yang tetap menerbitkan sebuah artikel untuk blognya. Dia tetap terus menulis dengan pikiran dan ide sendiri, blogger sejati akan bangga karena membuat sebuah artikel dengan karyanya sendiri bukan karya orang lain.
  3. Ketiga adalah blogger sejati akan tetap menjaga blognya serta merawatnya sebagai mana dia menjaga dirinya sendiri. Karena jika tidak dijaga atau dirawat maka blog kita hancur, jika blog hancur atau tidak rawat maka hancur pula juga profesi kita sebagai blogger sejati. Disamping itu kita juga harus mempercantik blog kita agar pengunjung menyukai blog kita dan berfikir bahwa dia adalah blogger sejati.
  4. Keempat adalah blogger sejati juga perlu manjaga harga diri dan menjunjung tinggi tata krama serta disiplin yang telah disepakti oleh internet, yang dimana kita harus menghargai hak cipta orang lain, meskipun blog Anda jelek tetaplah bangga karena blogger sejati berani tampil dengan diri sendiri.
  5. Kelima adalah blogger sejati tak mengenal yang namanya puas untuk belajar. Jadi teruslah belajar dan jangan cepat puas karena hanya karya sendiri, meskipun karya sendiri kita boleh merasa puas yang kita hasilkan, blogger sejati akan terus meningkatkan prestasinya serta dan teruslah belajar dari waktu ke waktu, hari ke hari tentang apa yang belum tahu dan belum bisa sehingga menjadi tahu dan bisa.  Disamping itu blog juga merupakan salah satu bagian dari hidupannya. Itulah sebabnya juga dikatakan blogger sejati.

Itulah tadi beberap ciri-ciri seorang blogger sejati, secara pribadi saya mungkin bisa dikatakan sebagai blogger sejati karena sudah memenuhi beberapa ciri-ciri tersebut, kalau dikatakan beberapa berarti belum semunya dong? Iya begitulah mungkin hanya beberapa saja, tetapi saya tetap bangga. Dan butuh waktu dan proses yang sangat lama untuk menjadi seorang blogger sejati, jadi jika Anda ingin menjadi seorang blogger sejati cukuplah Anda menjadi seorang blogger pemula agar kedepannya Anda akan menjadi seperti saya saat ini, yaitu seorang blogger sejati. Karena semuanya butuh proses dan pengorbanan juga. Pengorbanannya itu cukup mengorbangkan waktu luang saja, tenaga untuk menulis serta menjalani aktivitas blogging juga akan merasakan yang namanya capek, malas, dan bosan, semua itu akan dialami oleh seorang blogger.

Jadi jika Anda betul-betul menjadi seorang blogger Anda bekerja keras dan berusaha dan juga awali dengan niat untuk memulainya dan tentukan tujuan Anda . Oke, sekian dari saya semoga artikel ini bermanfaat dan menajadi motivasi bagi seorang blogger khususnya bagi pemula. Semangat!

Seorang blogger personal yang suka berbagi informasi menarik dan masih belajar dalam hal menulis artikel yang bermanfaat serta berkualitas. Menekuni blogging sejak tahun 2014


EmoticonEmoticon